Besok, Lexus Luncurkan Mobil Listrik Pertamanya di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Lexus siap menyambut era barunya di Indonesia, untuk akan masuk ke segmen elektrifikasi. Model full electric akan diluncurkan oleh Lexus di Indonesia, yang juga menjadi debut untuk wilayah Asia Tenggara. Elektrifikasi penuh akan diawali lexus di Indonesia melalui model SUV / crossover.

Redaksi kami telah menerima sebuah undangan dari Lexus Indonesia, yang merupakan bagian dari keluarga PT Toyota-Astra Motor (TAM). Dalam undangan, dikatakan peluncuran akan digelar pada hari Rabu, tanggal 25 November 2020. Tampak siluet sebuah model SUV muncul di dalam lembar undangan digital, lengkap dengan garis spindle grille yang khas.

“The First-ever All Electric Lexus” disebutkan di dalam undangan tersebut. Yang jika mengacu pada line up global mereka, yang dimaksud adalah Lexus UX. Di antara seluruh varian berelektrifikasi di line up Lexus, hanya UX 300e yang menjadi model full electric. Pada model lain, baru menyediakan varian berteknologi hybrid, baik model hatchback, SUV/crossover, maupun sedan.

Dengan akan diluncurkannya UX 300e, artinya Lexus akan melengkapi rangkaian varian dari SUV paling kecilnya ini sejak hadir pada 2018 lalu. Dalam line up saat ini, UX tersedia dalam tiga varian yaitu UX 200 Luxury, UX 200 F Sport, dan UX 250h (hybrid). Tentunya ini akan menjadi terobosan tersendiri bagi Lexus, apalagi Toyota di Indonesia.

Lexus UX Electric


Di kelasnya, SUV premium entry-level, hanya UX yang punya dan menawarkan varian full electric. UX bersaing dengan BMW X1, Mercedes-Benz GLA, dan Audi Q3 di segmennya. Ketiga model dari pabrikan Jerman tadi belum memiliki varian full electric. Bahkan, UX 300e juga akan menjadi produk full electric pertama yang PT TAM tawarkan untuk pasar Indonesia, baik merek Toyota dan Lexus.

Jika melihat data spesifikasi UX 300e yang ada di negara lain yang sudah mengedarkannya, ada dua spesifikasi berbeda ditawarkan. Sistem powertrain listrik yang tersedia antara motor listirk bertenaga 80 kW atau 150 kW. Dua angka output tersebut masing-masing setara dengan tenaga 107 hp dan 201 hp. Kedua spesifikasi tadi sama-sama mengandalkan baterai lithium-ion berkapasitas 54,3 kWh.

Nama UX yang dipakai oleh Lexus sendiri berasal dari singkatan “Urban Explorer”. Artinya, SUV yang berbagi basis dengan Toyota C-HR ini lebih ditujukan sebagai kendaraan untuk mengarungi hutan beton alias jalanan perkotaan. Desain keseluruhan UX juga cenderung bergaya sporty dan dinamis, bahkan mirip hatchback yang bersuspensi jangkung. Namun, UX dilengkapi juga oleh rangkaian fitur keselamatan yang dikemas dalam Lexus Safety Standard+ 2.0.

Lexus UX


Menarik menantikan berapa banderol yang dipasang Lexus Indonesia  unutk UX 300e. jika melihat line up saat ini, varian terbawah UX ditawarkan dengan harga Rp 885 juta, untuk UX 200 Luxury bermesin 2,0 liter. Sementara untuk trim lebih sporty, UX 200 F Sport, punya label Rp 925 juta. Kita tunggu saja jawabannya besok.

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda