Beranda Modification Modifikasi Suzuki Jimny, Rally Look ala Anak Medan

Modifikasi Suzuki Jimny, Rally Look ala Anak Medan

Foto-foto: Dok. Pribadi

JAKARTA, Carvaganza.com – Suzuki Jimny ini baru diterima si pemilik, dr. Robby Awaluddin Perangin-angin, pada Februari lalu. Tapi hanya 3 bulan, SUV keluaran Suzuki itu sudah diutak-atik pria asal Medan, Sumatera Utara itu. Mengusung konsep rally, mobil ini mendapat beberapa sentuhan sehingga tampil beda dengan yang lain.

Sejatinya, rupa Suzuki Jimny sudah memikat. Buktinya peminat harus rela menunggu lama lantaran indennya bejibun. Kondisi standar sudah sangat bagus. Robby Awaluddin Perangin-angin menilai masih ada yang kurang dan mentransformasi jadi bergaya rally look. Meski ubahannya sederhana, namun bikin tambah berkelas.

Konsep rally sebenarnya sudah terpancar kuat pada Jimny. Mengingat ini adalah sebuah jip, cocok untuk segala jenis jalan. Mobil yang diterima Robby pada Februari lalu tak lama dalam kondisi standar pabrik. Langsung dimodifikasinya, tapi mampu memberi efek signifikan. “Kenapa dimodifikasi, soalnya ingin beda sama konsep Jimny lain. Konsepnya juga cocok dengan warna bodi. Terlihat makin tangguh, tapi tetap elegan,” terangnya.

Robby pertama kali mengalihkan perhatiannya pada sektor kaki-kaki. Guna mendapatkan tampilan rally, pelek sudah pasti harus diganti. Bawaan pabrik digantikan Takechi C4 Hart berukuran 16 inci yang lebih simpel desainnya. Namun, menguatkan aura sporty dan terkesan lebih muda. Bingkai roda berkelir putih itu dibungkus BFGoodrich tipe all-terrain berspesifikasi 215/70.

Baca juga: Suzuki Siapkan Jimny 5-Pintu, Lebih Besar dan Panjang

Mirip Jimny Lawas

Tetunya ada hal yang tak perlu diracik ulang. Settingan suspensi misalnya, dibiarkan guna menjaga fungsionalitas dan kenyamanan sebagai tunggangan harian. Tapi juga masih optimal ketika diajak melewati jalur semi-offroad untuk bersenang-senang. Untuk menyempurnakan konsep diusung, tak lupa mudflap merah bertuliskan Jimny pada empat chamber digantungkan. Selain mengentalkan gaya mobil balap rally, berfungsi menahan cipratan air atau lumpur dari ban.

Jimny tampil menawan dengan grille bergaya retro mirip versi lawas. Bagian ini jadi sasaran untuk diganti. Grille honeycomb dengan 5 bilah sengaja dilepas, kemudian ditukar dengan grille JDM (Japan Domestic Market) khusus Jimny. Lebih terbuka dan menampilkan tulisan Suzuki tepat di tengah. Terbesit aura klasik.

Baca juga: Suzuki Indonesia Berharap Bisa Produksi Sendiri Jimny

Part JDM

Di depannya terpajang dua foglamp Hella, menegaskan kembali tema Rally Look. Robby tak melukai bodi saat pemasangan. Soalnya lubang untuk menambatkan dudukan lampu sorot itu tersedia di grille. Aksesoris JDM pun kembali terlihat pada buritan. Cover ban serep bercorak hitam kontras dengan bodi dan senada bumper.

“Pakai part JDM karena memang mobilnya dari Jepang. Untuk stiker emas, karena konsep rally identik dengan warna putih, merah dan emas. Jaos sendiri merupakan tuner mobil-mobil 4WD di Jepang,” jelasnya.

Dapur pacu tak diotak-atik. Mesin K15B yang juga dipakai Ertiga dan Carry tetap dibiarkan apa adanya. Setelan pabrik dianggap sudah cukup. Ya, jip ikonik ini diseting Suzuki agar menghasilkan torsi besar untuk kebutuhan off-road. Berkubikasi 1,5 liter dengan konfigurasi 4 silinder, tenaga tertingginya 102 PS yang keluar di 6.000 rpm dan momen puntir 130 Nm pada 4.000 rpm.

Baca Juga: Ubahan Ringan Rally Look, Bikin Suzuki Jimny Tampil Beda

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto