MODIFIKASI: Jeepplane, Mengawinkan Bodi Pesawat PD II, Mesinnya Cherokee

OKLAHOMA, Carvaganza – Ide mobil terbang sudah melayang sejak puluhan tahun lalu. Hadir sebelum mobil bermesin ada. Lalu ketika lahir mobil bermesin, ide itu semakin liar. Bahkan di era modern seperti sekarang, sudah terwujud mobil terbang yang diproduksi massal dan diperjual-belikan.

Ide liar itu sampai merambat ke seorang pria di Negara Bagian Oklahoma, Amerika Serikat. Ia memodifikasi kendaraan yang menggabungkan ide pesawat terbang dengan mobil roda empat. Kami menamakannya Jeep Plane. Mobil ini tidak bisa terbang, melainkan hanya kendaraan yang bodinya mengadopsi badan pesawat terbang. Bodi asli kendaraan didelete abis sehingga tak lagi seperti mobil asli bawaan.

Sang pemilik membuang bodi asli Jeep Cherokee 1979 (SJ), digantikan dengan bodi pesawat Beechcraft Model 18 bermesin kembar (atau disebut juga Twin Beech). Kabarnya pesawat ini adalah eks Angkatan Laut Amerika. Waktu dipasangkan, body Twin Beech ternyata membuat mobil lebih panjang 671 cm (6,71 m). Atau lebih panjang 91 cm dari Rolls-Royce Phatom dan Ford F-150 2021. Atau panjangnya dua kali mobil Honda Jazz, sudah termasuk dengan ekornya yang panjang hampir 3,4 m.

Modifikasi Jeepplane

Asiknya lagi, pada bagian lambung tertulis kata “The Friendship”. Kenapa dinamakan begitu? karena terdapat bangku memanjang paralel seperti di mobil angkot di Indonesia dan mampu menampung banyak orang. Pada bagian dashboardnya, mirip dengan dashboard pesawat terbang dengan beberapa indikator. Bahannya terbuat dari kayu dengan dihias ukiran putri duyung. Bagi sebagian orang bentuk dashboard seperti terlihat aneh, tapi memang terlihat klasik. Sentuhan vintagenya cukup kena, bagi orang yang suka.

Bodi orisinilnya memang sudah diganti dengan badan pesawat Beech, tapi mesinnya tetap pakai bawaan Jeep. Yakni V8 AMC 5.9 liter. Menurut JeepTech.com, mesin tersebut menghasilkan tenaga hanya 175 hp dan torsi 387 Nm dengan konfigurasi two-barrel. Bisa mendapat tambahan 20 hp dan torsi 14 Nm kalau pakai karburator 4-barrel. Interiornya ditata sangat apik sehingga terkesan nyaman, elegan dan cukup lapang.

Jadi kalau berpikiran bahwa mobil ini bisa sekencang pesawat jet, nanti dulu. Sang pemilik sudah menawarkannya di sosial media Facebook dengan harga pembukaan US$ 75.000. Anda bisa mendapatkan mobil dengan rasa pesawat terbang.

Modifikasi Jeepplane

Mengenal Beechcraft Model 18

Pesawat terbang Beechcraft Model 18 (atau dikenal dengan Twin Beech) merupakan pesawat dua mesin dengan sayap model low-wing berkapasitas 6 – 11 tempat duduk. Diproduksi oleh Beech Craft Corporation di Wichita, Kansas, Amerika Serikat. Diproduksi dari tahun 1937 sampai tahun 1969 atau rentang selama 32 tahun. Jumlah total yang diproduksi lebih dari 9.000 unit sekaligus menobatkannya sebagai salah satu pesawat ringan dengan jumlah produksi terbanyak di dunia.

Pada masanya dijadikan pesawat pribadi, kargo, penumpang serta pesawat militer. Ketika pecah Perang Dunia II dan pasca perang, tercatat lebih dari 4.500 unit Beech 18 dijadikan sebagai pesawat untuk kepentingan militer.

Beechcraft Model 18

Jeep Cherokee SJ

SUV besar yang diproduksi oleh pabrikan Jeep dari tahun 1974 sampai dengan 1983. Pengembangannya berdasarkan pada Wagoneer yang awalnya dirancang oleh Brooks Stevens tahun 1963.

Jeep memperkenalkan kembali Cherokee yang sudah didesain ulang dengan bentuk bodi dua pintu, kaca belakang model single-fixed dan model flip-out sebagai opsional. Dipasarkan dengan bahasa marketing station wagon sporty dua pintu. Istilah sport utility vehicle awalnya berasal dari mobil Cherokee tahun 1974, yang tertera di brosur jualan Cherokee. Versi empat pintu mulai diperkenalkan tahun 1977.

Jeep Cherokee SJ 1979

(EKA ZULKARNAIN)

Sumber: thedrive.com

Artikel yang direkomendasikan untuk anda