Test Drive: All New Toyota Agya GR Sport, Ibarat Kopi Hitam Ia Lebih Kental

  • 2023/04/DSC09101.jpg
  • 2023/04/DSC08992.jpg
  • 2023/04/DSC09692.jpg
  • 2023/04/DSC09688.jpg
  • 2023/04/DSC09509.jpg
  • 2023/04/DSC09498.jpg
  • 2023/04/DSC09463.jpg
  • 2023/04/DSC09010.jpg
  • 2023/04/DSC09012.jpg
  • 2023/04/DSC09172.jpg
  • 2023/04/DSC09182.jpg
  • 2023/04/IMG_3820.jpg
  • 2023/04/DSC09146.jpg
  • 2023/04/IMG_4669-1.jpg

BALI, Carvaganza - Perjalanan lebih dari 200 km di Pulau Dewata Bali selama tiga hari, membuat kami lebih mengenal karakter yang disuguhkan oleh All New Toyota Agya GR Sport. Tipe ini adalah tipe yang paling tinggi dalam line-up Agya terbaru model tahun 2023.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa saja perubahan interior pada All New Agya GR Sport?

    Perubahan dilakukan secara menyeluruh mulai dari desain dashboard, konsol tengah, layar MID, jok sampai pada trim pintu dan tombol pengaturan.
  • Apa mesin yang disandang oleh All New Toyota Agya GR Sport?

    Memakai mesin baru dengan kode WA-VE 3 silinder 1.198 cc (1.2 liter) dual VVT-i. Menghasilkan tenaga 86 hp pada 4500 rpm dengan torsi yang lebih tinggi pada 113 Nm.
  • Apa makna aplikasi teknologi Active D Control pada transmisi CVT All New Toyota Agya GR Sport?

    Tujuannya adalah untuk mempercepat akselerasi mobil, namun efisiensi bahan bakar tetap terjaga.
  • Di sesi Journalist Test Drive tersebut, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyediakan total 10 mobil Toyota Agya GR Sport. Hanya tipe tertinggi saja, mereka tidak menurunkan dua tipe lainnya yaitu E dan G.

    Kenapa hanya All New Agya GR Sport? Toyota Indonesia ingin memperkenalkan bahwa penyempurnaan yang mereka lakukan pada tipe tersebut bukan kosmetika belaka. Bukan sekadar aksesoris bodi kit atau penambahan emblem pembeda di jok maupun pintu. Mereka ingin menyampaikan bahwa Agya GR Sport yang mereka bangun telah menjelma menjadi makhluk yang berbeda. Bukan saja dengan Agya generasi pertama, tapi secara package Ia ditempatkan lebih tinggi dengan dua tipe lainnya yang sekarang.

    Test drive All New Toyota Agya GR Sport

    Baca juga: Lebih Dekat Kenali Ubahan Tampilan dan Mesin All New Toyota Agya

    PT TAM mengklaim bahwa selain menawarkan performa yang lebih, varian tertinggi ini juga ditujukan untuk memuaskan konsumen yang suka memodifikasi mobil Agya. Dengan penambahan bodi kit yang membuat tampilan menjadi lebih agresif dan sporty, diharapkan konsumen yang suka memodifikasi, tak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi.

    All New Agya GR Sport dibuat di atas platform baru. Chassis baru, mesin baru, fitur baru dan penampilan pun dibuat serba baru. Berbeda dengan Agya GR Sport yang sebelumnya. Untuk merasakan perubahan-perubahan itu, selama tiga hari kami menjelajah jalan-jalan di Bali. Start dari Bandara Ngurah Rai – Museum Puri Lukisan Bali di Ubud – Canggu – Kerobokan – Kuta - Kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan kembali lagi ke Bandara Ngurai Rai melewati Jalan Tol Bali Mandara.

    Interior All New Agya GR Sport

    Pada waktu masuk ke dalam kabin, seluruh layout desain interior betul-betul baru. Dashboardnya dibuat lebih dinamis dengan garis-garis yang tegas. Terlihat seperti tiga tingkat dengan display touch screen model floating 8 inci. Empat lubang AC pun mendapat sentuhan penyempurnaan yang sangat berbeda dari yang sebelumnya. Plus desain layar MID dan setir electric power steering berbalut kulit yang lebih modern dan sporty.  Untuk meningkatkan kenyamanan, juga sudah tersedia wireless charging.

    Perubahan yang mencolok lagi adalah pada bagian konsol tengah. Pada generasi sebelumnya menganut tipe landai, yang posisinya lebih rendah dari tinggi jok pengemudi depan. Sedangkan pada generasi kedua dibuat lebih besar, lebih tinggi seperti menyatukan antara dashboard dengan konsol tengah. Tuas transmisinya pun mendapat perubahan. Bukan lagi model tongkat panjang dengan postur ceking, tapi sudah stick shifter dengan dudukan lebih modern, dibalut kulit dengan aksen jahitan warna merah.

    Baca juga: Mengenal Lebih Dekat All New Toyota Agya GR Sport, Bukan LCGC Lagi

    Test drive All New Toyota Agya GR Sport Interior All New Toyota Agya GR Sport 2023

     

    Jok mengadopsi desain semi bucket yang dilapisi oleh bahan suede dengan pengaturan manual. Untuk memperkuat kesan sporty, aksen jahitan warna merah terdapat pada setir, kursi, tuas transmisi dan konsol tengah. Pada headrest jok depan, lingkar kemudi dan step pintu dibubuhkan logo GR berpulas hitam dan merah.

    Trim pintu memiliki desain baru dengan penempatan tombol power window yang baru dan tombol pelipatan spion elektrik. Jok bagian belakang dibuat lebih rebah dengan sudut yang lebih rendah dibandingkan sebelumnya untuk menambah kenyamanan bagi penumpang belakang, terutama untuk perjalanan jauh.

    Untuk kabin sendiri, All New Agya GR Sport terasa lebih lapang karena panjangnya melar 100 mm dibandingkan generasi pertama. Wheelbase pun memanjang 70 mm sehingga legroom menjadi terasa lebih nyaman. Saya dengan tinggi badan 168 cm bisa duduk lebih rileks di bagian belakang.

    Performa All New Agya GR Sport

    Mesin 3 silinder 1.2 liter dual VVT-i yang diusung memberikan efek tendangan yang lebih bertenaga. Terasa lebih padat di setiap putaran dibarengi dengan perpindahan transmisi CVT teranyar yang lebih halus dan lebih cepat. Menyalurkan tenaga 86 hp dan torsi 113 Nm ke roda depan yang membungkus velg R15. 

    Agya 2023 memakai mesin baru dengan kode WA-VE 3 silinder berkapasitas 1.198 cc (1.2 liter) dual VVT-i. Menghasilkan tenaga 86 hp pada 4500 rpm dengan torsi yang lebih tinggi pada 113 Nm. Berbeda dengan mesin Agya generasi pertama yakni kode 3NR-VE 3 silinder 1.197 liter Dual VVT-I yang menghasilkan tenaga 86 hp dan torsi 108 Nm.

    Tenaga yang dihasilkan oleh mesin generasi pertama memang sama dengan Agya terbaru, 86 hp (88 PS), namun torsi generasi kedua lebih tinggi menjadi 113 Nm dari 108 Nm. Mesin Agya 2023 ini sama dengan yang dipakai oleh Toyota Raize.

    Test drive All New Toyota Agya GR Sport Mesin All New Toyota Agya GR Sport

     

    Menurut Toyota, transmisi CVT teranyar yang terpasang sudah dikawinkan dengan fixed gear ratio dengan tujuan agar akselerasinya lebih cepat dan linear. Selain itu, transmisi CVTnya juga sudah dibekali dengan teknologi Active D Control, yang artinya selain berakselerasi lebih cepat namun tetap efisien bahan bakar.

    Berkat sejumlah pengembangan pada teknologi pendukung performa itu, All New Agya GR Sport memang terasa lebih fun-to-drive dibandingkan Agya GR Sport terdahulu. Apalagi yang sekarang sudah dilengkapi dengan fitur paddle-shift untuk menambah sensasi berkendara.

    Baca juga: All New Agya GR Sport Lebih Stabil, Suspensinya Dibikin Lebih Stiff

    Untuk merasakan pengalaman mengemudi yang lebih dinamis, pindahkan stick shifter ke S lalu mainkan dengan paddle shifter yang perpindahannya sampai 6 percepatan. Ketika pengemudi bermain pada rpm tinggi, suara mesin terdengar menggeram lebih keras. Suara raungan mesin yang keras itu seperti alunan nada merdu yang diharmonisasi oleh karakter setir yang lebih firm yang lebih padat di setiap putarannya. Anda bisa merasakan karakter yang lebih sporty di sini.

    Lingkar kemudi tilted terasa lebih komunikatif dengan permukaan jalan. Pengemudi bisa memberikan input secara presisi pada setiap pergerakan mobil. Termasuk ketika harus bermanuver kecil di tengah kepadatan lalu lintas. Bahkan sangat membantu hatchback mungil ini ketika melewati jalanan sempit di Bali seperti di Kuta, Canggu atau pun ketika menuju Puri Lukisan Bali di daerah Kerobokan.

    Test drive All New Toyota Agya GR Sport

    Handling All New Agya GR Sport terasa lebih stabil. Gejala limbungnya lebih minim dibandingkan yang terdahulu. Menurut Toyota Indonesia, mereka melakukan pengembangan pada sektor kaki-kaki. Semua komponen suspensi Agya GR Sport baru mulai dari sokbreker sampai bushing. Komponen yang dipakai juga berbeda dengan Agya tipe E dan G. Pasalnya, pabrikan ingin memberikan sensasi berkendara yang lebih sporty, bukan hanya sekadar perubahan kosmetik. Kami pun sempat merasakan kestabilan Agya GR Sport bukan hanya di jalan raya, juga di trek khusus tertutup di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK).

    PT TAM menyediakan dua jenis trek. Pertama, trek untuk akselerasi dengan panjang total 150 meter dan kedua trek untuk mencoba kelincahan (agility track) sepanjang sekitar 350 – 400 meter dengan 4 tikungan plus 1 tikungan S. Di tikungan-tikungan tajam inilah saya merasakan bahwa karakter handling Agya GR Sport teranyar memang berbeda dengan Agya sebelumnya. Ia lebih firm, lebih stabil dan lebih gesit dibandingkan generasi sebelumnya.

    Kesimpulan

    Bagi saya, All New Agya GR Sport ini seperti racikan kopi hitam yang lebih kental. Ketika Anda menyeruputnya, Anda bisa merasakan sensasi yang lebih menyenangkan dibandingkan dengan kopi hitam encer. Larutannya dibuat lebih pas untuk merasakan fun-to-drive yang lebih asik di kelasnya.

    Jika dibandingkan dengan Agya sebelumnya, yang terasa lebih mantul-mantul, yang sekarang lebih lengket ke aspal. Ia Memberikan experience berkendara yang lebih dinamis. Kalau Anda tertarik, All New Agya GR Sport ini dapat ditebus dengan harga mulai dari Rp237,5 juta sampai Rp256 juta. (EKA ZULKARNAIN)

    Baca juga:  Fakta Menarik Honda Civic Type R 2023, Dari Mobil Termahal Hingga Fitur Khusus Balap

    Pelajari lebih lanjut tentang Toyota Agya

    • Tampak Depan Bawah Toyota Agya
    • Fog lamp depan Agya
    • Lampu depan Agya
    • lampu belakang Agya
    • handle pintu Agya
    • Pelek Agya
    • Tampak belakang tengah Agya
    Toyota Agya
    Rp 170,9 - 259,3 Juta Cicilan mulai dari : Rp 3,9 Juta

    Mobil Toyota Lainnya

    • Toyota Hilux
      Toyota Hilux
    • Toyota Fortuner
      Toyota Fortuner
    • Toyota Raize
      Toyota Raize
    • Toyota Yaris Cross
      Toyota Yaris Cross
    • Toyota Agya
      Toyota Agya
    • Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV
      Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota Avanza Veloz
      Toyota Avanza Veloz
    • Toyota Calya
      Toyota Calya
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
    • Toyota Alphard
      Toyota Alphard
    • Toyota Kijang Innova
      Toyota Kijang Innova
    • Toyota Yaris
      Toyota Yaris
    • Toyota 86
      Toyota 86
    • Toyota Corolla Altis
      Toyota Corolla Altis
    • Toyota Corolla Cross
      Toyota Corolla Cross
    • Toyota Hiace
      Toyota Hiace
    • Toyota Kijang Innova Zenix
      Toyota Kijang Innova Zenix
    • Toyota Land Cruiser
      Toyota Land Cruiser
    • Toyota Vios
      Toyota Vios
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota bZ4X
      Toyota bZ4X
    • Toyota Camry
      Toyota Camry
    • Toyota Camry
      Toyota Camry
    • Toyota GR Corolla
      Toyota GR Corolla
    • Toyota GR Yaris
      Toyota GR Yaris
    • Toyota Hilux Rangga
      Toyota Hilux Rangga
    • Toyota RAV4 PHEV
      Toyota RAV4 PHEV
    • Toyota Supra
      Toyota Supra
    • Toyota Vellfire HEV
      Toyota Vellfire HEV
    • Toyota Voxy
      Toyota Voxy

    Don't Miss

    Featured Articles

    Read All

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Toyota Pilihan

    • Upcoming

    Pilihan mobil untuk Anda

    • Renault KWID
      Renault KWID
      Rp 161 Juta
      • Petrol
      • Hatchback
      • 999 cc
      • Otomatis
    • Daihatsu Ayla
      Daihatsu Ayla
      Rp 136 - 190,9 Juta
      • Petrol
      • Hatchback
      • 998 cc
      • Manual, CVT
    • Honda Brio
      Honda Brio
      Rp 167,9 - 253,1 Juta
      • Petrol
      • Hatchback
      • 1199 cc
      • Manual, CVT
    • Suzuki S-Presso
      Suzuki S-Presso
      Rp 169,1 - 179,1 Juta
      • Petrol
      • Hatchback
      • 998 cc
      • Manual, Otomatis
    • DFSK Seres E1
      DFSK Seres E1
      Rp 189 - 219 Juta
      • Electric
      • Hatchback
      • Otomatis

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature