Porsche Taycan Cross Turismo Lahir, Crossover Listrik dengan Ketangguhan Off Road

STUTTGART, Carvaganza – Porsche Taycan Cross Turismo akhirnya resmi diluncurkan melengkapi jajaran keluarga sportscar listrik dari Porsche Taycan. Dengan tampilan crossover, Porsche Taycan Cross Turismo menawarkan ruang kabin yang lebih lega dari versi sedan. Selain itu Taycan Turismo juga diklaim memiliki ground clearance yang lebih tinggi sehingga dapat beradaptasi dengan medan off road ringan.

Serupa seperti model sedannya, Porche Taycan Cross Turismo ditawarkan dengan beberapa pilihan varian di antaranya Taycan 4 Cross Turismo, 4S Cross Turismo, Taycan Turbo Cross Turismo dan Turbo S. Keempatnya dibekali dengan dua motor listrik yang ditenagai baterai 93.4 kWh dengan penggerak AWD.

Pada model Taycan 4 Cross Turismo motor listriknya mampu menghasilkan tenaga hingga 475 hp dengan overboost dan memiliki daya jelajah hingga 456 km. Sedangkan pada model 4S Cross Turismo tenaga maksimalnya mencapai 569 hp dan mampu dikendarai hingga 452 km. Untuk dua model Turbo dan Turbo S, masing-masing memiliki tenaga yang mencapai 678 hp dan 759 hp.

Porsche Taycan Cross Turismo

Porsche Taycan Turbo juga mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 3,3 detik dengan kecepatan maksimal 250 km/jam. Tenaga yang dihasilkan mencapai 678 hp dan varian tertingginya, Taycan Turbo S Cross Turismo memiliki tenaga maksimal 759 hp yang mampu melesatkan 0-100 km/jam dalam 2,9 detik.

Berbeda dengan Taycan Sedan, Taycan Cross Turismo menawarkan ruang kepala tambahan 10 mm pada baris depan dan 92 mm lebih luas pada baris kedua. Ruang yang lebih tersebut berkat penggunaan platform yang dipanjangkan setengah inci dan tinggi yang ditambah satu inci. Selain kabin, Taycan Cross Turismo juga ruang penyimpanan ekstra di bagasi belakang, sedangkan penyimpanan di bagasi depan tetap berukuran sama.

Cross Turismo tidak benar-benar sebuah off-roader sejati, Porsche hanya ingin membuat pengendara memiliki pengalaman berkendara yang berbeda dan rasa aman ketika melalui jalanan non aspal. Oleh karena itu keempat versi Cross Turismo dilengkapi dengan suspensi udara adaptif yang dapat meningkatkan ketinggian kendaraan hingga 10 mm. Porsche Taycan Cross Turismo juga dibekali dengan Gravel Mode yang membuatnya mampu melalui medan-medan seperti lumpur, pasir dan kerikil. Selain itu, konsumen juga dapat menambah paket opsional Off Road Design Package dengan tampilan yang berbeda pada eksteriornya.

Desain eksterior Taycan Cross Turismo memang diadopsi dari Mission E Cross Turismo yang diluncurkan pada Geneva Motor Show 2018 lalu. Siluet pada atapnya yang melengkung atau dikenal yang dikenal sebagai flyline membuatnya tampak lebih sporty dan ornamen off road di sekitar lingkar roda dan bumper depan.

Porsche Taycan Cross Turismo 2022

Meski terdapat ruang lebih pada kabin, namun interior Porsche Taycan Cross Turismo tidak mengalami perbedaan yang jauh dengan versi sedan. Fitur layar sentuh yang membentang di dashboard dengan layanan Apple CarPlay masih bertengger sebagai standar. Selain itu head-up display dan jok yang dapat diatur dengan 14 arah juga tetap dipertahankan pada kabin Taycan Cross Turismo. Di Jerman, Porsche Taycan Cross Turismo dibanderol dengan harga 93.635 Euro untuk model standarnya.

“Pada 2019, kami mengirimkan sinyal kunci dengan debut mobil sport listrik pertama Porsche. Kami melihat diri kami sebagai pelopor mobilitas berkelanjutan: pada tahun 2025, setengah dari semua kendaraan baru yang akan kami kirimkan akan memiliki penggerak listrik - baik yang sepenuhnya listrik  atau plug-in hybrid. Masa depan adalah milik mobilitas listrik. Dengan Taycan Cross Turismo, kami mengambil langkah besar lainnya ke arah ini,” kata Oliver Blume Chairman of the Executive Board of Porsche AG pada peluncuran Global Porsche Taycan Cross Turismo.

Di Indonesia sendiri, Porsche baru saja meluncurkan Porsche Taycan versi sedan pada Februari 2021 lalu. Namun rencananya, PT Eurokars Artha Utama berencana untuk memboyong Taycan Cross Turismo paling tidak pada tahun ini.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Porsche

Artikel yang direkomendasikan untuk anda