Porsche Cayenne Coupe Pecahkan Rekor Sebagai SUV Tercepat di Sirkuit Nurburgring

NÜRBURG, Carvaganza – Porsche Cayenne Coupe singkirkan Audi RS Q8 dari pemegang titel SUV (Sport Utility Vehicle) tercepat di sirkuit Nürburgring. Catatan ini menjadi pariwara yang paling dahsyat bagi crossover berperforma tinggi ini.

Apa sih Porsche Cayenne Coupe? Menurut data sementara, Porsche Cayenne Coupe dibekali mesin 4,0 liter V8 dengan bantuan dua turbocharger. Tenaga yang dihasilkan 640 hp atau lebih sedikit dari versi hybridnya, yakni Porsche Cayenne Turbo S E-Hybrid yang bertenaga 680 hp.

Hebatnya meski punya tenaga yang sedikit lebih kecil, tetapi Porsche Cayenne Coupe bermesin pembakaran konvensional mampu menghasilkan performa yang lebih beringas. Alasannya karena bobot yang lebih ringan dan setelan suspensi berbeda sanggup menambah performa kedinamisan mobil ini saat bermanuver di sirkuit.

Porsche Cayenne Coupe

Nürburgring telah menjelma sebagai salah satu sirkuit yang paling populer di dunia. Hampir semua pembalap di seluruh dunia pasti ingin sekali menjajal sirkuit Formula 1 ini. Sirkuit yang memiliki panjang total 20,8 km ini menawarkan kesempatan bagi setiap mobil balap untuk dipacu hingga kecepatan maksimumnya di tikungan-tikungan yang menantang.

Tak salah kalau sirkuit ini sering dijadikan sebagai arena bermain para produsen mobil sport untuk mengembangkan kendaraan mereka. Tak sedikit yang berlomba mencetak rekor waktu satu putaran tercepat demi citra yang dominan. Termasuk Porsche.

Memang sirkuit ini punya layout yang lebih pendek khusus untuk gelaran Formula 1. Khusus balap jet darat, sirkuit ini panjangnya dipangkas menjadi hanya 5,148 km saat ini. Rekor satu putaran tercepat saat ini digenggam pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen yang dicatatnya pada 2020 lalu.

Kalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Audi RS Q8

Porsche Cayenne Coupe

Versi sempurna dari sirkuit ini punya jarak yang lebih panjang. Lantas berapa catatan waktu yang dipecahkan Porsche? Lars Kern, pembalap profesional yang dikontrak Porsche membawa Cayenne Coupe sejauh 20,8 km di sirkuit ini dengan catatan waktu 7 menit 38,925 detik. Rekor ini jauh lebih cepat dari catatan waktu Audi RS Q8 yang melintasi Nürburgring satu putaran dalam 7 menit 42,253 detik pada 2019.

Menurut Lars Kern, ia mampu membawa crossover bererforma tinggi ini dengan cepat di tikungan tanpa khawatir mengalami understeer. “Biasanya ban kehilangan traksi waktu menikung di Pflanzgarten I dan Pflanzgarten II. Namun pakai mobil ini semua terasa begitu mengalir. Pergerakan bodinya solid dan dapat diarahkan dengan baik. Mesinnya sangat bertenaga. Tenaga langsung hadir seketika setiap saya membutuhkannya termasuk di setiap pergantian giginya,” testimoni Kern.

Porsche Cayenne Coupe yang dipakai dalam kegiatan pemecahan rekor ini nantinya akan sama persis dengan versi produksinya. Bedanya, Porsche Cayenne Coupe yang bisa dibeli umum tak dilengkapi dengan roll cage dan kursi balap. Tetapi ban Pirelli P Zero Corza yang khusus dibuat untuk mobil ini bisa menjadi ban standar yang digunakan setiap konsumen Porsche Cayenne Coupe di seluruh dunia.

Sumber: Porsche

Artikel yang direkomendasikan untuk anda