Beranda Review REVIEW: Honda BR-V Prestige, Apa Saja Keunggulannya

REVIEW: Honda BR-V Prestige, Apa Saja Keunggulannya

JAKARTA, Carvaganza.com – Honda memiliki andalan di segmen Low SUV lewat kehadiran Honda BR-V. Tubuhnya unik, mirip MPV dengan atap yang rendah tapi dibalut ragam spesifikasi tangguh. Tampilan ini membuatnya sedikit beda dengan model lain yang ada di segmen LSUV. Berbagi basis dengan Mobilio, tapi lebih mampu melintasi bermacam jalur.

Disuguhkan dalam tiga varian, Prestige menjadi opsi termahal. Dibanderol dengan harga Rp 291,3 juta (OTR DKI Jakarta). Sebagai varian tentunya, ia mendapat sejumlah kelengkapan.

BR-V terakhir facelift 2019 lalu. Banyak aksen krom diberikan di berbagai area. Palang hitam besar menempel di grille, dipadukan dua garis kromium langsung di bawahnya. Komponen menjembatani headlamp proyektor, yang masih pakai bohlam standar. Walau begitu, terselip daytime running light (DRL) LED. Khusus Prestige, bumper bawah bergaya sporty dilengkapi under spoiler perak melintang sepanjang lebar mobil. Garnish melengkapi rumah foglamp yang bergaya dinamis dengan garis meliuk-liuk dan siku tajam.

Aksesori berkelir senada juga ditemukan di samping. Side under spoiler menyempurnakan pelek 16 inci two-tone, bermotif tegas dengan bagian terang dominan. Sisi masih diperkuat gagang kromium di pintu depan dan belakang. Spion terintegrasi sein yang bisa dilipat dan cerminnya dapat diatur secara elektrik. Nuansa SUV turut terbangun berkat roofrail perak di atap.

Di bagian belakang rear under spoiler yang juga selebar mobil menyisipkan aura kaku, menemani ujung knalpot yang dilapisi finisher kromium. Bumper atraktif dengan reflektor vertikal yang dibungkus siluet melengkung di tepian. Tailgate dipasang spoiler bongsor dan tebal, yang bertengger di atas bersama antena radio bentuk sirip hiu.

Honda menyajikan BR-V dalam beragam pilihan warna bodi. Untuk opsi dasar yang juga dimiliki varian bawah, antara lain: Tafetta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic dan Crystal Black Pearl. Adapun dua kelir tambahan yang membedakan, yakni Coffee Cherry Red Metallic dan Premium Amber Metallic.

Baca juga: Mau Beli Honda Mobilio 2020? Ini Skema Cicilan dan Spesifikasinya

Interior

Begitu masuk kabin, Anda akan disajikan interior serba hitam. Makin atraktif dengan sedikit sentuhan merah gelap pada armrest pintu, corak garis di semua jok dan pola jahitan. Tatanan dasbornya modern. Ini juga berkat beragam fitur yang disematkan. Di mulai dari area pengemudi, setir palang tiga pakai punya CIVIC FD1 dibalut kulit, dengan tengah bulat menonjol dikombinasikan aksen perak. Di depannya ada panel instrumen perpaduan analog dan digital.

Di tengah, terpajang head unit layar sentuh 8 inci. Dapat dihubungkan ke smartphone, baik menggunakan bluetooth atau kabel USB. Pengaturan juga bisa dilakukan lewat tombol di kemudi. Sementara output suara disebar ke speaker yang ditempatkan di depan sampai belakang. Masih ditambah dua tweeter yang terbenam di pilar A. Kemudian di bawah head unit, ada pengontrol AC berupa tombol dan layar digital. Fitur ini sudah termasuk fungsi auto dan double blower.

Baca juga: VIDEO: Merasakan Performa Fun Honda Brio RS Keliling Jakarta

Fitur

Varian Prestige lebih canggih karena menggunakan Smart Entry System untuk mengakses mobil. Tak perlu anak kunci konvensional untuk membuka atau mengunci pintu. Tentunya ini dipadu fitur One Push Ignition System berupa tombol untuk menyalakan-mematikan mesin.

Keselamatan dan keamanan seluruh penumpang, maupun orang sekitar bagi BR-V terjaga. Struktur tubuhnya ditopang G-CON dan ACE, serta side impact beam. Dampak dari tumbukan bisa diminimalisir dengan baik. Ini masih ditopang dual SRS airbags di baris depan. Lalu sabuk pengaman yang menganut pretensioner dan load limiter, sehingga mengurangi potensi cedera serius akibat tertekan seatbelt.

Pengendaliannya dipastikan stabil karena disokong Vehicle Stability Assist (VSA). Risiko understeer dan oversteer dapat terkendali. Selanjutnya, guna mempermudah melewati tanjakan yang padat kendaraan, pengemudi bisa memanfaatkan Hill Start Assist (HSA). Sistem pengereman juga mantap, karena dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Terakhir kamera belakang menjaga keamanan dan keselamatan serta fitur immobilizer dan alarm.

Baca juga: Mobil Tetap Prima Di Saat Covid-19, Ini Kemudahan Yang Diberikan Honda

Mesin dan Kaki-Kaki

Urusan mesin, BR-V menggunakan jantung mekanis L15Z1 yang sama dengan Mobilio. Konfigurasinya SOHC 4 silinder berkubikasi 1.5 liter plus teknologi katup i-VTEC. Secara data, keluaran daya puncak sebesar 120 PS di putaran 6.600 rpm. Torsi tertinggi 145 Nm yang keluar di 4.600 rpm. Distribusi energi ke roda depan memercayakan transmisi CVT untuk Prestige tanpa pilihan manual. Jelas pengalaman berkendara yang lebih nyaman, karena CVT tak terasa jeda pergantian gigi seperti jenis konvensional.

Rasa berkendara BR-V dimaksimalkan agar tetap nyaman melewati medan semi off-road. Konfigurasinya sama seperti Mobilio, MacPherson Strut untuk roda depan dan H-Shape Torsion Beam di belakang. Tapi setelannya dibuat agak keras, untuk mengantisipasi gejala limbung. Sementara sistem pengereman mengandalkan cakram berventilasi di depan dan tromol di buritan. Sudah cukup untuk menghela putaran roda berbalut ban 195/60 di tiap sisi.

Baca juga: Kenal Lebih Detail Varian Tertinggi Honda BR-V Prestige

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Pemilik Jeep Wrangler Yang Nyangkut Di Bibir Jurang Buka Suara

CALIFORNIA, carvaganza.com – Masih ingat kan empat hari lalu Carvaganza menurunkan tulisan soal Jeep Wrangler nyangkut di bibir jurang di trek motor trail? Kejadiannya...

CSR Mitsubishi, Buka Perpustakaan dan Balai Pertemuan di Ternate

Ternate, Carvaganza - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengadakan seremoni pembukaan perpustakaan dan balai pertemuan anak di Ternate, Maluku Utara. Bermitra dengan lembaga swadaya masyarakat...

Ini Dia Tampilan Generasi Baru Isuzu mu-X 2021

TOKYO, Carvaganza.com - Isuzu mu-X direncanakan beregenerasi tahun depan. Model terbarunya diduga tengah digarap pabrikan. Nah, gambar paten membongkar visual tubuh secara utuh. Diunggah...

Penuhi Kebutuhan Masa Pandemi, Isuzu mu-X Jadi Ambulans

JAKARTA, Carvaganza -- Belum pulihnya kondisi ekonomi akibat pandemi Covid-19 membuat daya beli masyarakat turun. Astra Isuzu membuat startegi dengan menyasar segmen-segmen pelanggan yang...

Mercy Sprinter Disulap Jadi ‘Tank Baja’ Super Aman dan Super Mewah

NEW YORK, carvaganza.com -  Orang-orang super kaya biasanya membutuhkan perlindungan yang maksimal. Pasalnya, mereka hidup dengan ragam kepentingan yang bisa mengancam keamanan dan keselamatan...