Meluncur Jumat, Ini Varian Toyota Raize Yang Sudah Buka Inden di Dealer

JAKARTA, Carvaganza – Kabar peluncuran SUV kompak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky akhirnya dikonfirmasi dan segera dirilis di Indonesia pada 30 April 2021 mendatang. Sepekan sebelumnya PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai APM sempat memberikan sedikit gambaran tentang Toyota Raize yang segera resmi mengaspal di Indonesia.

Beberapa sales dari berbagai dealer mulai membuka keran pemesanan sejak awal April 2021 dengan uang tanda jadi Rp 5 juta. Meski demikian para sales tersebut belum dapat menjanjikan skema kredit dan harga jelas SUV ringkas baru andalan Toyota ini. Namun yang jelas Toyota Raize dan Daihatsu Rocky sudah resmi sebagai penerima insentif PPnBM 0% dari pemerintah dan diprediksi memiliki harga di rentang 200 jutaan. 

Acara peluncuran akan digelar secara bergilir. Daihatsu akan meluncurkan Rocky lebih dulu pada pagi harinya. Lalu di siang harinya, giliran Toyota akan meluncurkan Raize di hari yang sama. Toyota Raize akan meluncur dengan mengandalkan tagline “All New Raize: Imagine It, Live It”.

Toyota Raize

Toyota Raize kabarnya akan tersedia dengan berbagai tipe dan varian hal tersebut dirangkum berdasarkan tangkapan layar dari brosur yang diunggah oleh beberapa sales di akun mereka. Salah satunya adalah akun @toyotaidsurabaya yang secara rinci membuka pemesanan indent dengan foto utama Toyota Raize dengan varian GR.

Sedangkan pada penjelasannya, kabarnya Toyota Raize akan tersedia dengan empat varian yakni Toyota Raize 1.2 G, Raize 1.0 G, Raize 1.0 GR Turbo dan 1.0 GR Turbo + TSS (Toyota Safety Sense).  Bisa diartikan angka di belakang nama Raize bisa merujuk untuk kapasitas mesin yang berarti 1.000 cc dan 1.200 cc, seluruh varian tersebut tersedia dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis CVT. Selain itu, Toyota Raize juga dikabarkan akan tersedia dalam varian GR atau Gazoo Racing. 

Sedangkan kembarannya Daihatsu Rocky pun kabarnya juga akan tersedia dengan mesin berkapasitas 1.200 cc dan 1.000 cc dan juga dengan pilihan transmisi yang sama yakni manual 5-percepatan dan CVT. Selain itu baik Daihatsu Rocky dan Toyota Raize akan menggendong beberapa fitur menarik mulai dari hiburan, pengendaraan hingga pada peranti keselamatan yang aktif.

Daihatsu Rocky

Pasalnya di Jepang Daihatsu Rocky mengantongi rating tertinggi bintang 5 dalam uji keselamatan kendaraan JNCAP (Japan New Car Assessment Program) dari Kementerian Transportasi Jepang dan NASVA (National Agency for Automotive Safety & Victims’ Aid). Evaluasi JNCAP ini dilakukan dengan mempertimbangkan kasus aktual dan karakteristik kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jepang.

Tiga aspek utama disorot meliputi: perlindungan terhadap penumpang, keamanan bagi pejalan kaki dan pengingat sabuk pengaman. Selain itu platform dipakai menggunakan teknologi keamanan terkini guna menghindari kecelakaan seperti Smart Assist System. Semoga saja fitur keselamatan Daihatsu Rocky versi Jepang yang lengkap, tak banyak disunat untuk pasar Indonesia.
ALVANDO NOYA / WH

Artikel yang direkomendasikan untuk anda