Beranda Updates TIPS: Jaga dari COVID-19, Rutin Bersihkan 5 Bagian Ini di Mobil Anda

TIPS: Jaga dari COVID-19, Rutin Bersihkan 5 Bagian Ini di Mobil Anda

JAKARTA, Carvaganza.com – Mumpung hari Minggu dan tengah berlaku Pembatasan Sosial Berskala Besar (SPBB), tak ada salahnya Anda mengecek kondisi kendaraan di garasi. Mewabahnya virus corona baru (COVID-19) diantisipasi dengan tidak banyak melakukan kegiatan di luar rumah. Konsekuensinya, mobil jadi tidak sering digunakan. Kalaupun digunakan lebih sering untuk membeli bahan makanan pokok. Meski demikian Anda tetap harus selalu menjaga kebersihan mobil Anda.

Virus COVID-19 dapat menular melalui beberapa cara. Di antara cara penularan, yaitu droplet dari batuk atau bersin orang yang sudah terinfeksi atau melalui sentuhan dengan benda yang terpapar virus. Secara pribadi, guna mencegah penularan Anda dianjurkan mencuci tangan secara rutin dengan air mengalir atau cairan antiseptic.

Lainya adalah membersihkan benda-benda di sekitar termasuk mobil. Melansir Mercedes-Benz Indonesia, ada beberapa bagian mobil yang sering disentuh yang wajib dibersihkan guna meminimalisir penyebaran virus COVID-19.

Berikut ini area mobil yang sering disentuh dan harus dibersihkan secara rutin:

Handle Pintu

Ini tentunya bagian pertama yang disetuh ketika akan masuk kendaraan. Plus lagi, karena berada di bagian luar, handle pintu rentan terpapar virus, bakteri, dan sebagainya. Bersihkan handle pintu menggunakan air dan sabun saat mencuci mobil. Atau supaya lebih aman semprotkan sedikit cairan disinfektan sebelum memegangnya.

Kemudi

Setir atau termasuk bagian yang paling lama dipegang saat Anda mengemudi. Oleh sebab itu, bersihkan bagian tersebut dengan cairan disinfektan sebelum memegangnya. Bersihkan juga tangan pengemudi untuk mencegah kemungkinan virus menempel di setir.

Baca juga: Mercedes-Benz Bangun Alat Bantu Pernafasan COVID-19 dalam 100 Jam

Tuas Perseneling dan Lampu

Baik di mobil bertransmisi manual maupun otomatis, pengemudi pasti harus menyentuh tuas perseneling. Oleh sebab itu, bagian tersebut juga perlu dibersihkan dan disemprot disinfektan bila perlu. Pengemudi juga akan sering menyentuh tuas lampu untuk menyalakan sein atau lampu utama ketika malam hari. Pun begitu dengan tuas wiper yang dioperasikan saat turun hujan. Meskipun hanya menyentuh tuas tersebut dengan ujung jari, bersihkan bagian tersebut secara berkala. Sebab, virus bisa saja menempel di jari dan terhirup lewat hidung dan mulut ketika pengemudi memegang wajah.

Pelapis Jok

Baik pengemudi maupun penumpang tentunya akan sering menyentuh beberapa bagian. Misal, handa pintu dalam, tombol naik turun jendela, tombol pengatur kursi. Bersihkan bagian-bagian ini. Yang tak kalah penting adalah jok mobil. Karena Anda sering duduk dan menyentuh bagian ini.

Head Unit

Head unit touchscreen, seperti yang terpasang pada Mercedes-Benz sering disentuh oleh pengemudi maupun penumpang. Karena itu, layar sentuh head unit ini mesti dibersihkan. Tapi jangan disiram air ya, cukup gunakan lap bersih dengan sedikit campuran disinfektan. Menjaga mobil tetap bersih merupakan salah satu cara agar bisa berkendara aman dari risiko virus COVID-19. Meski bukan jaminan namun setidaknya bisa mengurangi risiko terpapar. Berkendara juga semakin menyenangkan dengan mobil yang bersih kan?

Selama masa PSBB ini, diler resmi Mercedes-Benz telah menyesuaikan jam operasional untuk layanan Penjualan dan Layanan Pelanggan atau mungkin akan tutup sementara sesuai dengan peraturan pemerintah setempat yang berlaku. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi website resmi  www.mercedes-benz.co.id atau 1 5000 50 (Mercedes–Benz Customer Care).

Baca juga: REVIEW: New Mercedes-Benz V-Class, Kelas Bisnis Berjalan

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Perbandingan Angka Performa Mercedes-AMG GLE 63 VS Maserati Levante Trofeo

JAKARTA, carvaganza.com -  Dulu kecepatan boleh saja didominasi oleh supercars atau performance car. Namun jaman telah berubah. Penguasa kecepatan sekarang bukan lagi muscle atau...

Bulan Oktober, Ada Karimun Wagon R Edisi Khusus akan Dirilis Suzuki

JAKARTA, Carvaganza.com - Menjadi peluncuran pamungkas tahun ini, Suzuki Indonesia siap lansir Karimun Wagon R Limited Edition. Jenis hatchback LCGC diramal berubah minor di...

Honda Civic Type R Berjaya Balap 24 Jam di Nurbrugring

NURBURG, Carvaganza.com – Akhir pekan lalu digelar ajang balap ketahanan Nurburgring 24 Hour di Jerman. Berbagai kelas balap turing disatukan dalam satu rangkaian seri...

Supercar BAC Mono Bakal Dijual TDA Luxury Toys, Harga Hampir Rp 3 Miliar

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi COVID-19 boleh jadi masih mewabah di Tanah Air. Namun industri otomotif terus bergerak. Seperti halnya TDA Luxury Toys yang akan...

Eksklusif dengan Atap Terbuka, MINI Cabrio Sidewalk Edition Meluncur

JAKARTA, Carvaganza.com – Tidak bosannya MINI Indonesia merilis rangkaian model edisi terbatas sepanjang tahun ini. Di penghujung bulan September 2020, MINI kembali merilis model...