Mobil Elektrifikasi Toyota Jadi Armada Antar Jemput Hotel Mewah di Bali, Termasuk Innova Listrik

Menjadi kerjasama antara Toyota dan The Stones Hotel dalam sediakan layanan mobilitas ramah lingkungan.

Toyota xEV The Stones Hotel Bali

BALI, Carvaganza - Layanan antar-jemput eksklusif dihadirkan The Stones Hotel-Legian Bali, Autograph Collection dengan berkolaborasi bersama PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Saat ini, layanan tengah memasuki tahap uji coba menggunakan mobilitas elektrifikasi (xEV) brand asal Jepang ini.

Langkah tersebut merupakan bagian untuk mendukung perwujudan target Pemerintah Indonesia mencapai Net Zero Emission (NZE). Di mana Bali, sebagai destinasi wisata dunia diharapkan dapat menjadi pionir untuk mencapai target NZE lebih awal, dari 2060 menjadi 2045.

Layanan akan mengantarkan dan menjemput pengunjung antara Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan The Stones Hotel. Deretan modelnya mulai dari Kijang Innova Battery Electric Vehicle (BEV), Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Yaris Cross Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Pengujian sendiri telah diinisiasi sejak Februari 2024. Kolaborasi ini pun terbilang menarik, lantaran Kijang Innova BEV yang merupakan hasil konversi dari model konvensional ikut beroperasi. Padahal unit belum dipasarkan oleh Toyota.

Baca Juga: Chery Resmikan Dealer Ke-27 di MT Haryono, Punya Fasilitas 3S

“Kami senang bisa merintis solusi transportasi berkelanjutan di Bali, bermitra dengan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia untuk meluncurkan airport shuttle dengan beragam teknologi kendaraan elektrifikasi. Kami tidak hanya memberikan pengalaman perjalanan mewah kepada para tamu, namun juga mengurangi jejak karbon kolektif kita bersama,” ucap Franklyn Kocek, General Manager The Stones Hotel – Legian Bali dalam keterangan resminya.

Adapun untuk menikmati layanan dikenakan tarif antara Rp350.000 hingga Rp375.000++ per kendaraan dan per perjalanan. Unit dapat menampung hingga tiga orang dewasa dan empat buah bagasi.

Toyota xEV The Stones Hotel Bali (1)

Guna mendukung kolaborasi ini, The Stones Hotel turut menjalankan kampanye bertajuk ‘Let’s Get Electrified’. Ini menjadi seruan untuk mengajak para pengunjung dan masyarakat untuk menjadi bagian dari gerakan global demi menuju transformasi pariwisata hijau dan berkelanjutan di Bali.

Menanggapi kolaborasi, Presiden Direktur TMMIN Nandi Julyanto mengatakan pihaknya tak hanya ingin menawarkan kendaraan ramah lingkungan, tapi juga menciptakan pengalaman unik. Sekaligus merasakan berbagai solusi mobilitas melalui xEV.

“Dengan pendekatan multi-pathway kami, kami bertekad untuk membangun ekosistem yang berkelanjutan dan adaptif, memastikan bahwa masa depan mobilitas tidak hanya efisien, tetapi juga inklusif termasuk untuk area pariwisata seperti Bali,” kata Nandi.

Terkait penggunaan Kijang Innova BEV, Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam mengungkapkan model tersebut telah menjadi tonggak penting dalam menjelajahi kemungkinan dan potensi solusi mobilitas berkelanjutan. Pengetesan Innova BEV sejak Februari 2024 telah mencapai 80 ribu km melalui berbagai jalan di kawasan pulau Jawa & Bali. Mereka pun telah berhasil mengidentifikasi masalah teknis serta penanggulangannya.

Uji coba pun dilanjutkan untuk mencapai jarak 100 ribu km. Nantinya hasil tidak hanya bermanfaat untuk mendapatkan temuan dan kebutuhan perbaikan teknis, tapi juga memberikan wawasan bagi pengembangan kompetensi khusus para insinyur lokal.

Lebih lanjut dalam mendukung transformasi pariwisata hijau di Bali, Toyota juga menginisiasi program Sustainable Mobility Advancing Real Transformation (SMART) di Ubud sebagai wilayah wisata premium. Aktivitas telah dilaksanakan sejak September 2023 hingga Mei 2024 oleh Toyota Mobility Foundation (TMF).
(MUHAMMAD HAFID / WH)

Baca Juga: Hypercar EV Buatan Jepang Ini Pecahkan Rekor Top Speed Milik Rimac

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Toyota Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature