Mercedes-AMG GT R, Deutsch Hulk

Mercedes-AMG GT R, Deutsch Hulk

Masih ingatkah Anda dengan karakter monster superhero besar berwarna hijau karangan Marvel yaitu Hulk? Ya, monster tersebut memiliki kekuatan yang sangat besar ketika kemarahannya meledak. Hulk merupakan karakter superhero dengan kekuatan terbesar dibandingkan karakter superhero lainnya.

Mengingat karakter tersebut saya langsung teringat dengan anggota keluarga baru dari Mercedes-AMG GT yang berkelir hijau. Ya Mercedes-AMG GT R berkelir Green Hell Magno ini memiliki tenaga yang sangat buas sama seperti karakter Hulk.

Tenaga yang dimiliki oleh “The Green Hell” ini menggunakan mesin seperti AMG GT S yaitu 4.0 liter V8 Turbocharger namun dipoles sedemikian rupa sehingga tenaganya melonjak jauh hingga 577 hp dengan torsi 699 Nm. Polesan tersebut meliputi turbocharge baru dengan kompresor yang sudah dimodifikasi, boost turbo yang naik 1,2 menjadi 1,35 bar, dan pipa wastegate lebih kecil.

Untuk memaksimalkan tenaga ke penggerak roda belakang, Mercedes mengoptimalkan saluran pembuangan, memodifikasi rasio kompresi, mengoptimalkan seluruh proses pembakaran, dan mengupdate transmisi dual-clutch 7-kecepatan agar perpindahan giginya lebih cepat. Hasilnya, mobil berkelir hijau ini dapat melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 3,5 detik dan dapat menyentuh top speed 318 km/jam.



Varian tercepat dari keluarga AMG GT ini menyematkan banyak inspirasi dari mobil balap Mercedes. Hal pertama yang paling mudah dikenali adalah desain fascia dengan grille terinspirasi dari Mercedes-Benz 300 SL Panamericana tahun 1952  yang berbentuk oval dengan garis vertikal dan logo three pointed star besar di tengah. Mobil ini pernah Berjaya di Le Mans 24 Hours di Bern-Bremgarten, Jerman (1952) dan di Mille Miglia (1952) serta Rally Stella Alpina tahun 1955.

Level aerodinamika juga turut diperbarui dengan mengadopsi saluran udara lebih besar, splitter, sayap belakang yang telah dimodifikasi dan yang unik double diffuser yang dibelah oleh knalpot di bagian tengahnya. Untuk menunjang kesan sporty dan memberikan traksi yang lebih baik lagi, mobil ini dibekali dengan velg 20 inci. Dibandingkan dengan Mercedes-AMG GT S, dimensi GT R lebih lebar 46 mm karena fender depan dan belakang lebih kembung.



Untuk meningkatkan kestabilan, pabrikan Bavaria ini merevisi suspensi coilover adjustable dengan menggunakan nine-way adjustable traction control system yang diambil dari Mercedes-AMG GT3. Tak hanya suspensi, electronically controlled limited-slip differential dan active rear steering juga turut diboyong ke GT R.

Active rear steering bekerja ketika mobil ini melesat pada kecepatan 100 km/jam ban akan ikut berbelok namun berlawanan dari roda depan. Uniknya, sistem tersebut bisa bekerja pada kecepatan rendah untuk membantu radius putar yang lebih besar untuk mempermudah parkir.



Melongok bagian interiornya, sangat simpel seperti sport car pada umumnya namun memunculkan impresi mewah dan elegan. Dua jok bucket yang dibalut kulit Nappa dan Dinamica microfiber. Untuk menyatukan setiap bagian kulit digunakan benang berwarna kuning. Setir flat bottom tiga palang berlapis kulit dengan cluster meter bergaya agresif.

Center stack didesain seperti platform stack di pesawat terbang dengan tombol-tombol bernuansa modern dan sporty. Sekujur interiornya memadukan warna high-gloss black dan piano lacquer pada bagian perseneling, bezel stir dan door sills.

Spesifikasi Mercedes-AMG GT R 2017

Layout: Sport car, mesin depan, 2pintu, 2 penumpang, RWD
Mesin: V8 32 valve turbocharge 4.0L / 577 hp @ 6250 rpm/ 699 Nm @ 5500 rpm
Transmisi: A/T 7-kecepatan dual-clutch
PxLxT: N/A
Wheelbase: 2630mm
Bobot Kosong: 1554 kg
Tangki BBM: N/A

TITO LISTYADI

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya