Beranda Review Pilih Renault Triber atau Suzuki Ignis? Ini Masing-Masing Kelebihannya

Pilih Renault Triber atau Suzuki Ignis? Ini Masing-Masing Kelebihannya

JAKARTA, carvaganza.com – Untuk punya mobil SUV bergaya tangguh memang cukup merogoh kocek. Tapi kami memilihkan, ada dua mobil kompak bergaya ala SUV. Memang penyeleksian di kelas ini cukup terbatas, yaitu Renault Triber dan Suzuki Ignis. Secara harga, keduanya beririsan. Triber mengisi spektrum terjangkau sementara Ignis menduduki posisi lebih tinggi.

Begini gambarannya. Renault Triber termurah, RXL dibanderol Rp 166,9 juta (OTR Jakarta). Di atas itu ada RXT dan RXZ dengan label masing-masing Rp 172,9 dan Rp 179,9 juta. Semua bertransmisi manual. Nah, posisi irisan tipis berada di antara RXT-RXZ berbanding Ignis GL tergantung jenis girboks. Harga unit manual Rp 171 juta sementara otomatis AGS Rp 181 juta. Baru dari situ puncak line up Ignis diduduki GX seharga Rp 190 juta (manual) atau Rp 200 juta (otomatis).

Mungkin Suzuki Ignis lebih banyak dikenal sebab sudah mejeng lebih lama. Jadi pertanyaannya adalah, apakah Triber menjadi kompetitor yang lebih unggul? Berikut serangannya untuk memikat.

Baca juga: Ini Sejumlah Kelebihan Varian Tertinggi Renault Triber

Gaya SUV, Kompak, Akomodasi Lengkap

Urusan gaya, baik Triber atau Ignis menyuarakan SUV sebagai panutan. Arahan gaya ‘jip’ memang sedang ngetren beberapa tahun belakangan ini. Cukup gamblang, mereka memainkan elemen tangguh lewat cladding hitam mengisi penuh garis terbawah bodi bak pelindung tambahan. Juga dalam hal kepraktisan, roof rail sajikan jangkar kuat untuk tempat barang bawaan ekstra. Bebas tentukan suka mana, sebab desain tergantung preferensi masing-masing.

Nilai ketangguhan salah satunya termasuk seberapa sanggup melangkahi medan. Minimal tidak menimbulkan kekhawatiran jika harus melalui medan berlubang. Untuk mendukung kemampuan ini, Triber diberikan kemampuan melangkahi rintangan setinggi 182 mm.

Baca juga: FIRST DRIVE Suzuki Ignis GX AGS, Wajah Segar SUV Kota (Part 1)

Bicara ukuran, Triber menjadi jembatan antara akomodasi LMPV dengan dimensi city car. Ia mendefinisikan dimensi kompak dengan catatan 3.990 x 1.739 x 1.643 mm (PxLxT). Memang tidak semungil Ignis yang menorehkan angka 3.700 x 1.660 x 1.595 mm. Tapi dalam panjang 4 meter-kurang-sedikit itu ia mampu mengangkut hingga tujuh penumpang sebab dicatatkan wheelbase setara LMPV. Tepatnya 2.636 mm.

Adalah EasyFix Seats di baris ketiga menyuguhkan fleksibilitas kabin. Dengan mudah bisa dibongkar pasang bila harus menentukan ruang optimal antara jumlah penumpang dan barang. Tanpa bangku terakhir, kapasitas bagasi mencapai 625 liter serta masih sanggup mengangkut hingga lima penumpang. Pasang semua, tujuh tempat duduk langsung tersaji. Di lain sisi, Ignis hanya sampai 469 liter dan menyisakan dua ruang duduk.

Fitur ala Eropa

Tak hanya lebih besar, Triber memikat lewat seperangkat fitur komplet. Bahkan bisa dibilang baru di kelasnya. Ambil contoh Smart Access Card, bikin fitur smart entry biasa terlihat moderat. Bahkan mobil-mobil sekelas di atasnya masih jarang bahkan mungkin tidak ada yang mengadopsi. Tanpa perlu menyentuh apapun, fungsi kunci dapat terlaksana tergantung posisi remot. Bak sedan Eropa. Kunci bakal terbuka ketika mendekati pintu dan secara otomatis kembali terkunci jika menjauh dari mobil.

Di sektor pendinginan kabin, Renault bersikap adil untuk setiap baris. Pasalnya, blower AC tambahan tidak hanya muncul untuk baris kedua. Kenyamanan posisi belakang sama sekali tidak dilupakan lantaran melekat kisi yang tertuju spesifik. Pun bukan hanya itu, kalau ingin menjaga kesegaran minuman dingin, bisa simpan di boks konsol tengah. Menarik bukan?

Baca juga: TEST DRIVE: Renault Kwid Climber, Kesan yang Membekas

Keseruan selama berkendara juga menjadi senjata utama Triber. Persis di tengah dasbor varian RXZ terpasang head unit Media Nav 8 inci. Di dalamnya tersemat kemampuan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Dengan begitu, head unit dapat berperan bak layar smartphone serta menyuguhkan ragam fitur ponsel seperti Navigasi hingga aplikasi pemutar musik.

Telinga lalu dimanja oleh empat speaker berikut dua tweeter sebagai penambah detail suara di frekuensi tinggi. Masih di dalam head unit, ia siap membantu manuver saat parkir lantaran turut berperan sebagai penampil imaji kamera mundur bersama pantauan sensor.

Safety

Walau dibanderol terjangkau, jangan anggap remeh Renault Triber menyoal peranti keselamatan. Bukan dual SRS Airbag saja, varian tertinggi kebagian kantung udara di sisi samping luar jok depan. Kemudian, garda pengereman diisi pula oleh Anti-lock Braking System dan Electronic Brake Distribution. Keduanya tidak eksklusif melainkan hadir sebagai standar di seluruh varian.

Mesin Pas untuk Komutasi Perkotaan

Di balik bonnet Renault Triber tersemat pemacu Energy Engine 3 silinder 1,0 liter. Total ekstraksi daya dicatatkan mencapai angka 72 PS di putaran 6.250 rpm bersama torsi puncak 96 Nm pada 3.500 rpm. Seluruhnya tersalur ke roda depan melalui girboks manual lima percepatan. Besaran ini cukup untuk komutasi perkotaan dengan target utama penghematan BBM.

Sementara Ignis menawarkan performa lebih baik. Mesin HR12 4-silinder 1,2-liter menawarkan 83 PS dan 113 NM. Ada dua pilihan transmisi tersaji, manual 5-speed dan AMT 5-speed.

Kesimpulan

Gaya SUV yang sedang ngetren diaplikasikan ke berbagai model oleh banyak pabrikan. Kalau dalam wishlist mencentang desain tangguh, berukuran kompak, sanggup memuat banyak, dan dibekali ragam fitur komplet, Renault Triber bisa penuhi semua itu dengan harga relatif terjangkau.

AHMAD KARIM

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Versi Siap Produksi Porsche 911 GT3 2021 Terlihat Tanpa Kamuflase

STUTTGART, Carvaganza.com – Generasi terbaru 911 GT3 sepertinya sudah mendekati waktu peluncuran, dan Porsche pun sudah tidak malu-malu menunjukkan wujudnya. Dalam rangkaian spyshot terbaru,...

Belum Paham Soal Transmisi Otomatis? Ini Tips Mudahnya

Mobil dengan transmisi jenis otomatis sudah bukan hal yang aneh lagi. Meski demikian, masih banyak yang belum memahaminya. Mungkin karena memang selama ini menggunakan...

Jeep Compass Mendapat Penyegaran, Tampil Perdana Di Guangzhou Auto Show 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Jeep memperkenalkan versi penyegaran dari crossover compact miliknya, Compass. Mendapat sejumlah penyegaran, Jeep Compass pertama kali ditampilkan ke publik pada Guangzhou...

TEST DRIVE: Ferrari F8 Spider, Sama Kencang dan Seasik Coupe

SINGAPURA, Carvaganza.com - Sebagian besar orang mungkin akan menganggap sports car versi atap terbuka tidak se-hardcore versi coupe. Rasanya anggapan itu banyak beredar. Ferrari...

Begini Ragam Kelebihan Jika Memiliki Hyundai Kona Electric

JAKARTA, carvaganza – Hyundai Kona Electric sudah diluncurkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) awal November kemarin di Jakarta. Sebagai mobil listrik murni listrik...