Audi A1 Ini akan Bawa Kembali Spirit S1 Quattro ke WRC

ARJEPLOG, Carvaganza – Dalam sejarah World Rally Championship (WRC), Audi S1 Quattro telah menjadi legenda lewat kehebatannya menjadi pelopor berpenggerak empat roda. Saking ikoniknya, sebuah tim reli tergerak untuk membangkitkan kembali spirit Audi Quattro ke lintasan reli. Bahkan, pembalap kawakan Mattias Ekström ikut terlibat dalam proyek ini.

Ekström, mantan pembalap juara DTM dan pereli, akan kembali ke WRC pada tahun ini dengan mobil tersebut. Bukan comeback sebagai pereli, namun Ekström akan tampil memimpin tim relinya sendiri. Dan tim reli barunya ini akan mengandalkan reinkarnasi dari Audi Quattro yang disebut di atas.

Juara DTM dua kali itu membentuk tim EKS JC untuk turun di ajang WRC kelas WRC2 dan WRC3. Artinya, skuad Ekström akan berlaga di kelas pendukung kejuaraan yang diramaikan oleh Toyota, Hyundai, Ford dan Citroen itu. Menandai comeback-nya, Ekström yang memang sepanjang karir profesionalnya sangat dekat dengan Audi itu ingin tampil spesial.

Audi A1 Quattro WRC

Bersama tim, Ekström membangun mobil reli berspesifikasi Rally2 alias WRC2 dengan basis Audi A1. Mobil berbentuk hatchback ini dikembangkan dan dibangun ulang oleh tim EKS JC untuk membangkitkan kembali memori Quattro yang pernah juara WRC pada 1982 dan 1984.

Tim EKS JC melakukan modifikasi dan pengembangan A1 generasi baru ini dibantu oleh rumah modifikasi asal Afrika Selatan, yaitu Racing Technic. Tentunya mengingat perbedaan masa yang terlampau jauh, nyaris empat dekade, spesifikasi A1 dan Quattro tidak sama. Tim justru membangun mobil sesuai regulasi, namun dengan penampilan mengadopsi livery Quattro di masa jayanya.

Warna dasar putih pada eksterior dipadukan sentuhan kuning yang memancarkan kesan two tone khas Audi Quattro. Striping tiga warna khas Audi Sport juga dihadirkan di bagian samping kap mesin, serta sedikit aksen hitam pada pilar C.

“Saat generasi baru Audi A1 diluncurkan, kami tahu kami ingin membangun sesuatu dengan ini. Dan karena semua orang tahu passion saya terhadap reli, langsung jelas bahwa kami ingin membangun sebuah mobil reli. Mobilnya sudah siap. Hanya tinggal soal penyetelan setting yang harus dilakukan,” jelas Ekström.

Audi A1 Quattro WRC

“Kami perlu melakukan tes dengan kilometer tertentu dan mengumpulkan informasi. Tidak ada tanggal pasti untuk kapan mengerjakannya, tapi sudah cukup jelas kita akan lihat mobil ini di sejumlah kompetisi pada musim semi atau panas.”

A1 versi reli bergaya S1 Quattro ini berbekal mesin empat silinder 1,6 liter turbocharged, yang menghasilkan tenaga 263 hp. Standar spesifikasi WRC2 membekalinya dengan transmisi sequential 5-percepatan dan penggerak semua roda, yaitu sistem quattro milik Audi.

Setelah pension dair DTM pada tahun 2018, Ekström aktif berkompetisi di kejuaraan dunia Rallycross yang telah diikutinya sejak 2014. Gelar juara dunia Rallycross berhasil diraihnya pada tahun 2016, ditambah posisi runner up pada dua musim selanjnutnya. Ekström juga sempat mewarnai  karirnya turun di WRC sebagai wildcard di seri Swedia, antara 1999 sampai 2006. Pekan lalu, Ekström baru ikut lagi Reli Swedia untuk pertama kalinya, turun di kelas WRC3.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Carscoops, EKS JC

Artikel yang direkomendasikan untuk anda