Toyota Indonesia Ultah Ke-50, Gelar Mobil Elektrifikasi Di Bali

JAKARTA, Carvaganza – Toyota Indonesia pada bulan April ini berulang tahun yang ke-50. Sekaligus menandakan kehadiran pabrikan otomotif tersebut di Indonesia sudah memasuki usia setengah abad. Hadir sejak tahun 1971 dengan segala macam perjalanannya dan periode yang begitu lama membuatnya telah menjadi bagian dari perjalanan industri negeri ini.

Sebagai bentuk komitmen terhadap perkembangan otomotif nasional dan memperingati ultah setengah abad, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan Mobility Happiness for All. Yang telah ditandai dengan menghadirkan ragam pilihan kendaraan elektrifikasi secara lengkap. Namun produk saja tidak cukup, Toyota juga sudah menyediakan ekosistem yang terintegrasi bagi publik untuk mendapatkan pengalaman baru bermobilitas dengan produk-produk elektrifikasi. Hal itu diwujudkan dengan mengadakan project EV Smart Mobility di The Nusa Dua, Bali.

Presiden Director PT TAM Susumu Matsuda mengatakan bahwa EV Smart Mobility merupakan sebuah project besar bagi Toyota yang telah menjadi bagian penting dari perjalanan 50 tahun Toyota di Indonesia.

Toyota EV Smart Mobility

“Sebagai perusahaan mobilitas, kami harap EV Smart Mobility ini tidak hanya dapat menjadi contoh konkrit dari solusi mobilitas Toyota untuk mendukung pemanfaatan teknologi elektrifikasi bagi masyarakat luas, tapi juga sebagai bentuk realisasi dari komitmen Toyota untuk menghadirkan Mobility Happiness for All. Kedepannya, kami tidak hanya akan menyediakan alat transportasi, tetapi lebih dari itu, kami juga ingin dapat memenuhi semua kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia yang beragam, termasuk kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka serta melestarikan lingkungan di sekitar mereka,” ujar Susumu Matsuda.

Ekosistem yang dibangun untuk mendukung produk-produk itu adalah dengan membangun layanan berbasis digital. Seperti Halobeng, Toyota Live Showroom, dan Toyota Virtual Expo, hingga layanan berbasis usership seperti KINTO.

Toyota COMS

Toyota sendiri sudah memperkenalkan kendaraan elektrifikasi (electrified vehicles) di pasar Indonesia sejak tahun 2009. Lewat kendaraan Prius Hybrid Electric Vehicle. Dan sampai sekarang, TAM memiliki 10 lineup kendaraan elektrifikasi yang terdiri dari 1 Battery Electric Vehicle (BEV), 1 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan 8 Hybrid Electric Vehicle (HEV).Secara total sejak awal diperkenalkan hingga Februari 2021 lalu, TAM telah membukukan penjualan kendaraan elektrifikasi lebih dari 4.000 unit, dan akan terus melakukan upaya untuk menciptakan permintaan kendaraan listrik dalam skala besar.

Project EV Smart Mobility yang digelar di Bali ini didukung oleh 13 partnership yaitu PT Astra International Tbk., Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), PT Aisin Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, PT Denso Indonesia, PT KDDI Indonesia, PT Asuransi MSIG Indonesia, PT Panasonic Gobel Indonesia, PT Sugity Creatives, PT Toyota Astra Financial Services, Toyota Industries Corporation, PT Toyota Tsusho Indonesia, dan TCD Asia Pacific Indonesia. Selain itu, Toyota juga bekerjasama dengan PT Serasi Auto Raya (SERA), yang akan menangani aktivitas operasional project EV Smart Mobility. (EKA ZULKARNAIN)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda