Beranda Updates Mercedes-Benz S-Class Rilis Teaser Perdana, Meluncur Tahun Ini

Mercedes-Benz S-Class Rilis Teaser Perdana, Meluncur Tahun Ini

STUTTGART, Carvaganza.com – Menyusul spyshot yang beredar pekan lalu, Mercedes-Benz akhirnya merilis resmi teaser dari calon S-Class terbaru. Wajah baru S-Class langsung diungkap pada teaser ini, sekaligus mengindikasikan peluncuran yang tidak lama lagi.

Di tengah kegelapan, fascia depan S-Class terbaru ditunjukkan mendapat ubahan pada tampilan lampu utama dan grille. Kubu Stuttgart seolah tidak ingin kalah dari BMW Seri 7 yang mulai populerkan gaya grille berukuran besar.

Lampu utama kini tampil dengan desain yang lebih ramping dan kecil, menunjukkan gaya desain yang semakin dinamis dari Mercedes untuk flagship sedannya ini. Mercedes juga meninggalkan tiga garis LED DRL dari S-Class sebelumnya yang menandakan perbedaan antara E-Class dan C-Class. DRL terbaru lebih sederhana, menghiasi sisi atas rumah lampu.

Lampu utama tampak menggunakan tiga unit proyektor, yang di bagian tengahnya masing-masing terdapat titik biru. Kemungkinan besar lampu utama S-Class akan sudah menggunakan teknologi laser sebagai standar.

Sementara untuk grille, selain dimensinya lebih besar, kisi-kisinya lebih jarang dengan hanya tiga bilah terpasang. Dengan tiga bilah menciptakan celah lebih besar pada kisi-kisi, demi mengakomodir rangkaian sensor pada area tersebut.

W223

Untuk generasi baru ini, S-Class akan menggunakan kode seri W223, yang diklaim oleh Mercedes-Benz sebagai “technological tour de force”. Bahkan sang chairman, Ola Kallenius mengatakan Mercedes mengerahkan orang paling inovatif dan kreatif dalam perancangan W223.

Salah satu penekanan dari S-Class generasi baru ini adalah level baru dari penerapan artificial intelligence (AI) dan elektrifikasi berdasar keperluan. Artinya, arah pengembangan S-Class termasuk ditujukan kepada sistem autonomous dan penggerak bertenaga listrik, terutama hybrid.

Di segmennya, S-Class menjadi rival Seri 7, Audi A8 dan Jaguar XJ. Dari sisi elektrifikasi, S-Class terbaru konon akan dibekali sistem mild-hybrid dengan 48 volt, serta plug-in hybrid. Produksi S-Class dijadwalkan akan mulai pada September 2020 di pabrik 56 Mercedes, Sindelfingen, Jerman.

Interior

Selain desain baru, hasil spyshot sebelumnya juga menunjukkan S-Class akan membawa terobosan baru untuk teknologi interior. Tampak S-Class akan mengusung generasi terbaru sistem infotainment MBUX, yang menerapkan layar sangat besar di tengah dashboard. Dimensi layarnya bahkan menyamai milik Tesla.

Jadwal peluncuran S-Class awalnya dikatakan akan mundur sampai tahun depan, berkaitan dengan pandemi COVID-19 saat ini. Namun Kallenius menegaskan akan tetap sesuai rencana, yakni pada semester kedua tahun ini.

Nah, selain S-Class, Mercedes-Benz jjuga punya sederat model lainnya. Nantinya, sebelum sedan tertinggi itu akan lebih dulu meluncurkan versi facelift dari E-Class Coupe dan Cabriolet, tepatnya pada pekan ini.

Sumber: Autocar

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto