Mobil Tony Stark, Audi e-tron GT Siap Meluncur Awal Februari 2021

INGOLSTADT, Carvaganza – Kalau pernah nonton film “Avengers: Endgame” tahun 2019 lalu, pasti ingat dengan mobil Audi yang dikendarai Tony Stark dalam sebuah adegan. Mobil itu adalah Audi e-tron GT, sebuah konsep sedan bertenaga listrik. Dalam waktu dekat, mobil tersebut akan resmi diluncurkan oleh Audi untuk akhirnya bisa dibeli.

Audi mengumumkan tanggal peluncuran bagi e-tron GT, yaitu pada awal Februari mendatang, tepatnya pada 9 Februari 2021. Versi produksi akhirnya siap menyapa masyarakat dunia, menyusul debutnya saat Los Angeles Auto Show 2018 lalu. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Marc Lichte, head of Audi Design dalam sebuah wawancara.

Pengumuman ini disertai dirilisnya sejumlah foto resmi e-tron GT. Bisa dibilang tidak ada yang istimewa dari foto-foto ini, karena hanya menampilkan sosoknya yang selama ini sudah beredar. Sosok prototipe e-tron GT tampil dalam balutan kamuflase pengujian, berlokasi di medan bersalju. Tidak ada perubahan atau bahkan perbedaan dari wujud yang pernah ditampilkan dalam teaser sebelumnya.

Audi e-Tron GT, Robert Downey Jr

Salah satu foto sebenarnya menunjukkan versi produksi e-tron GT tanpa kamuflase, sebagai background dari foto Lichte. Namun sosoknya disamarkan alias blurred oleh Audi agar tidak langsung ketahuan publik. Dalam wawancaranya pun, Lichte tidak mengungkap banyak soal mobil yang berbagi platform dengan Porsche Taycan ini. Satu hal pasti yang disampaikan, e-tron GT merepresentasikan slogan “Vorsprung durch Technik” andalan Audi.

“Wujud mengikuti fungsi, estetika muncul dari efisiensi. Bahasa desain baru menciptakan aliran yang lebih kuat dan karenanya menciptakan aerodinamika yang halus. Desain e-tron GT menjadi dasar untuk desain model listrik masa depan,” jelas Lichte.

Sama seperti Taycan, e-tron GT juga memanfaatkan platform bernama J1 sebagai basisnya. Platform khusus mobil listrik ini mengandalkan dua unit motor listrik, dengan transmisi single-speed pada roda depan. Sementara pada roda belakang, memakai gearbox two-speed. Seperti Taycan juga, e-tron GT akan ditawarkan opsi varian performa tinggi nantinya.

Audi e-Tron GT, Marc Lichte

Rumornya, Audi akan berikan versi RS untuk e-tron GT, dengan performa tertinggi bertenaga 590 hp dan torsi 830 Nm. Varian ini akan menyediakan mode overboost, untuk memberi ekstra output sampai 637 hp. Taycan sendiri saat ini paling kencang pada varian Turbo, dengan tenaga 617 hp dan 670 hp saat oversboost diaktifkan.

Karena memakai platform yang sama, Taycan juga mendonorkan powertrain serupa untuk e-tron GT. Motor listrik tadi disokong oleh baterai lithium-ion berkapasitas 83,7 kWh. Dengan siklus WLTP, kombinasi baterai dan motor listrik bisa digunakan untuk berkendara sampai sejauh kira-kira 400 km. Baterai juga mendukung arus listrik 350-kW untuk fast charging, yang bisa mengisi ulang dari minim sampai 80% dalam 22,5 menit saja.

Audi e-Tron GT

Sampai 9 Februari nanti, hanya informasi ini saja yang tersedia terkait e-tron GT, baik resmi maupun rumor. Belum diketahui apakah Audi akan menyediakan lebih banyak varian juga untuk e-tron GT, seperti Porsche yang sajikan empat varian Taycan. Dan apakah nantinya e-tron GT akan lebih kencang daripada Taycan seperti RS Q8 ungguli Lamborghini Urus yang se-platform, akan menarik untuk diketahui juga. (WAHYU HARIANTONO)

Sumber: Paul Tan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda