Mitsubishi Eclipse Cross, SUV Premium dengan Harga di Bawah Rp 500 Juta

JAKARTA, Carvaganza -- Selain New Pajero Sport, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) memiliki model SUV (Sport Utility Vehicle) lainnya yaitu Eclipse Cross. Diposisikan di bawah Pajero dan di atas Outlander, versi Cross ini punya modal untuk bertarung di segmen medium SUV. Entah kenapa nama ini tak terlalu banyak terdengar.

Dilansir laman resmi MMKSI, Eclipse Cross yang dijual mulai Rp 488,75 juta dengan pilihan warna Hitam, Putih, dan Merah. Harga yang cukup menjanjikan. Tampilannya tak kalah tampan dibandingkan pesaing sekelas. Berbeda dengan rival yang kuat dengan tampilan SUV, Eclipse Cross mengusung gaya coupe.

Bagian depan, sepintas mirip Mitsubishi Xpander. Meski, lampu utamanya -- yang sudah menerapkan Projector LED -- tetap berada di bagian atas. Garis muka dibikin tajam, sesuai rancang bangun Dynamic Shield yang menjadi ikon Mitsubishi Motors. Sedangkan di bagian belakang, Tailgate Window bergaya coupe membuat kaca seolah terbagi dua namun tidak mengurangi visibilitas pengendara.

Power Panoramic Sunroof juga disematkan, dengan double sunroof yang dapat terbuka keluar untuk meninggalkan kesan kabin yang lebih luas. Menariknya, masing-masing sunroof dapat dioperasikan secara terpisah sehingga pengendara dan penumpang dapat menikmati masuknya sinar matahari dan udara.

Mitsubishi Eclipse Cross

Interior

Sementara untuk interiornya, Eclipse Cross menggunakan genuine leather alias kulit berwarna hitam dengan garis aksen jahitan berkelir oranye. Terdapat rear seat adjustment untuk menambah kenyamanan pengguna ketika banyak membawa barang.

Mitsubishi menyematkan teknologi Head Up Display yang menampilkan informasi kecepatan, RPM, serta advance feature jika diaktifkan, dengan warna penuh di atas Multi Information Display (MID). Pengendara dapat menyesuaikan kecerahan gambar dan tinggi layer sesuai preferensi untuk kemudahan saat berkendara. SUV itu juga dilengkapi Touchpad Controller untuk mengatur Smartphone-Link Display Audio hanya dengan sentuhan jari pada Touchpad yang terletak di samping tuas transmisi.

Mitsubishi Eclipse Cross

Mesin

Mitsubishi Eclipse Cross di Indonesia, ditawarkan dengan satu varian mesin. Di balik bonet, tersimpan mesin bensin 1.5L Turbocharged, direct fuel injection, integrated exhaust manifold cylinder head, sodium-filled exhaust valve dari MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system).

Mesin dengan kode 4B40 ini mampu menghasilkan lontaran daya maksimal 163 PS pada 5.500 rpm dan momen puntir 250 Nm pada 1.800 rpm hingga 4500 rpm. Untuk melaju dari titik nol hingga 100 km/jam hanya dalam tempo 9,3 detik.

Sementara bagian penyaluran daya, dikombinasikan dengan transmisi INVECS-III CVT 8 spees sport mode yang mendukung efisiensi bahan bakar dan akselerasi. Tersedia juga paddle shift untuk pemindahan gigi secara manual.

Saat mengemudi di jalan hebas hambatan, fitur Adaptive Cruise Control pada Eclipse Cross bisa membebaskan pengemudi dari pedal gas dan rem, karena mobil bisa menyesuaikan kecepatan dengan kondisi lalu lintas. Saat Adaptive Cruise Control diaktifkan pada kecepatan tertentu, maka mobil akan menjaga kecepatan dengan kendaraan di depannya tanpa harus menekan pedal gas dan pedal rem.

Mitsubishi Eclipse Cross

Fitur Keamanan

Urusan fitur keamanan, Eclipse Cross termasuk lengkap. Ia mendapat 7 SRS Airbags, terdiri front airbag, side airbag, curtain airbag, dan knee airbag untuk melindungi pengendara dan penumpang jika tabrakan. Dibekali juga dengan Forward Collision Mitigation System (FCM) yang mencegah benturan ketika ada objek di depan mobil yang berhenti mendadak berkat deteksi dari kamera dan radar laser.

Tersedia juga Active Yaw Control (AYC) yang akan mengoptimalkan kekuatan rem, sehingga mobil tetap terkontrol bahkan saat kondisi jalanan licin dan basah. Keamanan juga dapat lebih dimaksimalkan saat kondisi jalanan licin dengan adanya fitur Active Stability & Traction Control (ASTC) yang secara otomatis mengontrol laju mobil ketika sedang bermanuver agar tidak mudah tergelincir.

Hill Start Assist (HSA) yang mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik saat akan melaju di jalan menanjak sehingga mobil tidak bergerak mundur dan mencegah terjadinya tabrakan dengan kendaraan di belakang mobil.

Eclipse Cross memiliki Ultra Misacceleration Mitigation System (UMS) yang mencegah mobil melaju ketika pedal gas secara tidak sengaja terinjak ketika sedang parkir.

Berbagai bekal ini mengantar Eclipse Cross mencatat nilai apik dalam uji tabrakan ASEAN NCAP (New Car Asessment Program). Ia mendapat predikat bintang lima dengan total skor 91,05 poin, antara lain kategori Perlindungan Orang Dewasa (Adult Occupant Protection) 48,81 poin, kategori Perlindungan Penghuni Anak (Child Occupant Protection) 22,11 poin dan 20,14 poin untuk kategori Safety Assist Technologies. (RAJU FEBRIAN)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda