TOKYO AUTO SALON 2022: Mengenal Lebih Dekat Toyota GRMN Yaris

TOKYO, Carvaganza – Pada pembukaan Tokyo Auto Salon 2022, Toyota memperkenalkan generasi terbaru dari Toyota GRMN Yaris. Versi berperforma tinggi dari hatchback subkompak Toyota ini kabarnya akan menjadi model eksklusif yang hanya dijual di pasar Jepang. Bahkan Toyotoa mengkonfirmasi bahwa GRMN Yaris hanya akan diproduksi dalam jumlah terbatas yakni 500 unit.

Sentuhan baru pada GRMN Yaris tidak hanya terdapat pada tampilan eksteiror dan interior, kabarnya ia memiliki performa yang setingkat lebih tinggi dibandingkan GR Yaris. Selain itu, konsumen juga dapat melakukan ubahan secara personal pada tampilan maupun performa GRMN Yaris dengan konsep trek maupun Rally. Penyempurnaan juga terdapat pada struktur bodi yang dibuat lebih kaku dengan 546 titik las baru dan terdapat 40 perekat struktural tambahan di setiap bodinya.

Selain itu, Toyota juga menyematkan beberapa tambahan ekstra berupa pemakaian material yang ringan sehingga membuat bobot mobil lebih enteng ringan 19 kg dari model GR Yaris. Salah satunya ialah berkat dihilangkannya bangku di baris belakang dan menggantikan beberapa bagian bodi dengan potongan plastik dan serat karbon.

Toyota GRMN Yaris

Penyokong performanya bersumber dari mesin 3-siliner 1.6-liter turbo yang dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Paket mesin tersebut bekerja untuk mengalirkan tenaga 268 hp dan torsi puncak yang mencapai 390 Nm ke seluruh rodanya. Ada penyempurnaan juga pada sistem penggeraknya yang kini menggunakan teknologi limited slip differential.

Selain itu, Toyota GRMN Yaris juga memiliki tapak yang lebih lebar 10 mm dengan dimensi yang lebih rendah 10 mm jika dibandingkan dengan GR Yaris. Untuk tampilan dengan konsep trek maupun reli salah satunya ialah penggunaan velg BBS berukuran 18-inci dengan sistem suspensi Bilstein yang dapat disesuaikan. Toyota juga menyediakan paket aero kit dengan spoiler belakang berbahan karbon serta tambahan underbody protection, roll bar dan suspensi produksi GR Toyota.

Toyota GRMN Yaris

Pembeli yang beruntung tidak hanya berkesempatan untuk melakukan personalisasi pada GRMN Yaris miliknya, tapi Toyota juga akan melibatkannya dalam acara balapan di sirkuit. Kemudian konsumen akan diajak untuk melakukan penilaian terhadap performa GRMN Yaris seperti suspensi, kemudi dan kemampuan mesinnya untuk digunakan pada kendaraan lain yang dikembangkan oleh Toyota. Selain itu, Toyota juga akan melakukan pengembangan berkelanjutan terhadap teknologi yang digunakan pada ajang motorsport seperti World Rally Championship dan diaplikasikannya ke kendaraan jalan raya.

Meskipun GRMN Yaris tidak direncanakan untuk dijual secara massal namun kita bisa menunggu model lain yang tak kalah menarik, yakni GR Corolla yang dijadwalkan akan mengaspal pada Desember mendatang. (ALVANDO NOYA/EK)

Baca juga:  TOKYO AUTO SALON 2022: Toyota Perkenalkan Mobil Balap Konsep GR GT3

Sumber: motorauthority.com

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Toyota Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature