Resmi! Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akan Meluncur Jumat Depan

JAKARTA, Carvaganza – Tanda tanya akan kepastian peluncuran calon SUV kembar pencuri perhatian di Indonesia, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, akhirnya terjawab sudah. Toyota dan Daihatsu resmi memastikan jadwal peluncuran dari keduanya, tepatnya pada akhir bulan ini. Jadi, Kia Sonet dan Nissan Magnite harus siap-siap kedatangan rival baru yang punya daya saing kuat.

Lewat undangan yang masuk ke email redaksi Carvaganza, Raize dan Rocky akan diluncurkan pada tanggal 30 April 2021, hari Jumat. Artinya, peluncuran akan digelar oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam waktu satu pekan mendatang. Duo Raize dan Rocky akan kembali menambah lini produk kembar hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu di Indonesia.

Sebelumnya, proyek dua pabrikan Jepang ini diawali oleh mobil kembar penguasa pasar yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Lalu kolaborasi meluas ke segmen SUV, dengan melahirkan Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Untuk menjangkau segmen entry level, kemudian hadir Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, yang kemudian berkembang ke MPV murah Calya dan Sigra.

Toyota Raize

Acara peluncuran akan digelar secara bergilir. Daihatsu akan meluncurkan Rocky lebih dulu pada pagi harinya. Lalu di siang harinya, giliran Toyota akan meluncurkan Raize di hari yang sama. Toyota Raize akan meluncur dengan mengandalkan tagline “All New Raize: Imagine It, Live It”.

SUV kembar yang melakoni debutnya di Tokyo Motor Show 2019 ini akan menjadi model SUV dengan harga paling terjangkau di line up Toyota dan Daihatsu. Karena positioning segmennya akan berada di bawah duo Rush dan Terios. Konon kabarnya, harga yang akan dibanderol juga akan sangat menarik untuk sebuah SUV.

Masing-masing akan tersedia dalam dua opsi mesin, yaitu tiga silinder 1,0 ltier turbo dan empat silinder 1,2 liter naturally aspirated. Untuk opsi transmisinya yaitu manual dan otomatis CVT. Seperti tradisi produk kembar Toyota dan Daihatsu selama ini, Rocky akan menjadi basis produk yang dibikin kembarannya oleh Toyota dengan platform DNGA. Jadi, seluruh kegiatan produksi akan dilakukan oleh Daihatsu dari pabriknya di Karawang, Jawa Barat.

Dahatsu Rocky

Untuk varian mesin 1,0 liter turbo berkode 1KR-VET, akan memiliki output tenaga 97 hp dan torsi 140 Nm. Sementara varian 1,2 liter belum ada referensi sebanding soal output yang dihasilkan. Namun salah satu nilai jual yang akan ditawarkan oleh Raize dan Rocky kabarnya adalah rangkaian fitur pendukungnya, dalam sisi keselamatan.

Sebelum tiba di Indonesia, Raize/Rocky sudah lebih dulu meluncur di Malaysia dengan label sebagai Perodua Ativa. SUV bermerek lokal Malaysia tersebut meluncur pada Februari 2021, yang juga diproduksi langsung dari Tanah Jiran. Daihatsu juga menjalin kerja sama dengan Perodua untuk mengedarkan produknya dengan label nasional Malaysia.

Kami sempat mendapat bocoran bahwa beberapa dealer resmi Toyota sudah membuka keran pemesanan untuk Raize sejak awal bulan April. Rentang harga dari keduanya juga kabarnya akan berada di angka Rp 200 jutaan, dan bahkan untuk lansiran Toyota yang biasanya lebih mahal dari Daihatsu, akan berada di bawah Rp 280 juta. Benar atau tidak, kita tunggu saja dalam sepekan.
WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda