NASCAR Kembali Digelar, Begini Protokol Kesehatannya di Sirkuit

DARLINGTON, Carvaganza.com – Kondisi wabah virus Corona di sejumlah negara dunia mulai menunjukkan perkembangan positif, yang memungkinkan digelarnya kembali balapan. NASCAR menjadi ajang motorsport besar pertama yang kembali digelar, akhir pekan lalu. Meski begitu, ada sejumlah prosedur yang dilakukan di sirkuit untuk memastikan kondisi aman.

Setelah selama lebih dari dua bulan vakum karena pandemi, NASCAR resmi Kembali bergulir lewat seri kelima di Darlington Raceway, California, Amerika Serikat. Sebanyak 40 pembalap ikut start dalam balapan yang digelar mengitari sirkuti oval Darlington sebanyak 293 lap.

Namun bukan soal para pembalap dan prosesi balapan yang menjadi perhatian, melainkan terkait protokol dan prosedur pengendalian kesehatan yang dilakukan penyelenggara. Seperti diketahui, Amerika Serikat menjadi negara dengan kasus terinfeksi dan kematian terbanyak di dunia akibat virus Corona.

Lalu hal apa saja yang dilakukan selama akhir pekan tersebut? Pertama, rangkaian seri balap hanya digelar selama satu hari, yaitu Minggu (17/5/2020). Panitia meniadakan sesi Latihan dan kualifikasi yang biasanya dilakukan pada hari Jumat dan Sabtu.


Tanpa Penonton


Balapan sendiri juga digelar tanpa satupun penonton yang hadir di sirkuit oval sepanjang 2,19 kilometer itu. Hal ini yang akan dilakukan juga oleh Formula 1 saat memulai seri pertamanya tahun ini di Austria, rencananya pada awal Juli mendatang. Balap NASCAR yang selalu penuh dihadiri penonton tentu akan sulit untuk mengendalikan dan mencegah penyebaran virus di antara para penonton.

Tidak hanya penonton, lingkungan paddock juga tidak lepas dari kebijakan pembatasan jaga jarak. Motorhome milik seluruh tim diparkir menyebar dalam area yang lebih luas. Garasi tim pun diatur penempatannya agar memberi jarak yang aman untuk aktivitas para mekanik.

Untuk membatasi kepadatan di dalam sirkuit, panitia hanya membolehkan anggota tim penting yang hadir. Mereka juga diwajibkan saling menjaga jarak dan menggunakan masker setiap saat. Jika tidak mematuhi atau ketahuan tidak memakai masker, akan ada hukuman denda yang cukup tinggi.


Liputan Media


Awak media yang hadir di sirkuit bahkan tidak lepas dari pembatasan. Selama aktivitasnya di media center yang dibatasi aksesnya, para jurnalis wajib duduk terpisah dengan jarak dua meter.

Soal kesehatan, setiap tim wajib memonitor kondisi kesehatan setiap anggotanya di dalam sirkuit. Panitia bahkan melakukan pemeriksaan suhu secara acak. Meski begitu, pada saat itu belum ada pemeriksaan khusus COVID-19 dilakukan di paddock NASCAR.

Para pembalap memberikan tribute kepada para petugas medis lokal di mobil mereka, atas jasa mereka dalam menyelamatkan nyawa para pasien yang terdampak pandemi. Nama para petugas medis dipasang menutupi nama para pembalap di badan mobil balap.



Pada balapan yang kembali digelar setelah 70 hari ini, Kevin Harvick dari tim Stewart-Haas berhasil meraih kemenangan. Bahkan saat merayakan kemenangan di Winning Circle, Harvick harus tetap memakai masker yang tentu menutup ekspresi kegembiraannya.

Jika dianggap efektif, kemungkinan besar protokol serupa akan diterapkan juga ajang motorsport lain.

Sumber: Racefans, NASCAR

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda