Beranda Modification Modifikasi Mustang Shelby GT500 Berbodi Serat Karbon Sudah Hampir Jadi

Modifikasi Mustang Shelby GT500 Berbodi Serat Karbon Sudah Hampir Jadi

Foto: www.thedrive.com

MILWAUKEE, Carvaganza.com – Masih ingat kan berita tentang Ford Mustang Shelby yang seluruh bodinya mau ditelanjangi dan diganti dengan serat karbon? Berita ini sudah beredar sejak Mei lalu. Namun waktu itu baru perihal rencana. Classic Restorations dan SpeedKore Performance sebagai modifikator sudah menyebarkan gambar desain mobil tersebut kepada media.

Kalangan automotive enthusiast pasti sudah mengenal nama kedua rumah modifikasi ini. Classic Recretations (CR) dikenal sebagai builder mobil Ford dan Shelby berlisensi resmi, sedangkan SpeedKore Performance (SP) dikenal sebagai modifikator yang senang memodif panel bodi mobil dari serat karbon. Nah, keduanya berkolab untuk memodif Ford Mustang Shelby GT500 dengan membuatkan bodi mobil seluruhnya dari serat karbon. Oleh CR nama mobil tersebut ditambahi dengan Shelby GT500CR. CR mengklaim mobil tersebut sebagai Shelby GT500CR pertama di dunia yang bodinya terbuat dari serat karbon.

Pada September ini, pengerjaan sudah hampir 100 persen jadi. Kedua modifikator sengaja memilih Mustang Shelby GT500 sebagai ‘korban’ karena merupakan mobil ikonik sekaligus kencang. Diburu oleh kolektor mobil klasik dan vintage. Makanya mereka ingin membuat mobil tersebut menjadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.

Baca juga: Aktor Robert Downey Jr Bangun BMW Klasik, Jadi Makin Keren

Baca juga: Hyundai Genesis Coupe Disulap Jadi Baja Runner, Adopsi LS2

Untuk mengerjakan kendaraan lawas tahun 1967 itu, SpeedKore mengawali dengan memindai bodi GT500CR. Setelah itu baru membuatkan model digital 3D. Rencananya, CR dan SP akan membuat 25 unit mobil serupa dan diklaim sebagai mobil limited-edition. Ya jumlahnya terbatas dan ke-25 mobil itu tidak terpaku pada satu brand dan model saja. Menurut kedua modifikator, berkat pemakaian serat karbon pada GT500CR, bobot kendaraan jadi lebih enteng 600 pound (272 kg) dibandingkan dengan vrsi orisinilnya yang memakai panel baja.

Dibalik kap mesin tersimpan mesin V8 Coyote 5.0 liter yang diinduksi oleh supercharge Stage 2 Whipper. Dikawinkan dengan girboks manual 6-percepatan Tremec. Kemudian ditancapkan tubular subframe connector, mengadopsi suspensi jenis per keong adjustable, roll-bar, steering rack hidrolik, rem Willwood dan knalpot performance berbahan stainless-steel keluaran MagnaFlow.

Agar menggelinding mumpuni untuk mengimbangi tenaga yang keluar dari V8 Coyote, dipilih velg tempa American Racing. Dibungkus oleh ban Michelin Z-rated.

Baca juga: Ford Shelby Mustang di Tangan Classic Recreation

Baca juga: Daigo Saito Modifikasi Toyota GR Yaris Bertenaga 1.000 Hp

Biaya modif
Menurut CR, untuk membangun 1 unit GT500CR dibutuhkan waktu 12 sampai 18 bulan. Cukup lama kan? Setelah jadi, mobil akan dikirim ke Shelby American Facility. Di sana akan mendapatkan logo khusus dan coating UV.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk modif seperti ini? Mulai dari US$ 298 ribu dollar, belum termasuk biaya upgrade custom sesuai keinginan konsumen. Kalau upgrade di luar rancangan modifikator, kena charge lagi. Namun tidak disebutkan berapa biaya minimal yang dibutuhkan.

Tapi kalau sudah jadi, Shelby tahun 1967 edisi istimewa ini bisa mengalahkan harga McLaren GT 2020, McLaren 570S bahkan 600LT Spider.

Sumber: www.thedrive.com dan ragam sumber

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Peugeot 508 PSE Mendebut, Versi Performa Berjantung Plug-in Hybrid

PARIS, carvaganza.com - Peugeot telah merilis model paling bertenaga dalam jajaran produknya. Adalah 508 Peugeot Sport Engineered (PSE) yang merupakan hasil besutan divisi performa...

50 Tahun Mitsubishi Motors, Ini Kata Brand Ambassador Mereka

JAKARTA, Carvaganza -- Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merayakan usianya yang ke-50 tahun ini. Artinya MMC sudah diresmikan sejak 50 tahun lalu, meski Mitsubishi sendiri...

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...

Asuransi Astra Salurkan Donasi Beasiswa Rp 300 Juta untuk SLB B Sana Dharma

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi Covid-19 berdampak ke banyak sektor, termasuk dunia pendidikan. Seperti yang dialami SLB B Sana Dharma di Cilandak Barat, Jakarta. Guna...