Mesin Waktu DeLorean DMC-12 Siap Lahir Kembali Tahun Ini?

TORINO, Carvaganza – Film Hollywood tidak jarang membuat mobil-mobil yang hadir di dalamnya ikut menjadi bintang yang dikenang oleh masyarakat dunia. Salah satu mobil paling ikonik dari film adalah DeLorean DMC-12 yang menjadi mesin waktu di trilogi “Back to The Future”. Tanda-tandanya, mobil ini akan dilahirkan kembali dalam waktu dekat.

Sosok yang sangat identik dengan DMC-12 dirilis dalam sebuah teaser oleh Italdesign, builder mobil bermarkas di Italia. Lewa laman Facebook milik mereka, sebuah foto teaser menunjukkan siluet sesosok mobil berpenampilan layaknya DMC-12. Tidak tanggung-tanggung, teaser menunjukkan langsung desain pintu gullwing dan logo DMC (De Lorean Motor Company) di badan mobil.

Ditengarai, peluncuran kembali DeLorean ini akan dilakukan untuk menyambut 40 tahun usia mobil tersebut pada tahun ini. Sebagai referensi, DeLorean DMC-12 pertama kali diproduksi pada tahun 1981. Film pertama dari trilogy Back to The Future dirilis oleh Universal Pictures pada tahun 1985, dibintangi duet Christopher Lloyd dan Michael J. Fox.

Italdesign DeLorean DMC-12 Teaser

“DeLorean DMC-12 menginjak 40 tahun pada tahun ini! Gambar ini diambil pada 21 Januari 1981, saat model produksi paling pertama dirilis. Cara apa yang lebih baik untuk merayakan ikon sejarah otomotif selain melihat sekilas masa depan (dalam waktu dekat)? Nantikan lebih lanjut…” tulis caption pada media sosial DMC.

Kelahiran DeLorean DMC-12 berkat tangan andal Giorgetto Giugiaro sebagai desainer, yang juga adalah co-founder dari Italdesign. Meski pada teaser sudah ditunjukkan logo dan pintu yang membuka ke atas, tidak banyak yang bisa dieksplorasi lebih jauh. Prediksi saat ini, DMC-12 akan dibuat menjadi model one-off, dan diproduksi dalam jumlah sangat terbatas.

Akan menarik untuk mengetahui basis dan arsitektur apa yang akan dipakai Italdesign dalam membangun DeLorean versi reborn ini. Oleh DMC juga disampaikan bahwa mobil ini sudah menyelesaikan pengujian untuk memenuhi regulasi dan izin manufaktur mobil dalam volume kecil oleh NTHSA (National Highway Traffic Safety Administration). Langkah ini dibutuhkan untuk membangun dan menjual model yang terakhir kali diproduksi setidaknya 25 tahun lalu.

DeLorean DMC-12 BTTF

Ada pembahasan juga terkait mesin untuk dipakai DMC-12 baru nanti. Kemungkinan besar mesin bawaan pada versi original, yaitu V6 2,85 liter buatan PRV (Peugeot/Renault/Volvo). Mesin ini bahkan tidak akan bisa digunakan untuk memenuhi regulasi yang diterapkan pada tahun 2024. Kemungkinan Italdesign akan mengembangkan atau justru mengadopsi mesin dari mobil lain yang sudah ada saat ini.

Salah satu alternatif yang dipertimbangkan oleh DeLorean adalah mengonversi mesin ke powertrain listrik murni untuk produk masa depannya. Langkah ini dianggap akan lebih mudah direalisasikan , terlebih mengingat tuntutan emisi yang semakin ketat untuk mesin pembakaran. Atau mungkin pakai flux capacitor seperti di filmnya?

Terakhir kali diproduksi, DeLorean DMC-12 beredar antara tahun 1981 sampai dengan 1983, yang tampil dengan bodystyling fastback. Selain pintu gullwing, elemen yang membuat DeLorean ikonik adalah sejumlah perangkat yang dipasang pada bagian belakangnya, untuk menjadi mesin waktu. Pada versi baru ini, hampir bisa dipastikan kalau desainnya akan lebih modern dengan sejumlah sentuhan spesial.

DeLorean DMC-12

Dan kalau sudah terwujud nantinya, apakah si ‘mesin waktu’ ini akan bisa melesat ke 88 mil/jam tanpa membutuhkan jalanan? Hmmm (WAHYU HARIANTONO)

Sumber: Carscoops, Paul Tan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda