Beranda Updates Segera Masuk Indonesia, Toyota Siapkan Hilux Double Cab Baru

Segera Masuk Indonesia, Toyota Siapkan Hilux Double Cab Baru

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota rupanya menyiapkan banyak model baru di tahun ini. Setelah Harrier meluncur, pabrikan Jepang itu juga santer disebut-sebut akan menyegarkan Fortuner dan Hilux. Di Indonesia sendiri, PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan varian single cabin dengan minor ubahan pada Juni 2019 lalu. Model double cabin belum disentuh ulang. Jadi sudah waktunya bagi mereka merilis unit anyar alias facelift. Lantas apa saja bagian yang berubah?

Pikap kabin ganda Toyota ini diprediksi kuat mengalami ubahan seperti model global. Tepatnya mirip dengan unit yang dijual di Australia sekarang. Terlihat pada bagian kisi-kisi depan. Corak garis-garis kromium ditanggalkan, berganti mirip dengan rancangan heksagonal Raize. Namun lebih lebar dan pakai pola sarang tawon di bagian dalam. Kalau itu berubah, otomatis bumper depan ikut berganti bentuk. Pola pahatan cenderung mengalir ke bawah.

Kemudian rumah lampu kabut dihiasi pula dengan plastik hitam. Aksen serbagelap banyak ditemukan pada di sisi-sisi grille, sehingga meningkatkan karakter pekerja tangguh. Untuk pencahayaan memakai LED (opsional di beberapa tipe). Sedangkan di bagian belakang pakai halogen. Bentuk buritan nyaris sama dengan model yang dijual di sini.

Sedikit berbeda dengan model single cabin memang. Lalu apa lagi ubahannya?

Baca juga: Toyota Hilux Black Bison Edition, Si Penantang Ford Ranger

Mesin

Lantaran hanya penyegaran, dipastikan Hilux tetap mengenakan mesin penenggak solar GD-series tipe 2GD-FTV. Baik untuk varian 4×4 maupun 4×2. Jantung pacu diesel ini punya kubikasi 2.393 cc. Sebuah mesin yang juga dipakai Fortuner, juga Kijang Innova. Hanya ouput-nya saja disesuaikan untuk urusan kerja. Ia diklaim menyemburkan power dan torsi yang lebih besar kemudian diklaim lebih efisien.

Unit menghasilkan tenaga 149,6 PS pada 3.400 rpm. Sedangkan torsi tertinggi mencapai 408 Nm, rentang 1.600 rpm – 2.000 rpm. Resultan pembakaran ini tergolong lebih besar dibandingkan mesin diesel konvensional sekelas. Penyalurannya ada yang bertipe manual enam percepatan dan pilihan transmisi 5-speed automatic dengan sport sequential shiftmatic. Jadi Anda bisa berpindah dalam model manual. Nanun transmisi model ini hanya tersedia di tipe V (tertinggi) saja.

Distribusi energi kinetik dihubungkan dengan gerak roda belakang 4×2 dan 4×4. Pelek kemungkinan besar masih pakai ukuran ring 17 inci lalu dimensi ban 225/70. Hanya corak serta gaya dibikin berbeda. Ada yang masih pakai model kaleng dan palang besar. Andai kata disemprot kelir hitam, jadi tambah tampan, seperti pada Kijang Innova Venturer. Kemudian di bagian kabin diduga tak banyak alami ubahan. Paling hanya sentuhan di beberapa panel atau material pembungkus jok kendaraan.

Baca juga: Toyota New Hilux Single Cabin Diesel Gunakan Mesin Baru 2GD-FTV

Kiprah Hilux

Toyota Hilux merupakan model global Toyota yang digunakan pelanggan dari berbagai negara. Mulai dari Amerika, Eropa, Afrika hingga Asia-Australia. Kilas balik kiprah sang legenda. DNA mobil ini dikembangkan dari Toyopet RK23 Truck yang diluncurkan pada 1956. Target marketnya, memenuhi kebutuhan konsumen kendaraan komersial. Lanjut pada 1959, Toyopet RK23 dikembangkan menjadi Toyopet Stout. Inilah cikal strutur rangka bakal dalam pengembangan Hilux, terutama dalam bidang durabilitas.

Generasi pertama Hilux diluncurkan di global pada 1968. Kala itu mendapat sambutan amat baik dari konsumen. Sampai saat ini Hilux sudah memasuki generasi ke delapan dan pengembangannya berada di bawah IMV (Innovative International Purpose Vehicle). Yakni proyek yang dikembangkan Toyota untuk melahirkan kendaraan pick-up dan multiguna. Mereka pun memasarkan lebih dari 140 negara.

Saat ini TAM menawarkan 3 varin Hilux double Cab, yaitu 2.4E M/T seharga Rp 426,5 juta, 2.4G M/T Rp 447,5 juta, dan 2.4V A/T yang dibanderol Rp 485,6 juta. Jadi kapan model Hilux facelift ini meluncurkan di Indonesia? Kemungkinan paruh tahun atau lantaran pandemi COVID-19, bisa meleset hingga penghujung 2020. Cuma soal waktu saja.

Sumber: Toyota

Baca Juga: Menanti Kedatangan Toyota Hilux 2020 di Indonesia

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Harga Rp 829 Juta, Ini Kelebihan New Mercedes Benz GLB

JAKARTA, carvaganza.com – Peluncuran New Mercedes-Benz GLB dilakukan bersamaan dengan GLA 200 Progressive Line. Kedua model ini bermain di segmen yang sama yakni SUV/Crossover...

Barisan Fitur Canggih Yang Tersemat di New Mercedes-Benz GLA

JAKARTA, Carvaganza.com – Mercedes-Benz GLA 200 Progressive Line sudah masuk ke pasar nasional. Model ini menjadi SUV termurah pabrikan Mercy di Indonesia dengan banderol...

Proton X50 Sudah Siap Meluncur, Gunakan Turbo Lansiran Geely-Volvo

KUALA LUMPUR, Carvaganza.com – Jumlah model line-up Perusahaan Otomobil Nasional (Proton) bakal bertambah. Pabrikan Malaysia ini sedang bersiap menjual medium SUV X50 yang memiliki...

Rolls-Royce Ghost Extended Meluncur, Penambahan Dimensi Dibungkus Kemewahan

GODWOOD, Carvaganza.com - Belum genap sebulan sejak resmi diluncurkan, Rolls-Royce merilis model tambahan untuk Ghost. Yakni Ghost Extended dengan  penambahan dimensi panjang untuk memberikan...

Peugeot 508 PSE Mendebut, Versi Performa Berjantung Plug-in Hybrid

PARIS, carvaganza.com - Peugeot telah merilis model paling bertenaga dalam jajaran produknya. Adalah 508 Peugeot Sport Engineered (PSE) yang merupakan hasil besutan divisi performa...