Beranda Updates Penting, Ini Fungsi dan Cara Mengatur Posisi Kaca Spion

Penting, Ini Fungsi dan Cara Mengatur Posisi Kaca Spion

daihatsu giias 2019

JAKARTA, 16 April 2019 – Satu hal penting – bahkan terpenting — saat berkendara adalah visibilitas atau pandangan yang baik. Kita sebagai pengendara harus memiliki pandangan yang luas dan jelas tak hanya ke depan tapi ke sekeliling kendaraan.

Pandangan pengemudi ke depan mungkin bukan hal sulit karena posisi duduk dan kaca depan yang lebar. Bagaimana dengan bagian samping dan belakang kendaraan? Hal inilah yang kemudian membuat mobil dilengkapi dengan spion. Meski begitu, banyak yang meremehkan pengaturan kaca spion yang baik.

Pengaturan kaca spion yang sesuai dengan pandangan kita sangat dibutuhkan. Meski sudah dibantu spion, masih ada bagian yang tidak tercover oleh padangan yang disebut blind spot.

Ruang yang tidak terlihat ini bisa diminimalisir dengan pengaturan tiga kaca spion mobil bagi di daalam (inside mirror) maupun dia spion di samping kiri dan kanan (side-view mirror).

Lakukan itu sebelum mulai berkendara. Untuk spion dalam atur sedemikian rupa sehingga Anda bisa melihat seluruh kaca belakang dari tempat duduk Anda. Usahakan Anda cukup melihat dengan lirikan mata, tanpa harus menggerakkan kepala.

Untuk spion samping, atur sehingga Anda bisa melihat sebagian bodi kendaraan serta jalan dan kendaraan lain yang ada di area belakang. Usahakan pandangan untuk bagian jalan lebih banyak dibandingkan bagian bodi kendaraan.

Terakhir, biasakan untuk mengecek ketiga spion tersebut saat berkendara, dengan durasi sekitar 5 detik. Hal ini diperlukan untuk mengetahui situasi di sekeliling kendaraan Anda.

Semoga bermanfaat…

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza