Sabine Schmitz akan Jadi Nama Tikungan di Nurburgring Nordschleife

NURBURG, Carvaganza – Dunia balap berduka pada Maret lalu ketika datang kabar duka atas meninggal dunianya Sabine Schmitz, wanita pembalap ternama di era modern ini. Semasa hidupnya, Schmitz dikenal sebagai wanita penakluk Nurburgring Nordschleife, sirkuit paling ikonik di Jerman. Dan sebagai bentuk penghormatan, Nurburgring yang kuat terasosiasi akan menamai salah satu tikungan dengan nama Schmitz.

Pembalap yang juga kerap tampil di beberapa TV show bertema otomotif seperto Top Gear dan Fifth Gear itu merupakan wanita pertama yang berhasil memenangkan balap endurance 24 jam di Nurburgring. Dalam usia 51 tahun, Schmitz meninggal karena penyakit kanker payudara yang sudah lama dideritanya.

Ikatan kuatnya dengan Nurburgring bukan hanya karena sudah sangat hafal dan sering berlaga di sirkuti tersebut, tapi juga karena Schmitz juga tinggal di dekat Nurburg, tepatnya di Adenau. Tidak hanya sekali, Schmitz bahkan berhasil memenangkan Nurburgring 24 Hours dua kali berturut-turut, yaitu pada tahun 1996 dan 1997.

NUrburgring Sabine Schmitz

Tikungan di Nurburgring yang akan diberi nama Schmitz yaitu tikungan ke kiri pertama di area Nordschleife, yaitu tikungan pertama setelah garis start-finish. Secara resmi, namanya disebut sebagai Sabine-Schmitz-Kurve, yang akan mengawali setiap putaran di Nordschleife, baik untuk hot lap pengetesan mobil maupun balap endurance.

“Sabine Schmitz adalah duta dari Nurburgring. Namanya disebut di seluruh dunia dengan nafas yang sama dengan trek balap kami,” kata Managing Director Nurburgring, Mirco Markfort.

“Itu masih mewakili apa yang mendefinisikan Nurburgring: hubungan dekat dengan kawasan ini, kedekatan dengan para penggemar dan komitmen yang penuh semangat.”

Peresmian nama tikungan Sabine-Schmitz-Kurve akan dilakukan bersamaan dengan digelarnya balap 6 jam Nurburgring Endurance Series, pada 11 September 2021 mendatang. Itu juga adalah kejuaraan yang pernah dijuarainya dengan nama VLN, pada tahun 1998 lalu. Kemudian pada 2015 dan 2016, Schmitz tampil sebagai bintang tamu pada seri World Touring Car Championship (WTCC) di Nurburgring, dan finish mendulang poin.

Sabine Schmitz BMW M5

“Pilihan jatuh pada tikungan ke kiri, yang terletak di pinggiran komunitas Nurburg – tempat Sabine Schmitz tumbuh hanya beberapa meter dari trek balap. Setelah keluar dari trek Grand Prix, itu adalah tikungan pertama Nordschleife,” tulis pernyataan resmi Nurburgring.

Saking dekatnya ikatan antara keduanya, Nurburgring bahkan menunjuk Schmitz untuk menjadi pengemudi ‘Taxi’ di Nurburgring, mengajak wisatawan yang ingin berkeliling di sirkuit sepanjang lebih dari 20 km itu. Bahkan sempat dikatakannya sendiri, Schmitz setidaknya sudah pernah mengelilingi Nurburgring Nordschleife sebanyak 20.000 kali.

Mendapat julukan “Queen of The ‘Ring”, Schmitz juga dikenal lewat aksinya menantang Jeremy Clarkson di Top Gear. Melawan lap time Clarkson yang memakai Jaguar S-Type bermesin diesel, Schmitz kemudian dengan yakin mengolok Clarkson bahwa dia sanggup mencatat waktu lebih baik dengan van Ford Transit di Nurburgring.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Motorsport

Artikel yang direkomendasikan untuk anda