Beranda New Cars REVIEW: BMW X6, The Beast From Spartanburg

REVIEW: BMW X6, The Beast From Spartanburg

JAKARTA, Carvaganza.com Business as usual. Itulah yang dilakukan BMW Indonesia di tengah kondisi unusual lantaran pandemi coronavirus (COVID-19) yang melanda Tanah Air. BMW menjadi perusahaan paling rajin meluncurkan mobil via virtual. Yang terbaru, BMW melansir X6 xDrive40i yang berbanderol Rp 1,89 miliar OFR atau sekitar Rp 2,1 miliar on the road Jakarta.

Tak hanya harganya yang menggiurkan, model ini hanya dibawa 10 unit saja untuk gelombang pertama. BMW menyatakan, jika kuota habis, mereka akan melakukan pemesanan kembali. Apa yang membuat versi ini istimewa?

Kehadiran BMW X6 melengkapi jajaran SUV milik BMW. Keluarga X Series kini lengkap sudah. BMW punya mulai dari si bungsu X1, X2, X3, X4, X5, X6, hingga kaka tertua X7.

Secara tampilan, ada kemiripan desain dengan Seri X lainnya. Tapi khusus X6 mendapat julukan ‘The Beast’ lantaran guratan otot pada sekujur tubuh serta bahasa desain atletis. Bahasa desain yang tegas dan ekspresif dari X6 generasi ketiga menggarisbawahi penampilannya yang penuh wibawa, kokoh, dan penuh percaya diri. Ia lahir di fasilitas produksi BMW Spartanburg, North Carolina, Amerika Serikat.

Tampilan

Sports Activity Coupé (SAC) generasi baru ini memiliki tubuh yang lebih besar. Ia tambah jenjang 26 mm dibandingkan generasi sebelumnya, menjadi 4.935 mm. Lebar bertambah 15 mm menjadi 2.004 mm. Namun ia lebih rendah 6 mm (1.696 mm) berkombinasi proporsi melebar. Jarak sumbu roda ditingkatkan 42 mm menjadi 2.975 mm dengan pusat gravitasi yang lebih rendah. Kombinasi ini membuat X6 lebih lindah. Terpasang penyangga tubuh tipe suspensi udara 2-axle adaptif. Sehingga dibilang sanggup menyihir kenyamanan berkendara di medan on-road maupun off-road.

Satu bagian yang yang menarik ialah kisi-kisi besar dipadu lampu depan berupa sudut presisi. Untuk pertama kali di sini, unit dilekatkan iluminasi BMW kidney grille berukuran besar. Grille yang bisa menyala. Ini bisa diaktifkan dengan membuka atau menutup kendaraan. Tetapi pengemudi dapat menyalakan dan mematikannya secara manual.

Baca juga: BMW i4 Bakal Punya Tenaga Lebih Dahsyat dari M4

Makin hebat lantaran BMW memasang pendaran laserlight sebagai standar bawaan. Bukan teknologi LED. Keunggulannya, selective beam mampu mengoptimalkan fungsi lampu jauh yang tidak menyilaukan pengendara lain. Jarak sorot cahaya bisa sampai 530 meter. Fungsi ini dapat diidentifikasi oleh elemen berbentuk x berwarna biru, memisahkan sumber cahaya heksagonal di dalam lampu depan.

Bagian belakang BMW X6 tak kalah berotot. Siluet garis atap yang mengalir dinamis. Diperkuat lampu belakang LED berbentuk L yang lebar dengan tailgate yang terintegrasi mulus. BMW X6 xDrive40i dilengkapi dengan roda 21-inci M light-alloy Y-spoke style 741 M Bicolour sebagai standar.

Interior Mentereng

Rasanya tak sulit memberikan acungan jempol bagi kabin garapan BMW. Aura sporty dan elegan begitu mencuat di kabin. Leather upholstery Vernasca membalut jok (sebagai standar). Interiornya tawarkan variabilitas tinggi. Sebab sandaran kursi belakang berkonfigurasi 40:20:40. Ia dapat dilipat untuk tingkatkan kapasitas ruang bagasi dari 580 liter menjadi 1.530 liter.

Fitur peralatan termasuk kontrol iklim otomatis 2.5 zona. Tempat cangkir termoelektrik. Apple CarPlay nirkabel, Parking Assitant termasuk Reversing Assistant, atap kaca panorama lebih besar 83 persen dibanding pendahulunya. Plus imbuhan Harman Kardon Surround System 16 speakers, 464 W.

Baca juga: VIDEO: Test Drive BMW Seri 3 G20, Sporty dan Canggih

Mesin

BMW X6 xDrive40i ditenagai mekanikal pacu TwinPower Turbo 3,0 liter enam silinder segaris. Mesin anyar ini menghasilkan tenaga 340 PS di 5.500 rpm – 6.500 rpm. Ada peningkatan 33 PS dari model sebelumnya. Momen puntir tersuguh 450 Nm antara 1.500 rpm – 5.200 rpm. Ada peningkatan torsi 47 Nm dari sebelumnya. Resultan itu didistribusi via transmisi Sport Steptronic delapan percepatan, membantu meningkatkan kinerja dan efisiensi enjin secara keseluruhan.

Berbagai racikan dilakukan pada mesin enam silinder baru ini. Gerak roda belakang X6 sDrive40i berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 5,2 detik. Atau 0,8 detik lebih cepat dari model lama.

Untuk menghadang lajunya, mobil ini dilengkapi dengan rem BMW M Sport dengan kaliper tetap empat piston di gandar depan dan kaliper satu piston di bagian belakang, sedangkan kaliper yang dicat biru diembos dengan logo BMW M berikan tampilan sporty.

Seperti disinggung di atas, BMW X6 xDrive40i M Sport ini akan tersedia di semua diler resmi BMW mulai hari ini dengan harga Rp. 1.899.000.000 off-the-road. Banderol itu sudah terkandung paket BMW Service Inclusive. Jadi konsumen dibebaskan semua biaya perawatan kendaraan 5 tahun atau 60.000 km. Juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh. Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama dua tahun. Namun syarat dan ketentuan berlaku.

Baca juga: Mengaspal di Indonesia, BMW X6 xDrive40i Berbanderol Rp 2,1 Miliar

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TMMIN Rayakan Kelulusan 64 Wisudawan Toyota Indonesia Academy

KARAWANG, carvaganza – Sudah sejak lima tahun lalu, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memiliki lembaga pendidikan di bidang otomotif. Lembaga Pendidikan Akademi Komunitas...

Program Cashback Rp 4 Juta di Suzuki Auto Value Berlaku Sampai Akhir Tahun

JAKARTA, Carvaganza -- Suzuki memberikan extra cashback hingga Rp 4 juta kepada pembeli XL7, All New Ertiga maupun SX4 S-Cross yang melakukan tukar tambah...

Akhir Tahun, Dua Varian Mercedes-Benz GLE Coupe Meluncur Bersamaan

JAKARTA, Carvaganza.com – Dalam berupaya memepertahankan gairah pasar otomotif di masa pandemi ini, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia menggelar kembali Star Expo di akhir tahun....
video

VIDEO: Peringati Hari Jadi Ke-106, Maserati Rilis Film Pendek Di Youtube

Modena, carvaganza – Usia dapat menggambarkan sebuah perjalanan yang begitu panjang yang ditempuh seseorang. Ragam gambaran dan pengalaman tertulis. Dan pada tahun ini, Maserati...

Mobil-Mobil Yang Pernah Dimiliki Freddie Mercury

JAKARTA, Carvaganza.com – Siapa yang tak mengenal Freddie Mercury, penyanyi rock pentolan grup musik Queen yang populer di tahun 1970-an. Meskipun pemilik nama asli...