TAM Fleet, Teknologi Fleet Canggih Untuk Bus Hasil Kembangan TKDN dan New Armada

TAM Fleet

JAKARTA, Carvaganza - Meramaikan Busworld Southeast Asia di JIExpo Kemayoran, pada tanggal 5-7 Oktober 2022, hadir PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN) yang memperkenalkan teknologi baru. Menggandeng Karoseri New Armada sebagai builder karoseri, diperkenalkan teknologi keselamatan bernama TAM Fleet (TKDN Advanced Mobility Fleet).

Lewat kerja sama ini, fitur TAM Fleet ditanamkan pada unit bus milik New Armada. Paket fitur keselamatan tersebut terdiri dari Internet of Things (IoT) MDVR, Blind Spot Detection, CCTV, Advance Driver Assistant System (ADAS), Driver Safety Monitoring, Multi Touch Panel, dan fitur Black Box.

Masing-masing perangkat tersebut terintegrasi dalam sistem solusi management transit dan dilengkapi teknologi IoT terkini yang punya fungsi sebagai sensor dan pengawasan guna meningkatkan keselamatan armada, penumpang dan pengemudi bus.

TAM Fleet

"Sesuai dengan slogan yang diusung, 'Empowering Management Through Technology', PT TKDN mendukung pentingnya keselamatan armada demi peningkatan kualitas layanan melalui pemanfaatan teknologi berbasis IoT dan AI yang terintegrasi," ucap Direktur Utama PT TKDN, David Santoso, Rabu (5/10).

Baca Juga: Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Ganti Generasi Tahun Depan?

Salah satu perangkat yang dipamerkan yakni Driver Safety Monitoring (DSM), peranti ini bisa memberikan Driver Behavior Analysis guna memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi. Kemudian Blind Spot Detection terintegrasi dengan 3D depth camera with AI yang bisa mendeteksi keberadaan pejalan kaki maupun kendaraan lain di sekitar armada.

Tak cuma itu, mereka juga memamerkan teknologi ADAS yang dapat memberikan peringatan awal jika armada terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan, atau jika terjadi potensi tabrakan dari depan.

Adapun model bus New Armada yang dipasangi teknologi TAM Fleet adalah Citouro Medium City Bus serta Big Bugs Skylander R22.  Khusus model yang pertama   hadir dengan keseluruhan desain modern dan dinamis. Pada area samping tampil berbeda dengan side window graphic yang menyiratkan aura dinamis  hingga area buritan belakang. Bus ini juga disertai LED light side untuk menonjolkan keseluruhan kesan modern sebagai armada yang bisa diandalkan.

"Kami berharap kerja sama ini semakin memperkuat New Armada dalam kontribusinya meningkatkan kualitas layanan yang dapat berdampak pada hidup masyarakat Indonesia, kata Deputy Director New Armada, Charles Hugo Wahyadiyatmika.

TAM Fleet

Sebagai informasi, selain menjalin kerja sama dengan karoseri New Armada, TKDN juga sudah berkolaborasi dengan beberapa perusahaan ternama lain seperti Adiputro dan Tentrem.

Busworld Southeast Asia 2022

Selama 2 hari pamerannya, fokus Busworld Southeast Asia adalah mengenalkan bus listrik yang mana sejalan dengan kebijakan pemerintah soal Net Zero Emission dengan target pengoperasian 41 ribu bus listrik pada 2024. Pameran ini diikuti beberapa karoseri nasional seperti New Armada, Adiputro, Laksana, Tentrem, serta merek bus asal China seperti Zhongtong dan Golden Dragon.

Pihak penyelenggara memasang target lebih dari 15 ribu pengunjung bakal menghadiri pameran ini, baik pengunjung dalam negeri, luar negeri, serta dari berbagai latar belakang  seperti operator bus, pusat rental kendaraan, perusahaan, dan agen perjalanan.
(BANGKIT JAYA / WH)

Baca Juga: Strategi Tepat Antarkan Perez Raih Kemenangan Red Bull di GP Singapura 2022

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature