Dua Desain Kontroversial Bergabung, BMW E60 Ini Pakai Wajah M3/M4 Terbaru

BEIJING, Carvaganza – BMW belakangan ini banyak disorot karena melansir model-model barunya dengan desain kontroversial, yang dianggap tidak menjadi selera bagi mayoritas penggemarnya. Contohnya lewat fascia depan BMW M3-M4 baru dan iX yang punya grille besar, sangat besar. Lalu apa jadinya kalau desain kontroversial tersebut digabungkan dengan desain kontroversial laninya?

Entah apa yang ada di dalam pikiran sang pemilik. Di China, seorang pemilik BMW Seri 5 generasi E60 telah melakukan modifikasi ‘facelift’ bertampang seperti M3/M4. Yap, dua gaya desain BMW paling kontroversial di masing-masing masanya dihadirkan dalam satu mobil. Unit yang mencuri perhatian ini diketahui tengah dijual oleh pemiliknya, melalui marketplace bernama Taobao.

Di satu sisi, usaha sang pemilik satu ini patut diapresiasi dalam hal mempercantik Seri 5 kesayangannya. Namun di sisi lain, ada berapa banyak orang yang berhasil terusik dari penggabungan dua desain kontroversial ini? Apa pun maksudnya, yang jelas sang pemilik berhasil membuat mobilnya ini menjadi pusat perhatian dunia otomotif.

BMW Seri 5 E60 Modifikasi

Seri 5 E60, yang didesain Chris Bangle punya reputasi sebagai salah satu BMW modern yang punya desain ‘nyeleneh’. Digabungkan dengan double kidney grille ekstra besar dari M3 dan M4 terbaru, Carscoops menyebut tampangnya seolah seperti hidung palsu Inspektur Clouseau yang meleleh di film The Pink Panther Strikes Again. Ada juga komentar yang mengatakan kalau wujudnya seperti Ferrari tiruan yang dibuat dari Pontiac Fiero.

Meski menuai banyak kritik, nyatanya modifikasi face swap ini merupakan hasil Garapan rumah modifikasi di China yang memang menawrakan paket khusus. Jadi, sepertinya memang ada kalangan konsumen di sana yang suka dan tertarik dengan desain kontroversial BMW ini. Dari sisi bisnis, tentu bagi si pemilik bengkel menjadi peluang bisnis yang bagus.

Untuk paket modifikasi Seri 5 E60 yang dijual sendiri, diketahui dijual dengan harga 2.500 Yuan atau setara dengan Rp 5,5 juta lebih. Tidak hanya ganti wajah ala M3/M4 terbaru, gaya modifikasi yang tersedia juga ada gaya fascia depan M2 Competition, yang mungkin akan lebih proporsional untuk mata awam.

BMW E60 Facelift G80

Saat lahir pada tahun 2003 lalu, Seri 5 E60 menjadi model BMW yang menuai banyak pro dan kontra di masanya. Gaya desain yang berusaha membuat Seri 5 menjadi lebih cantik ditunjukkan oleh lampu depan yang lentik bagaikan memilki alis. Namun pada generasi ini juga, BMW membuat M5 dengan mesin yang sangat didambakan sampai saat ini, yaitu S85 V10 5,0 liter.

Sementara M3 dan M4 terbaru, dengan kode G80 dan G82, diperkenalkan pada medio 2020 lalu. Gaya desain grille depan yang besar dari i4 dan Seri 4 Coupe terbaru diadopsi ke dua model M-Series ini, dengan adopsi nuansa sport dan agresif. Entah memang suka kontroversi yang berpotensi terkespos banyak atau bukan, desain ini kemudian BMW bawa juga ke crossover listrik iX yang akan dijadikan andalan baru dari BMW i.

Jadi, kalau Anda juga punya BMW Seri 5 E60, apakah akan ikut mengganti wajah seperti paket modifikasi ini?
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda