Beranda Features Nissan 370Z Terjual Rp 1,4 Miliar, Ini Keistimewaannya

Nissan 370Z Terjual Rp 1,4 Miliar, Ini Keistimewaannya

ARIZONA, Carvaganza.com – Sejarah dan nilai kadang-kadang bisa mendongkrak harga sebuah benda dengan harga yang mencengangkan. Contohnya Nissan 370Z ini. Mobil yang dijual USD 35.000 atau sekitar Rp 475 jutaan, terjual tiga kali lipat. Nissan 370Z ini terjual di angka USD 105.600, atau sekitar Rp 1,4 miliar di rumah lelang Barrett-Jackson Scottsdale Auction di Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat.

Apa penyebabnya? Ternyata ada nilai lain. Wajar saja harganya melambung, lantaran mobil ini adalah bagian dari pelelangan 21 koleksi kendaraan mendiang Paul Walker.

Nominal sebanyak itu terbilang fantastis untuk menebus sport car Nissan dari 2009. Secara umur belum bisa dibilang klasik. Pun kalau melihat dari faktor kelangkaan, dia belum memenuhi aspek itu. Namun, mobil satu ini memang spesial lantaran pernah ikut berlaga di seri ke-5 film Fast and Furious : Fast Five. Ia merupakan tunggangan tokoh Gisele Yashar – diperankan oleh Gal Gadot.

Dalam film, 370Z ini mengenakan busana berbeda. Add on bumper dan side skirt dibuat lebih menyolok. Kap mesin serat karbon dan pelek hitam menyudahi sentuhan modifikasi. Lain cerita kala berada di tangan Paul Walker. Eksekusi seakan lebih dewasa dengan permainan body kit sederhana. Pelek Volk Rays TE37 menjadi pilihan aman dalam mendongkrak tampilan. Juga pada permukaan kulit, diisi lebih banyak stiker sponsor. Sarat tampilan balap.

Baca juga: Kupas Dua Varian All New Nissan Serena
Baca juga: Simak Paparan Mercedes-Benz C-Class Termurah

370Z Termahal

Meski berlenggok bak punya tenaga besar, pada kenyataannya 370Z hanyalah properti film. Intercooler di bumper cuma sebatas hiasan. Unit Naturally Aspirated 3.7 liter V6 pun dibiarkan standar, sanggup gelontorkan 332 hp. Dibantu girboks manual enam percepatan sebagai penanggung jawab logistik daya ke roda belakang.

Kalau bicara soal harga, unit ini menjadi 370Z termahal yang pernah dilelang. Mungkin bisa dibilang mengherankan jika membeli sports car Nissan berumur 11 tahun di harga Rp 1,4 milyar.

Bandingkan dengan harga di pasar seken AS, tak sampai seperlima hasil lelang. Kendati begitu, 370Z ini bisa jadi model termurah untuk sebuah mobil yang pernah mejeng di film Fast and Furious. Ditambah lagi berstatus sebagai bekas koleksi Paul Walker.

Selain Nissan 370Z, tunggangan lain koleksi pemeran Brian O’Connor itu laku di harga fantastis. Seperti lima unit BMW M3 E36 lightweight. Kelimanya berkontribusi sebesar USD 1,2 juta (Rp 16,4 miliar) dari akumulasi penjualan USD 2,3 juta (Rp31,4 miliar). Untuk M3 E36 ini sendiri bisa diwajarkan bila mencatat harga segitu. Konon BMW hanya memproduksi 120 sampai 126 unit.

Ada juga pencetak harga tinggi dalam lelang 18 mobil dan 3 motor. Diantaranya Skyline R32 (USD 100.100), sepasang BMW M3 E30 lansiran 1988 (USD 165.000) dan 1991 (USD 220.000), serta Ford Mustang Boss 302S keluaran 2013 (USD 95.700). Di samping deretan mobil unik, model-model biasa pun turut dilego seperti Ford Bronco era 90an, Ford F150, Audi S4 dan lain-lain.

Sumber: Carscoop

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...

SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

STUTTGART, Carvaganza.com – Suksesnya Taycan sebagai pionir mobil full electric dari Porsche mendorong mereka semakin seriusi segmen baru ini. Salah satu strateginya adalah dengan...

Mengenal Fitur Keamanan Advanced Grip Control Peugeot 3008 dan 5008 SUV

JAKARTA, Carvaganza -- Musim hujan telah tiba. Memasuki musim penghujan, berarti menghadapi berbagai macam kondisi jalan yang sangat berbeda. Berbagai macam kondisi jalan di...
video

VIDEO: First Impressions Toyota Fortuner Facelift Versi Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Di tahun 2020 ini, akhirnya pasar Indonesia juga kebagian versi facelift dari Toyota Fortuner, yang resmi meluncur pada bulan Oktober. New...

MG Motor Indonesia Gandeng 2 Mitra Pembiayaan Baru, Makin Pede Jualan

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia terus bergerak memperkuat posisinya di Indonesia. Setelah mengumumkan penunjukan Donald Rachmat sebagai General Director MG MOtor Indonesia sejak...