Restorasi Toyota Land Cruiser FJ44 1972 Ini Dijual Rp 3,2 Miliar

California, Carvaganza – Bengkel Restorasi asal Amerika Serikat, Icon baru saja menyelesaikan proyek terbarunya yakni Toyota Land Cruiser FJ44 1972. LC tua ini tidak hanya direstorasi tetapi juga dimodifikasi agar aman digunakan oleh konsumennya. 

Ketika memasuki bengkel Icon, Land Cruiser FJ44 ini dalam kondisi yang memprihatinkan dan butuh penangan khusus. Sehingga Ikon dengan sangat hati-hati membuatnya kembali terlihat baru dan merombak habis jeroannya. 

Sebagai permulaan, Icon membuang mesin standarnya dan mengganti dengan mesin GM V8 6,2-liter fuel-injection. Tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 430 hp dan torsi 610 Nm yang dialirkan langsung melalui transmisi manual lima percepatan Aisin Warner AX15. Pada versi orisinilnya, Toyota Land Cruiser FJ44 menggunakan mesin diesel 6-silinder 3,6-liter yang dikawinkan dengan transmisi manual 3-percepatan. Namun demi menghasilkan mesin yang bugar serta tenaga yang lebih maksimal, Icon menyematkan mesin baru pada kap Toyota Land Cruiser kelahiran 1972 ini. 

Restomod Icon Toyota Land Cruiser

Tidak hanya itu, mereka juga merombak chassis, suspensi dan drivetrain bawaan Toyota. Icon menyematkan Dynatrac Dana 44 untuk gardan depan dan Dana 60 untuk bagian belakangnya. Selain itu, FJ44 ini juga terlihat lebih prima dengan suspensi coilover Fox Racing. Demi mengimbangi performa mesin yang berlabur tenaga dan torsi, Icon mengimbangi sistem remnya dengan satu set Brembo dan rotor baru.

Untuk mempercantik tampilan eksterior FJ44 , tim engineer di Icon sudah mendesain secara terpisah bodi alumunium dengan kelir Eucalyptus Green. Mereka juga sudah menyiapkan soft-top tujuh lapis berbahan kanvas dengan kelir abu-abu. Selain itu, soft-top tersebut juga dapat dibuka pasang untuk tampilan yang berbeda. 

Pada interiornya, rumah modifikasi Icon mengembalikan konfigurasi empat penumpang dengan tampilan yang modern. Tersedia empat kursi bucket lengkap dengan pemanasnya dan dua kursi lipat di baris paling belakang. Selain material kulit dan fabric juga terdapat komponen alumunium di beberapa sudut demi tampilan interior yang lebih modern.

Restomod Icon Toyota Land Cruiser

Bahkan beberapa fitur tambahan telah disematkan pada Toyota FJ44 hasil restorasi Icon , di antaranya tersedia kamera mundur, layanan navigasi yang ditampilkan pada layar di tengah dashboard. Malahan, layar hiburan tersebut juga sudah dilengkapi dengan koneksi smartphone Apple CarPlay dan Android Auto. 

Melihat buah karya Icon pada Land Cruiser restomod  ini memang sangat menggoda. Tapi jika siapapun yang ingin menebusnya untuk diantar ke garasi rumah Anda, harganya USD 237.000 atau sekitar Rp. 3,2 Miliar. Bahkan harga tersebut berkali-kali lipat dari FJ44 asli yang pada 1972-1973 terjual sebanyak 200.000 unit di seluruh dunia. ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda