Beranda Updates TIPS: Gejala Keracunan Gas CO di Kabin Mobil dan Cara Mencegahnya

TIPS: Gejala Keracunan Gas CO di Kabin Mobil dan Cara Mencegahnya

JAKARTA, Carvaganza – Banyak cerita mengenai orang yang keracunan gas Carbon Monoksida (CO) ketika berdiam di dalam mobil berhenti dan di saat bersamaan AC dan mesin mobil dinyalakan. Gas CO merupakan salah satu hasil pembakaran mesin mobil yang dibuang melalui saluran knalpot. Masalahnya, gas CO tidak terlihat oleh mata dan tidak meninggalkan bau.

Gejala keracunan gas ini sulit disadari, seperti badan lemas, mengantuk, sakit kepala, mual, muntah, sakit pada dada dan seperti berhalusinasi. Jika kadarnya sudah tinggi bisa menyebabkan kehilangan kesadaran dan kematian yang cepat. Karena ciri-cirinya tersamarkan, begitu sadar akan sulit mencari pertolongan karena badan terlalu lemas, bahkan untuk sekadar membuka pintu mobil.

Ada beberapa prakondisi yang membuat gas sisa pembakaran mesin mobil bisa masuk ke dalam kabin mobil. Bisa jadi karena knalpot mobil bocor. Pipa knalpot diarahkan ke belakang mobil untuk memastikan gas buang tidak keluar di bawah dek dan masuk ke dalam kabin. Karena karat, pipa knalpot bisa bocor di tengah dan menyebabkan gas buang keluar di bawah dek mobil. Gas buang yang terakumulasi bisa menyusup masuk ke dalam kabin.

Kemudian karena sistem AC rusak. Ada komponen sistem pendingin ruang yang bekerja di luar kabin mobil, seperti kompresor dan tabung ekspansi yang diletakkan di ruang mesin. Karena minim perawatan, ada potensi terjadi kebocoran pada salurannya, terutama selang AC dan jalur di firewall.

Kemungkinan lain adalah karat di bodi mobil. Karat punya potensi untuk timbul di bodi mobil, terutama di dek bawah tempat bersarangnya kotoran. Jika tidak diatasi, karat akan menyebabkan bodi mobil berlubang dan membuka jalur masuknya gas buang mobil. Karet bodi mobil yang sudah getas juga bisa menjadi akses masuknya gas buang.

Cara Mencegah Keracunan Gas CO

Ada beberapa hal yang Anda wajib lakukan untuk mencegah keracunan gas CO di dalam kabin mobil.

1. Jangan berdiam di dalam kabin mobil dalam jangka waktu lama saat mobil berhenti. Padahal di saat bersamaan, mesin mobil dan AC tetap nyala. Semakin buruk ketika Anda parkir di dalam gedung parkir, garasi, atau ruang tertutup lainnya.

2. Jika terpaksa tinggal di dalam mobil, buka sedikit kaca samping untuk membantu sirkulasi udara luar. Tapi solusi ini tidak dianjurkan karena risiko keracunan tetap tinggi, apalagi kalau Anda juga membawa anak kecil atau lansia.

3. Segera keluar dari mobil saat mulai terasa gejala awal seperti tiba-tiba mengantuk, badan lemas, atau pusing padahal kondisi badan sehat. Segera datangi bengkel Auto2000 untuk memastikan kabin mobil aman dari kebocoran.

4. Rutin servis berkala menjadi kunci utama mencegah keracunan gas CO di dalam kabin mobil. Ketika servis berkala, seluruh komponen mobil diperiksa, termasuk potensi kebocoran di sistem AC, kabin mobil, dan mesin beserta saluran gas buang.

Program Sehat Toyotaku

Auto200 sebagai dealer terbesar di Indonesia memiliki Program Sehat Toyotaku, dimana 2 paket diantaranya untuk mencegah keracunan gas CO. Yang pertama adalah Paket Servis AC, dimana sistem AC mobil dibersihkan dan dicek dengan diskon harga 10%. Kedua adalah Paket Tune Up yang membuat mesin selalu bekerja optimal dan mengurangi emisi gas buang seperti gas CO, termasuk memastikan tidak ada kebocoran di mesin dan saluran gas buang. Bahkan tersedia servis tambahan seperti memeriksa kondisi baut dan karet pada sasis dan bodi mobil.

Program Sehat Toyotaku, Ready For New Normal hanya bisa dimanfaatkan via booking service di website Auto2000.co.id, dan Berlaku hingga September 2020, AutoFamily dapat menggunakan lebih dari 1 paket dalam 1 kali servis.

“Pastikan mobil dalam kondisi prima termasuk untuk mencegah keracunan gas CO, seperti melakukan tune up dan mengecek saluran AC mobil dengan memanfaatkan program Sehat Toyotaku. Urusan Toyota lebih mudah, segera gunakan program ini melalui website Auto2000,” kata Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000 dalam keterangannya.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Bunga 0% dan Cicilan Ringan Kalau Beli Mitsubishi Agustus Ini

JAKARTA, Carvaganza – Mitsubishi Motors bersiap memeriahkan bulan kemerdekaan Republik Indonesia. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan...

F1: Adu Strategi, Verstappen Taklukkan Mercedes di Silverstone

SILVERSTONE, Carvaganza,com – Butuh lima seri setidaknya musim ini untuk Formula 1 mendapatkan pemenang balap selain Mercedes. Berjaya lewat strategi jitu, Max Verstappen finish...

Mercedes-Benz Indonesia Kembali Beri Bantuan untuk Warga di Wanaherang

JAKARTA, Carvaganza – Guna membantu meringankan beban warga akibat dari pandemi COVID-19, karyawan Mercedes-Benz Indonesia kembali mengulurkan tangan mengadakan aksi sosial program donasi. Melalui...

Tambah Jaringan, Resmi Dibuka Wuling Arista Cimahi

CIMAHI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19 memberikan pukulan yang cukup berat bagi semua sektor dan ekonomi nasional. Salah satunya adalah sektor otomotif yang sangat terdampak...

Top 20 Desain Terbaik Honda Brio Virtual Modification #3

JAKARTA, Carvaganza – Ajang modifikasi Honda Brio Virtual Modification #3 mampu menarik perhatian para desainer dan modifikator Tanah Air. Sejak dibuka 11 Mei lalu...