Beranda Updates Mobil Listrik Pertama Bentley Bukan ‘Sedan Biasa’

Mobil Listrik Pertama Bentley Bukan ‘Sedan Biasa’

Foto-Foto: Rama/Carvaganza

CREWE, Carvaganza.com – Bentley telah menetapkan bahwa mobil listrik pertamanya akan meluncur pada tahun 2025 mendatang. Menyusul waktu peluncuran tersebut, Bentley kemudian memberi kisi-kisi jenis dari calon mobil yang akan diluncurkan tersebut, bukanlah sedan biasa.

Pabrikan mewah asal Inggris itu kini sudah memulai pengembengan konseptual dari calon mobil listriknya. Disebut bukan sedan biasa, maksudnya adalah mobil listrik Bentley akan berupa sedan namun memiliki postur yang tinggi seperti crossover.

Melalui mobil tersebut, Bentley berambisi untuk menjadi pabrikan premium yang paling berorientasi pada keramahan lingkungan dan keberlanjutan di dunia. Ambisi tersebut telah ditunjukkannya dengan meluncurkan mobil berteknologi hybrid pertamanya, pada tahun lalu.

Keseriusan Bentley dibuktikan dengan investasi besar yang ditaruhnya, untuk mengembangkan teknologi baterai. Invetasti ini bertujuan demi menghasilkan baterai yang hemat biaya operasional dan meningkatkan efisiensi kinerjanya.

Untuk mobil listrik pertamanya nanti, Bentley masih akan memanfaatkan teknologi baterai lithium-ion yang ada sekarang, dengan pengembangan lebih maju. Untuk baterai solid hasil buatan Bentley sendiri, diperkirakan baru akan diproduksi pada akhir dekade ini.

Foto: Autocar

Desain

Kembali ke wujud mobilnya, Bentley mengaku akan mengambil arah desain yang mirip dengan Jaguar I-Pace. Mobil tersebut mempertahankan desain dan kenyamanan khas sedan premium, namun dengan tongkrongan lebih tinggi ala crossover. Meski mirip, Bentley menegaskan produknya akan lebih ekstrem.

“Kalau kami akan meluncurkan mobil listrik di pertengahan 2020, maka itu antara harus lebih kecil dari mobil saat ini atau berukuran sama tapi tidak sejajar, dan lebih kecil bukan solusi yang menarik, karena menyiratkan segmen harga yang lebih rendah,” jelas CEO Bentley, Adrian Hallmark dikutip Autocar.

“Prediksinya adalah teknologi baterai akan bergerak maju lagi pada saat itu dan itu akan menempatkan kami pada batas yang menurut kami perlu kami berikan kepada konsumen: jarak tempuh 300-350 mil, atau cukup untuk melaju rata-rata 65 mil/jam selama lima jam.”

“Kami perlu melihat bagaimana kami bisa memberikan mobil yang lebih mulus untuk memaksimalkan aerodinamika untuk memenuhi janji tersebut.”

Konsep EV Perdana

Visi Bentley untuk kendaraan elektrifikasi pertama kali ditunjukkan melalui konsep EXP 100 GT, yang diperkenalkan tahun lalu. Dengan perangai identic Continental GT bertampang futuristik, konsep ini dibekali powertrain, material dan metode produksi yang akan Bentley terapkan.

Powertrain EXP 100 GT mengandalkan empat unit motor listrik yang menghasilkan total tenaga antara 800 hp sampai 1.340 hp. Empat motor listrik tersebut digunakan untuk menggerakkan keempat roda EXP 100 GT.

Interiornya menggunakan kombinasi material kayu alami, kaca, kain dan kulit. Beberapa material dari konsep bahkan sudah diterapkan pada Bacalar bulan lalu, seperti cat dari pigmen beras, kain wol dan kayu sungai.

EXP 100 GT sendiri diciptakan sebagai konsep yang hadir untuk merayakan 100 tahun usia Bentley, yang konsisten menjadi produsen mobil mewah. Untuk di masa mendatang, Bentley sekaligus menargetkan untuk bisa mencapai angka produksi 11.000 sampai 12.000 unit dalam setahun.

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto