Beranda Updates Nissan GT-R Termahal Akhirnya Siap Diproduksi Tahun Ini

Nissan GT-R Termahal Akhirnya Siap Diproduksi Tahun Ini

MONCALIERI, Carvaganza.com – Dua tahun setelah diperkenalkan sebagai konsep, akhirnya Nissan GT-R 50 akan benar-benar diproduksi tahun ini. Model ini akan menjadi versi termahal dari GT-R, yang diciptakan untuk rayakan anniversary dari sang ‘Godzilla’.

Nissan dan styling house Italdesign berkolaborasi dalam proyek GT-R 50 ini, yang pertama kali diperkenalkan pada pertengahan 2018 lalu. Terbatas hanya sebanyak 50 unit mobil ini akan diproduksi oleh Nissan dan Italdesign, menandakan 50 tahun usia GT-R.

Menjadi versi tertinggi dari GT-R racikan Nismo, GT-R 50 ditawarkan dengan harga mulai € 990.000 atau setara dengan nyaris Rp 16 miliar. Praktis, mobil ini menjadi GT-R termahal yang pernah dijual sepanjang sejarah produksinya.

Setiap unit dari GT-R 50 akan memiliki sentuhan tampilan dan personalisasi yang berbeda, sehingga bisa dibilang tidak akan ada GT-R 50 yang sama dengan lainnya. Kabarnya sudah banyak calon pemilik yang booking mobil ini ke Italdesign, yang juga beranjak ke usia 50 tahun.

Lebih Agresif

Berbasis GT-R generasi terakhir, Italdesign merombak sportscar flagship Nissan ini menjadi lebih sangar dan agresif, jauh dari tampang aslinya. Secara dimensi GT-R 50 lebih lebar, panjang dan ‘ceper’ dari versi standar, dengan atap yang 54 mm lebih rendah.

Bukan sekadar estetika, ubahan ini dimaksud demi semakin maksimalkan aerodinamika GT-R 50 sebagai mesin kecepatan di atas aspal. Selain fascia depan yang ditingkatkan aliran udara dan sistem pendiginnya, bagian belakang juga diberikan sayap adjustable.

Logo pada sisi depan side skirt menandakan identitas dari GT-R 50 yang ubahan desainnya mengarah ke futuristik. Internal mesin pun mendapat peningkatan dari turbocharger spek balap, intercooler lebih besar, dan setelan ulang crankshaft, piston, bearing, conrod dan knalpot.

Mesin

Alhasil, mesin V6 3.8 liter turbo bawaan GT-R Nismo membengkak performanya menjadi bertenaga 710 hp dan torsinya 779 Nm. Namun untuk saat ini belum diketahui secepat apa GT-R 50 bisa berakselerasi untuk 0-100 km/jam.

Awalnya, Italdesign akan memamerkan versi produksi GT-R 50 untuk Geneva Motor Show 2020, Maret lalu, yang akhirnya pameran dibatalkan. Namun sebelumnya, mereka sudah lebih dulu melakukan shakedown dan sesi dokumentasi di Sirkuit Tazio Nuvolari, Italia.

“Ini adalah hari yang sangat istimewa setelah pekan-pekan sangat sulit untuk semuanya,” ujar Jörg Astalosch, CEO Italdesign. “Setelah kami harus meninggalkan world premiere di Geneva Motor Show, dan setelah penghentian sebagian kegiatan produksi kami karean Covid-19, pada awal Mei kami telah kembali beropasi 100% dan bisa memastikan pengiriman mobil pertama antara akhir tahun ini dan awal 2021, sesuai rencana.”

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Rolls-Royce Ghost Extended Meluncur, Penambahan Dimensi Dibungkus Kemewahan

GODWOOD, Carvaganza.com - Belum genap sebulan sejak resmi diluncurkan, Rolls-Royce merilis model tambahan untuk Ghost. Yakni Ghost Extended dengan  penambahan dimensi panjang untuk memberikan...

Peugeot 508 PSE Mendebut, Versi Performa Berjantung Plug-in Hybrid

PARIS, carvaganza.com - Peugeot telah merilis model paling bertenaga dalam jajaran produknya. Adalah 508 Peugeot Sport Engineered (PSE) yang merupakan hasil besutan divisi performa...

50 Tahun Mitsubishi Motors, Ini Kata Brand Ambassador Mereka

JAKARTA, Carvaganza -- Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merayakan usianya yang ke-50 tahun ini. Artinya MMC sudah diresmikan sejak 50 tahun lalu, meski Mitsubishi sendiri...

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...