Beranda Updates Teaser Perdana Nissan Fairlady Z Muncul, Rilis Tahun Depan?

Teaser Perdana Nissan Fairlady Z Muncul, Rilis Tahun Depan?

YOKOHAMA, Carvaganza.com – Nissan menjadi pabrikan paling sibuk pekan-pekan ini. Tak hanya soal strategi baru mereka menghadapi penurunan penjualan, tapi juga kejutan model-model yang siap mereka luncurkan dalam waktu dekat. Nissan akhirnya untuk pertama kali merilis teaser resmi untuk calon model sportscar terbarunya, yaitu Fairlady Z. Generasi penerus dari model 370Z tersebut diprediksi akan meluncur paling cepat pada tahun 2021.

Sosok Fairlady Z muncul dalam sebuah video presentasi Nissan, yang menampilkan line up model terbaru dan masa depan Nissan. Siluet sportscar dengan identitas “Z” turut hadir dalam video yang berdurasi tidak sampai 90 detik tersebut.

Video berjudul “NISSAN NEXT: From A to Z” menunjukkan seluruh model Nissan berdasarkan urutan abjad. Mulai dari Ariya, Kicks, Navara, Terra, sampai yang terakhir yaitu Z. Jika melihat sejarah model Nissan sejak lama, tidak ada model sportscar lain yang menggunakan nama Z selain Fairlady Z.

Dari siluet teaser tersebut, langsung terlihat bahwa Nissan mengusung gaya desain body fastback coupe untuk calon Z terbaru. Gaya body tersebut sudah dipakai sejak pertama kali Fairlady Z lahir pada tahun 1969 lalu, melalui Datsun 240Z.

Sportscar

Sebelumnya pernah disampaikan bahwa Nissan memang berencana untuk membangkitkan kembali model sportscar ikonik ini. Apalagi dengan mengingat bahwa 370Z sudah sepuluh tahun lebih beredar dan tidak mengalami update signifikan. Dengan begitu, satu dari dua model sportscar Nissan saat ini (selain GT-R) akan mengalami regenerasi.

Pengumuman model baru ini disampaikan di tengah kabar tidak mengenakkan dari Nissan sendiri, yang harus melakukan strategi efisiensi global. Beberapa dampaknya adalah fasilitas pabrik produksi Nissan di Spanyol dan Indonesia harus ditutup. Dalam tiga tahun ke depan juga Nissan akan mengurangi kapasitas produksinya sebanyak 20%.

Kembali ke Fairlady Z, untuk generasi ketujuh ini diyakini akan menggunakan nama 400Z. Bos product planning Nissan, Ivan Espinosa pernah mengatakan pada tahun lalu bahwa sportscar merupakan bagian penting dari Nissan. Pihaknya mengaku sedang aktif memperhatikan dan mengerjakan model penerusnya.

Lebih Ganas

Dengan nama 400Z, Nissan bukan akan memberikan mesin lebih besar dari V6 3.7 liter dari 370Z, tetapi mengacu pada besaran tenaga yang dihasilkan mesin. Nissan justru dikatakan akan memberikan mesin V6 3.0 liter twin-turbo untuk 400Z, untuk menyediakan performa tenaga sebesar 400 hp.

Mesin tersebut diadopsi dari model Infiniti Q50 dan Q60, yang mana platformnya akan digunakan juga untuk 400Z. Nissan memilih tidak kembangkan platform baru tersendiri untuk 400Z, karena pertimbangan biaya pengembangan dan volume pasar yang kecil.

Selain itu, versi terbaru logo Z juga sudah didaftarkan Nissan untuk menjadi merek dagang. Selain bentuk eksteriornya yang tidak banyak terungkap, tidak banyak yang bisa diketahui soal 400Z saat ini. Selain performa, kemungkinan besar Nissan akan membawa rangkaian teknologi baru juga untuk Fairlady Z. Saat 400Z meluncur nanti, tampaknya Toyota GR Supra harus siap-siap mendapat lawan baru dari negara asalnya.

Sumber: autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Asuransi Astra Donasi Ribuan Masker Ramah Tuli dan Sembako di 24 Kota

JAKARTA, Carvaganza -- Asuransi Astra menyalurkan bantuan sebanyak 6.400 masker dan 1.100 paket sembako hasil kampanye sosial #MaskerTemanTuli. Masker-masker ramah Tuli tersebut dijahit langsung...

Lucid Air, Sedan Listrik yang Ingin Jegal Tesla Model S

NEWARK, Carvaganza.com – Sejak awal kehadirannya, Tesla Model S telah menjadi benchmark performa dan kecepatan di segmen mobil listrik. Berbagai pabrikan mencoba hadirkan pesaingnya,...

Versi Facelift 2020, Kia Picanto Punya Varian Crossover

SEOUL, Carvaganza.com – Kia Picanto generasi terbaru sudah beredar selama tiga tahun terakhir. Dari periode tersebut, kini sudah waktunya Picanto mengalami penyegaran. Kia Motors...

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...