Mobil Listrik Lexus UX 300e Meluncur, Premiere Untuk Kawasan ASEAN

JAKARTA, carvaganza -  Kendaraan listrik premium Lexus UX 300e meluncur pada hari ini Rabu (25/11). Diluncurkan secara virtual langsung dari Lexus Menteng Gallery, Jakarta Pusat. Sekaligus merupakan premiere Lexus UX 300e untuk kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Lexus UX 300e ini merupakan mobil fully electric pertama yang dibuat oleh pabrikan premium asal Jepang itu. Namun, UX sendiri sudah memiliki versi hybrid dan dijual juga di Indonesia. Kehadiran Lexus UX electric ini merupakan lompatan bagi elektrifikasi pabrikan ke masa yang akan datang.

Chief Engineer UX 300e Takashi Watanabe mengemukakan crossover tersebut mempersembahkan pengalaman mengendarai kendaraan listrik yang unik bagi Lexus dan juga kepada konsumen. Pabrikan mengklaim bahwa kendaraan BEV (Battery Electric Vehicle) pertama Lexus ini memiliki craftsmanship, build quality dan kesenyapan nomor wahid.

Hal itu merupakan hasil dari experience Lexus dalam hal elektrifikasi selama 15 tahun sehingga mampu menghasilkan kendaraan yang memiliki kualitas tinggi. Untuk menambah kesenyapan mobil, Lexus melakukan riset secara khusus tentang pola-pola noise di BEV. Dari hasil riset itu, pabrikan mengembangkan ban BEV bespoke dan garis fender khusus yang bisa mengurangi kebisingan yang disebabkan oleh batu, percikan air atau pun hempasan pasir



Baca juga: Besok, Lexus Luncurkan Mobil Listrik Pertamanya di Indonesia

Sebagai crossover listrik yang kompak, Watanabe juga mengklaim UX 300e tetap mengedepankan faktor fun to drive. Pengendaraannya sangat dinamis berkat centre of gravity yang rendah yang merupakan karakteristik dari platform UX. Terbantu juga oleh penempatan baterai di bagian bawah bodi kendaraan.

Dalam hal body style, versi listrik tidak berbeda dengan versi hybrid dan juga keluarga UX. Tetap mengadopsi fitur desain khas Lexus seperti signature grille, garis tegas berkarakter dan roofline menyerupai mobil coupe. Daytime running light memiliki desain motif kepala busur yang ditempatkan di bagian atas lampu utama. Sekaligus mempertegas signature huruf L.

Lampu belakang memiliki desain unik yang juga memiliki fungsi aerodinamika. Dengan desain seperti itu bisa mengurangi perubahan tekanan angin sekitar 16 persen. Fungsinya mirip seperti spoiler belakang yang berfungsi mengatur aliran udara kotor di bagian belakang mobil. Efeknya adalah bisa meningkatkan kestabilan bagian belakang kendaraan pada saat menikung.

Baca juga: Toyota Perluas Pilihan Mobil Listrik, Akan Masukkan Lexus UX Electric?



Grille depan bawah dilengkapi juga dengan aerodynamic shutter. Kit ini akan menutup dan membuka secara otomatis tergantung pada kondisi baterai untuk mengurangi koefisien drag (COD) menjadi 0,31. Kalau aliran udara yang masuk cukup kencang karena laju kendaraan cepat, shutter akan menutup untuk mengoptimalkan aliran angin yang masuk lewat grille. Cover di bagian kolong mobil di perbesar daan permukaan dasar baterai dibuat flat dan halus sehingga struktur kolong mobil juga memiliki fungsi aerodinamika.

Dalam hal powertrain, UX 300e ini menggunakan baterai Lithitum-ion berkapasitas 54,35 kWh. Menghasilkan tenaga 201 hp dan tors 300 Nm. Dalam sekali pengecasan, kendaraan ini bisa menempuh jarak 300 km.

Untuk safety features,  Lexus UX 300e dilengkapi  8 SRS Airbags  Blind Spot Monitor sebagai indikator yang akan menyala di kaca spion untuk sudut yang tidak terlihat, juga Panoramic View Monitor yang dapat memperlihatkan semua sisi Lexus UX 300e di layar depan dan All-Around Parking Sensors untuk mempermudah manuver saat parkir atau ketika menyusuri jalan sempit.

Juga dilengkapi  Lexus Safety System+, yaitu teknologi active
safety yang dikembangkan untuk mendukung pengemudi dan mengurangi potensi dan dampak kecelakaan. Lexus Safety System+ memiliki 4 fitur utama yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) dan Adaptive High Beam System (AHS).

Sebagai mobil listrik pertama dari Lexus, khusus untuk Lexus UX 300e Lexus Indonesia menyediakan 8- Year Complete Warranty tanpa batas kilometer yang tentunya mencakup baterai. Selain itu, Lexus UX300e juga akan mendapatkan 5 Years Free Service & Parts tanpa batas kilometer untuk kenyamanan para
pelanggan. Kalau mau mendapatkan mobil ini siapkan saja Rp 1,245 milyar on the road Jakarta.



EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda