TOKYO AUTO SALON 2022: Toyota Perkenalkan Mobil Balap Konsep GR GT3

TOKYO, Carvaganza - Ada kejutan di Tokyo Auto Salon 2022 di Makuhari Messe International Covention Complex di Tokyo, Jepang, yang dibuka pada hari Jumat ini (14/1). Pabrikan Toyota memperkenalkan mobil balap konsep yang ‘materinya’ bukan dari model-model Toyota yang sudah pernah diproduksi. Jadi benar-benar brand new.

Toyota GR GT3 Concept ini betul-betul mobil balap konsep yang kemungkinan besar diproduksi untuk customer dan menjadi racing program motorsport enthusiast. Mobil didesain dengan kap mesin panjang, plus bodi ramping tanpa fender belakang overstyle seperti yang terpasang pada Supra. Lampu belakang terlihat kompak memanjang sampai hampir menyentuh rumah ban belakang dan dihubungkan dengan strip lampu tipis.

Mobil konsep ini dikembangkan oleh Gazoo Racing yang merupakan divisi motorsport Toyota dan digadang sebagai mobil balap yang diciptakan secara khusus. Artinya memang tidak atau belum ada versi jalan rayanya. Nah, kalau ada permintaan yang tinggi, kemungkinan besar Toyot GR GT3 ini akan diproduksi untuk spek umum.

Toyota GR GT3 Concept Toyota GR GT3 Concept

 

Toyota sendiri sudah punya mobil balap untuk customer yaitu Supra GT4 dan juga mobil balap yang didesain khusus untuk kejuaraan Super GT Touring Car Series yang mana basisnya adalah Supra dan balapan digelar di Jepang. Kalau GR GT3 ini jadi jadi customer program, bisa menambah perbendaharaan mobil baru. Yang menjadi pertanyaan kenapa sports car tersebut tidak jadi bagian dari mobil produksi massal, tapi hanya pesanan customer? Karena Toyota ingin menjadikan mobil balap itu sebagai laboratorium teknologi baru yang nantinya bakal digunakan untuk program balapan dan mobil jalan raya di masa mendatang.

Kalau dilihat dari proporsi konsepnya, kemungkinan GR GT3 konsep menjadi inspirasi supercar listrik Lexus yang diperkenalkan pada Desember lalu oleh pabrikan Jepang tersebut. Atau GT3 Concept menjadi pendahulu dari supercar listrik itu sendiri.

Toyota GMRN Yaris Dan BZ4X 2023

Selain memperkenalkan GR GT3, Toyota memanfaatkan pameran modifikasi untuk merilis GRMN Yaris teranyar. Hot hatch tersebut dilengkapi dengan mesin 3 silinder segaris turbocharge 1.6 liter yang menghasilkan tenaga 268 hp. Dikombinasikan dengan transmisi manual 6 percepatan, limited-slip differential, velg BBS 18 inci dan berbobot lebih enteng. Salah satunya berkat pemakaian serat karbon di beberapa bagian mobil.

Yang tak kalah penting pula, Toyota memamerkan crossover listrik BZ4X 2023 yang dilengkapi dengan ragam aksesoris performance. Di antaranya velg yang lebih besar, jok sport dan warna bodi matte black. Toyota BZ4X itu sendiri bukan barang baru, karena crossover tersebut sudah pernah diperkenalkan April 2021 dan dipamerkan di Los Angeles pada November 2021. Masih saudaraan kembar dengan Subaru Solterra yang bakal diproduksi dengan model year 2023.

Toyota BZ4X Toyota BZ4X

 

Crossover listrik ini dikembangkan di atas platform e-TNGA (Toyota New Global Architecture – Elektrik) dan menjadi platform TNGA pertama yang didedikasikan untuk mobil listrik. Bahkan menjadi bagian dari rencana pabrikan untuk memproduksi 15 mobil zero-emisi sampai tahun 2025 mendatang, di mana tujuh di antgaranya berasal dari sub-brand BZ (Beyond Zero).

Sebagai electric vehicle, BZ4X dilengkapi dengan satu baterai berkapasitas 71,4 kWh yang terdiri dari dua varian. Varian penggerak roda depan dengan hasilan tenaga 201 hp dan versi AWD dengan tenaga 214 hp. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: motorauthority dan ragam sumber

Baca juga:  Mitsubishi Siapkan 7 Mobil Konsep Pada Tokyo Auto Salon 2022

Mobil Toyota Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature