TIPS: 7 Langkah Membersihkan Interior Saat COVID-19

JAKARTA, Carvaganza.com – Selain soal mesin, menjaga kebersihan kendaraan adalah hal yang harusnya rutin dilakukan. Tak hanya eksterior, bagian interior juga harus mendapatkan perhatian yang sama. Mengapa membersihkan interior mobil menjadi penting? Di situasi pandemi COVID-19 saat ini, sebagian dari kita masih harus melakukan kegiatan di luar sehingga mobil yang digunakan bisa menjadi sumber kuman, virus, dan bakteri jika tak dibersihkan secara rutin.

Kebersihan interior akan memberikan seluruh penumpang kenyamanan. Jika Anda mengabaikannya, Anda bisa mendapati beberapa hal kurang menyenangkan saat berada di dalam mobil. Misalnya, mengalami bau tidak sedap karena remah-remah bekas makanan, karpet yang lembab, asap rokok, sistem pendingin yang kotor, dan masih banyak lainnya.

Nah, sebelum melakukan pembersihan siapkan lebih dulu peralatan yang dibutuhkan. Siapkan sikat, kuas, penyedot debut, lap kering, dan jika ada cairan pembersih. Yang tak kalah penting saat ini adalah disinfektan.

Tapi perlu diingat, disinfektan yang mengandung setidaknya 70 persen alkohol mungkin efektif untuk membersihkan benda berbahan stainless steel. Namun baiknya jangan digunakan untuk membersihkan jok kulit, karena dapat merusak warna dan tekstur. Jangan menggabungan disinfektan dengan produk pembersih lainnya. Pastikan bahan-bahan pembersih yang tepat sebelum digunakan pada pembukaan atau material mobil.


Langkah-Langah


Bagaimana melakukannya? Berikut Langkah-langkah yang disarankan Hyundai:

1. Mulailah dengan mengunakan sarung tangan dan masker. Kita tidak pernah tahu apa yang ada di mobil, sehingga untuk berjaga-jaga tak ada salahnya menggunakan sarung tangan dan masker sebagai perlindungan.

2. Keluarkan barang-barang ada di dalam mobil. Biasanya sampah-sampah kecl seperti bungkus permen, tisu, kertas, botol minuman terselip di kompartemen door trim, Hal ini untuk memudahkan Anda membersihkan bagian dalam kabin. Sekaligus menseleksi barang-barang yang penting dan perlu berada di mobil.

3. Gunakan lap serat mikro untuk membersihkan kaca dan dashboard mobil. Penggunaan sembarang lap justru membuka peluang kaca mobil menjadi lecet dan baret. Sebaiknya gunakan lap mikro yang lembut. Selain itu, perhatikan juga cairan pembersih yang tepat dan sesuai dengan jenis material dashboard mobil Anda.

4. Sterilkan dan bersihkan bagian interior. Mulailah dengan mengeluarkan karpet. Bisanya bagian ini paling cepat kotor karena debu atau pasir yang menempel di sepatu. Kibaskan atau jika perlu cuci dengan sabun dan keringkan. Untuk mematikan jamur juga bisa menggunakan soda kue.



5. Sedot debu pada interior dengan menggunakan vakum. Ada beberapa bagian yang tak bisa dijangkau tangan sehingga butuh alat penghisap debu untuk membuatnya bersih. Khusus bagian jok bisa dibersihkan dengan lebih teliti. Ada 2 bahan jok yaitu fabric dan kulit. Untuk fabric bisa menggunakan air hangat dan sedikit deterjen. Lap dengan lembut secara merata, jangan terlalu banyak air sehingga cepat kering. Setelah itu lap dengan handk kering untuk menghilangkan sisa deterjen. Untuk jok kulit, caraya hampir sama. Hanya saja, gunakan sabun khusus dan memoles cairan conditioner khusus kulit agar kembali bersinar dan wangi.

6. Sikap gigi untuk membersihkan noda di daerah atau pemukaan yang sulit dijangkau. Ada juga baiknya dibantu dengan cairan pembersih agar kotoran bandel bisa hilang. Tapi jangan gunakan sikat gigi untuk bagian-bagian yang berbahan tipis atau beludru karena justru akan merusaknya.

7. Buka pintu dan jendela mobil. Saat Anda membersihkan bagian dalam mobil sebaiknya buka pintu dan jendela sehingga debu dan bau yang ada di dalam bisa keluar. Setelah semua selesai Anda bisa semprotkan cairan pewangi atau menggantung pewangi.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda