REVIEW: Kupas Tuntas Honda Jazz, Harga dan Varian

JAKARTA, Carvaganza.com – Bicara soal hatchback di Tanah Air, maka kita harus bicara Honda Jazz. Inilah model yang mempopulerkan sedan tanpa ekor di Indonesia. Ia menjadi salah satu pilihan dari sekian banyak model ditawarkan pabrikan. Eksistensinya dapat diterima masyarakat luas dari berbagai kalangan, terutama generasi muda. Tak dipungkiri, desain yang atraktif turut menyumbang ketertarikan. Tapi sebelum membeli, ada baiknya memperhatikan dulu detailnya.

Honda menyiapkan empat varian yang dapat disesuaikan budget atau kebutuhan. Terbawah adalah Jazz M/T yang dibanderol seharga Rp 250,2 juta (OTR DKI Jakarta), bertransmisi manual. Versi CVT dihargai Rp 260,2 juta. Walau beda pemindah gigi, tapi unit CVT pada varian bawah ini dilengkapi pelek berbeda, diamaternya 16 inci atau naik satu ukuran dari varian M/T. Keluaran suaranya juga didukung adanya tweeter di pilar A. Menghasilkan kualitas lebih mantap. Kemudian ada daytime running light (DRL) sebagai pelengkap penampilan dan fungsi.

Varian atas ada Jazz RS, yang juga disajikan dalam dua opsi transmisi. Harga Honda Jazz RS manual Rp 282,3 juta dan CVT Rp 292,5 juta. Nah, kalau dua ini dibedakan paddle shift. Tuas yang menempel di belakang kemudi untuk mengatur perpindahan transmisi dianut CVT. Harganya memang bersaing tipis dengan kompetitor.

Dari sisi tampilan sangat mudah membedakan tipe biasa dan RS. Terlihat dari penggunaan beberapa ornamen pada RS yang membuat wajahnya lebih sporty. Lainnya adalah penggunaan desain velg yang berbeda.

Baca juga: REVIEW: Honda BR-V Prestige, Apa Saja Keunggulannya


Fitur


Terkait teknologi, tentu RS menjadi terlengkap dan lebih canggih. Head unit misalnya, bila yang standar layar sentuhnya berukuran 6,2 inci dengan koneksi smartphone. Varian RS dibekali layar sentuh 8 inci. Lalu sistem pendingin sudah model digital bertombol dengan fungsi Auto. Akses ke kabin juga disokong Smart Key yang mengeliminasi kunci konvensional. Ditambah tombol di dasbor untuk menyalakan dan mematikan mesin. Perangkat pembantu pengendalian berupa Cruise Control juga terpasang.

Rupa interior pun berbeda. Balutan kulit membuatnya semakin mewah, sekaligus sporty. Sementara pilihan warna bodi, ada 7 opsi. Mulai dari kalem sampai mencolok. Pilihannya memang cocok untuk mencakup berbagai kalangan, dari tua sampai muda. Untuk kelir kalem ada Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, White Orchid Pearl, Modern Steel Metallic. Lebih eksentrik tersedia Rallye Red, Carnival Yellow dan Phoenix Orange Pearl Two Tone (khusus RS).

Baca juga: Mau Beli Honda Mobilio 2020? Ini Skema Cicilan dan Spesifikasinya



Fungsionalitas di kabin terutama dalam hal kelapangan kabin, dan fleksibilitas dalam mengangkut barang. Dinamakan Ultra Seat, ini memungkinkan semua jok disetel agar memaksimalkan ruang, selain bagasi yang sudah cukup untuk menampung empat koper besar. Ada empat pengaturan; Utility Mode, Long Mode, Tall Mode, dan Refresh Mode.

Perangkat keselamatan sudah mumpuni. Walau memang tak selengkap pesaingnya, Toyota Yaris. Dual SRS Airbags tersimpan di baris depan. Sementara mobil besutan Toyota dapat tambahan side dan curtain airbags, ditambah driver knee. Perangkat itu memang dapat meminimalisir benturan ketika kecelakaan. Tapi Jazz punya Brake Override System, teknologi yang membantu memprioritaskan pengereman saat pedal gas dan rem terinjak bersamaan.

Baca juga: Bosan di Rumah? Yuk Jelajahi Dunia Virtual Honda Motorsport


Mesin dan Transmisi


Honda boleh berbangga urusan performa. Dari semua model hatchback di pasaran, Jazz menjadi paling bertenaga. Dengan kubikasi 1,5 liter, konfigurasinya 4 silinder SOHC berteknologi i-VTEC. Memang ruang silindernya tak besar, tapi sudah ideal. Meski tak ditopang turbocharger, dayanya sudah mencapai 120 PS. Tenaga tertinggi itu keluar di putaran mesin 6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm di 4.600 rpm. Ini juga yang terbaik di kelasnya. Formula yang pas untuk melintasi berbagai kondisi jalan perkotaan, atau berkelana jauh. Sekaligus menyajikan kesenangan berkendara.

Seperti disebut, sistem pemindah gear ada dua. Manualnya 5-speed yang memberikan keleluasaan berkendara sesuai keinginan pengemudi. Rentang segitu cukup ideal, meskipun sudah ada beberapa kompetitor yang memanfaatkan transmisi manual 6-speed. Kemudian ada CVT yang menyuguhkan rasa nyaman, karena perpindahan gigi tak terasa berkat penggunaan puli. Walau memang konsekuensinya terdapat di respon akselerasi, serta banderolnya yang terbilang lebih mahal dari model otomatis konvensional. Dibandingkan varian manual saja, harganya terpaut Rp 10 juta.

Baca juga: Ketahui Detail Harga dan Kelengkapan Honda Jazz, Hatchback Semua Kalangan

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda