Penjualan Toyota Naik 12,1 Persen Sepanjang 2022, Segmen Elektrifikasi Naik Pesat

Test Drive Toyota Kijang Innova Zenix

JAKARTA, Carvaganza - Sepanjang 2022, PT Toyota Astra Motor (TAM) melaporkan hasil penjualan sebanyak 331.410 unit untuk wholesales nasional. Angka tersebut diikuti peningkatan sebesar 12,1 persen dibandingkan 2021. Selain tetap memimpin pasar roda empat di Indonesia, ada peningkatan yang disumbang oleh segmen baru.

KEY TAKEAWAYS

  • Toyota Astra Motor melaporkan peningkatan penjualan sepanjang 2022

    Meraih total penjualan 331.410 unit, diikuti tumbuhnya segmen elektrifikasi
  • Paling menarik, segmen elektrifikasi juga meningkat pesat hingga 130 persen dari capaian 2021 yang ada di level 1.935 unit. Toyota meraih wholesale model elektrifikasi lebih dari 4.463 unit. Model elektrifikasi mereka didukung beragam model hybrid serta model battery electric vehicle (BEV) lewat bZ4x yang hadir di akhir tahun.

    Henry Tanoto, Vice President PT TAM mengungkapkan, Toyota merasakan dampak positif dari membaiknya ekonomi nasional yang berimbas pada peningkatan daya beli masyarakat. Pihaknya bersyukur dapat mempertahankan tren posisif sepanjang 2022 dengan capaian lebih dari 331 ribu unit.

    Velozense

    "Kami berharap, tren ini terus berjalan ke arah positif sehingga Toyota dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian, sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam," ucap Henry dalam keterangannya, Selasa (24/1/2023).

    Baca Juga: Nissan Ingin Bawa Ariya ke Indonesia, Segini Perkiraan Harganya

    Soal model terlaris, lagi-lagi segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) masih merajai pasar meski dibayangi maraknya model Sport Utility Vehicle (SUV). Avanza yang teratas, berhasil mencapai 60.619 unit. Capaian ini meningkat 49 persen dibanding periode yang sama 2021 di angka 40.777 unit. Angka tersebut belum termasuk dengan Veloz yakni sebesar 32.022 unit. Ini membuat total Avanza dan Veloz digabungkan menjadi 92.641 unit.

    Model lain yang berkontribusi adalah Kijang Innova Zenix. Model terbaru ini berhasil mencatatkan angka 46.933 unit, gabungan dengan model lawas Kijang Innova sepanjang 2022 lalu. Segmen MPV sendiri berkontribusi sebesar 57,6 persen untuk Toyota sepanjang tahun lalu.

    Selain segmen MPV, Toyota juga mendapatkan kontribusi dari segmen SUV. Model Rush masuk dalam tiga besar model terlaris dengan kontribusi sebesar 44.991 unit sepanjang tahun lalu. Selain itu, Toyota tahun lalu juga menghadirkan model dan brand Gazoo Racing untuk para penggemar motorsport. Secara angka, rata-rata komposisi penjualannya mencapai 72 persen.

    Toyota bZ4x

    Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM, mengungkapkan angka penjualan Toyota tahun lalu cukup merefleksikan kultur masyarakat Indonesia. Kemampuan akomodasi barang dan orang dari MPV menjadi favorit. Selain itu ada kendaraan elektrifikasi yang mengalami peningkatan signifikan, salah satunya berkat kehadiran Kijang Innova Zenix hybrid.

    "Hasil ini tentu menjadi basis bagi Toyota untuk melakukan pengembangan teknologi yang selaras dengan kebutuhan masyarakat serta lebih ramah lingkungan," ucap Anton.

    Program Menarik di Awal Tahun dan Layanan T-Care

    Toyota mempersiapkan beragam program menarik untuk menumbuhkan pasar otomotif di kuartal pertama 2023. Calon konsumen Avanza, Veloz, Rush dan Kijang Innova Zenix memiliki opsi menggunakan Toyota Spektakuler Package dan berhak mendapatkan benefit free insurance 2 tahun senilai Rp16 juta. Selain itu ada juga low rate package dengan bunga 0 persen. Khusus calon konsumen Innova Zenix non hybrid, terdapat tawaran program spesial low rate dengan bunga hanya 2,77 persen.

    Toyota juga menawarkan program peace of mind bagi konsumennya lewat T-Care. Program ini sudah berlaku sejak Juli 2022 lalui dimana konsumen mobil baru mendapatkan beberapa keuntungan.

    Ada bebas biaya jasa dari servis berkala kedua sampai ketujuh dengan maksimal waktu 3 tahun atau 60.000 kilometer. Ada bebas biaya suku cadang untuk waktu dan jarak yang sama, serta ada tambahan extended warranty selama 1 tahun atau 20.000 kilometer. Ini membuat konsumen mendapatkan garansi hingga 4 tahun atau 120.000 kilometer. Program ini dikenakan pada seluruh model Toyota dengan pembelian mulai Juli 2022.
    (SETYO ADI / WH)

    Baca Juga: Modifikasi Daihatsu Copen, Kei Car Roadster Jadi Off-Roader

    Featured Articles

    Read All

    Mobil Toyota Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature