Strategi Tepat Antarkan Perez Raih Kemenangan Red Bull di GP Singapura 2022

Sergio Perez F1 Singapura 2022

TANGERANG, Carvaganza – Koleksi kemenangan Red Bull Racing di F1 musim 2022 ini terus bertambah, lewat keberhasilan Sergio Perez finish terdepan pada Grand Prix Singapura 2022. Kemenangan di Singapura menjadi yang kedua bagi Perez musim ini, setelah meraih hasil terbaik di seri Monaco lalu. Dalam kondisi balapan yang tricky, Perez berhasil tenang dan unggul sepanjang balapan di depan para rivalnya.

Rekan setim Max Verstappen itu memastikan kemenangannya sejak start balapan, meski start dari posisi kedua. Begitu lampu start padam, Perez yang melesat mulus berhasil mencuri posisi pertama dari Charles Leclerc yang meraih pole position. Kembali, kemenangan Red Bull ini mendapat apresiasi dari ExxonMobil, induk perusahaan Mobil 1 yang menjadi sponsor tim.

“Apa yang dilakukan Sergio Perez memang sesuai keinginannya untuk bisa menang di F1 Singapura, setelah melihat hasil beberapa seri yang kurang memuaskan. Max Verstappen sudah berusaha menunjukkan performanya, tapi ini adalah kemenangan lain yang tertunda, pastinya dia akan lebih fokus untuk hadapi F1 Jepang dan petik titel Juara Dunia F1 2022 di sana,” kata Sri Adinegara, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI).

Sergio Perez F1 Singapura 2022

Dalam mengejar kemenangannya di negara sebelah, Perez harus bersabar dalam menerima tekanan dari Leclerc yang menghantuinya nyaris sepanjang balapan. Selain start bagus, pilihan strategi ban dari tim juga membantu membuka jalan Perez merebut kemenangan. Rasa senang diungkapkannya menyusul kemenangan yang sudah lama tidak diraihnya musim ini.

Baca Juga: Citroen Resmi Comeback ke Indonesia, Siapkan 5 Model Baru

“Kemenangan ini sangat berarti, saya belum pernah naik podium dalam beberapa balapan terakhir, tetapi selalu memantau dan membuat kejutan, jadi saya sangat bangga dengan hasil hari ini. Secara mental itu sulit, dan harus tetap waspada sepanjang balapan,” jelas Perez soal grand prix yang diawali oleh hujan di hari Minggu (2/10/2022) malam di sana.

Adanya miskomunikasi soal prosedur safety car turut diutarakan olehnya. Mengikuti safety car di sektor terakhir sirkuit diakuinya sulit karena permukaan trek yang sangat licin. Sementara saat Perez mampu mengikuti dan melaju kencang, safety car justru melaju lambat. Tapi dari kemenangan ini, Perez semakin mendekati Leclerc di klasemen untuk merebut posisi kedua. Kini hanya terpaut 2 poin dari Leclerc yang juga finish di belakangnya di balapan.

Sergio Perez F1 Singapura 2022

Di sisi lain garasi Red Bull, Verstappen justru harus melewati perjuangan sulit balapan di baris tengah. Kesalahan strategi saat kualifikasi membuatnya harus start dari posisi ke-8. Dari posisi itu juga membuatnya sulit menunjukkan progres pesat memperbaiki posisi ke depan. Bahkan beberapa kesalahan sempat ditunjukkannya ketika berusaha menyalip dan saat periode safety car.

“Dari sisi saya, balapan kali ini adalah akhir pekan yang membuat frustasi. Balapan tidak dimulai dengan baik, kendala di anti-stall, jadi saya kehilangan banyak posisi di awal. Dari sana dan seterusnya, saya mendapatkan kembali ke posisi yang wajar setelah beralih ke ban slick, tetapi ketika saya ingin melewati Lando Norris, mengerem kuat dan menabrak kerb besar menyebabkan keluar dan ban terkunci,” jelas Verstappen yang di atas angin memimpin klasemen.

Dengan total koleksi 341 poin saat ini, Verstappen berpeluang untuk mengunci gelar juara dunia F1 2022 pada seri berikutnya di Suzuka, Jepang. Jaraknya jauh, yaitu 104 poin di atas Leclerc, disusul Perez di posisi ketiga klasemen dengan selisih 2 poin lebih jauh.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: Model Baru Lexus Siap Beri Kejutan di Black Panther: Wakanda Forever

Featured Articles

Read All

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature