Beranda Features Perjalanan Honda Accord, Berganti Varian Model Bermuara Di Turbo (Bagian 2)

Perjalanan Honda Accord, Berganti Varian Model Bermuara Di Turbo (Bagian 2)

JAKARTA, carvaganza.com –  Dari generasi ke generasi Honda Accord mengalami perubahan dimensi. Menjadi lebih besar dan melar. Engine pun semakin powerfull. Sedangkan varian model berganti, misalnya menghapuskan model coupe dan station wagon sesuai dengan kebutuhan pasar. Sampai pada akhirnya, pada generasi ke-10 yang dimulai tahun 2017, melahirkan mesin yang lebih kecil 1.5 liter yang dipasangkan dengan induksi paksa turbocharge.

Generasi VI (1998 – 2002)

Style bodi wagon dihapus di generasi keenam. Tinggal coupe dan sedan. Model dua pintu dikembangkan di pasar Amerika dengan wheelbase yang lebih pendek dibandingkan model sedan empat pintu. Airbag depan untuk pengemudi maupun penumpang depan menjadi fitur keselamatan standar. Sedangkan airbag samping baru opsional dan harus ditebus dengan penambahan biaya.

Mesin standar yang dipakai adalah versi 2.3 liter bertenaga 135 hp, sedangkan versi opsional V6 dengan hasilan tenaga 200 hp.

Baca juga: Perjalanan Honda Accord, Dari Hatchback Sampai Mesin V6 (Bagian 1)

Honda Accord Coupe untuk pasar Amerika

Generasi VII (2002-2008)

Pada generasi ini, Accord mendapatkan mesin yang lebih bertenaga lagi di hampir semua varian. Bahkan tipe yang paling rendah mendapat mesin yang menghasilkan tenaga 160 hp. Pabrikan juga membekali dengan mesin V6 VTEC 3.0 liter yang menghasilkan tenaga 240 hp.

Pada saat generasi ketujuh memasuki siklus hidup, dibekali mesin yang lebih bertenaga. Mesin V6 disuntikkan dengan tenaga 253 hp. Untuk pertama kalinya, konsumen bisa memesan coupe bermesin V6 dengan girboks manual.

Generasi VIII (2008-2012)

Pabrikan melakukan diferensiasi tampilan pada Accord versi sedan dan coupe. Dimensi bodi dibikin melar, tenaga yang dihasilkan mesin V6 didongkrak menjadi 268 hp dan disediakan girboks tiga pedal. Oleh EPA dimasukkan dalam segmen sedan besar (fullsize) dan varian model diperlebar dengan fasback Crosstour pada tahun 2010. Versi fastback Crosstour sedikit agak aneh, mobil jadi terlihat berpunuk dan dua inci lebih lebar dari versi seda. Bobotnya pun bertambah 136 kilogram dibandingkan sedan.

Baca juga: Begini Perubahan-Perubahan Penting Pada Honda Accord Terbaru

Generasi IX (2013 – 2017)

Accord tampil lebih segar dibandingkan generasi sebelumnya, tapi bukan desain masa depan. Mode pengendaraan pada versi sedan mendapatkan tambahan Sport dengan transmisi manual 6-speed sebagai standar. Model mesin bensin empat silinder segaris mendapat tambahan tenaga dengan dual knalpot dan velg bespoke.

Melahirkan versi hybrid dengan rating EPA dengan konsumsi BBM untuk mesin 4 silinder 20,4 km/liter.

Baca juga: Video mewah dan Canggihnya All-New Honda Accord Turbo

Generasi X (2017-Present)

Model coupe dan mesin V6 dihapuskan. Varian terbawah dibekali mesin 1.5 liter turbo dengan hasilan tenaga 192 hp. Jika mau tinggi lagi, bisa pilih mesin 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 252 dan mesin hybrid bertenaga 212 hp. Untuk model Accord elektrifikasi memiliki angka konsumsi BBM 20,4 km/liter.

Meskipun dimensinya lebih melar dibandingkan generasi 9, bobotnya lebih enteng 50 – 80 kg dibandingkan generasi sebelumnhya. Tapi itu tergantung pada varian yang dipilih. Entengnya bobot disebabkan oleh pemakaian material alumunium dan baja ultra-high strength. (Tamat)

Sumber: www.motor1.com

EKA ZULKARNAIN

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Grup Astra Berpartisipasi Pada Pelepasan Eskpor Dipimpin Presiden Joko Widodo

JAKARTA, carvaganza -  Grup Astra pada hari ini, Jumat (4/12) ikut berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke pasar global yang dipimpin Presiden...

Beli Peugeot Bulan Desember, Dapat Voucher Belanja Plus Cicilan Ringan

JAKARTA, Carvaganza -- Desember identik dengan musim liburan. Pengujung tahun 2020 juga menjadi waktu bagi para agen pemegang merek memberikan panawaran istimewa untuk konsumen,...

Lebih dari 8.000 Peserta Ramaikan Kompetisi Balap Virtual Honda Brio

JAKARTA, Carvaganza -- Mobile game berbasis android bertajuk Brio Virtual Drift Challenge digelar PT Honda Prospect Motor (HPM) pada September 2020 lalu. Untuk menambah...

Shell Terbitkan Buku 10 Tahun Partisipasi Indonesia di Shell Eco-marathon

JAKARTA, Carvaganza -- Shell memberikan sarana bagi anak muda dalam berkreasi dan berinovasi. Salah satunya melalui Shell Eco-marathon (SEM) Asia dan juga Drivers’ World...

Ichan Chaniago Terpilih Jadi Ketua Umum Baru AXIC 2020-2020

JAKARTA, Carvaganza - Komunitas otomotif besar di Indonesia, AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC), memiliki ketua umum baru di ujung tahun ini. Melalui pemilihan ketua umum...