McLaren Resmikan Nama Supercar Hybrid Terbarunya

JAKARTA, Carvaganza.com – McLaren sedang mempersiapkan mobil terbaru. Supercar bermesin hybrid itu rencananya akan mulai dipasarkan tahun depan. Belum lama ini, McLaren mengumumkan nama dari supercar terbarunya itu nanti.

Produsen mobil berperforma Inggris itu memberi nama mobil terbarunya Artura. McLaren juga mengungkapkan bahwa mobil ini nantinya akan mengisi celah segmen antara McLaren GT dengan McLaren 720S.

Memang belum banyak informasi yang beredar seputar mobil ini. Jelasnya supercar hybrid berperforma tinggi ini akan menggunakan mesin twin0turbo V6 yang dipasangkan dengan motor elektris. Konon performanya akan menyamai mobil bermesin V8, malah torsinya di putaran rendah akan semakin besar lantaran didukung motor elektris.

Lebih menariknya lagi, McLaren mengklaim mobil ini nantinya dapat beroperasi dalam mode full electric. Memang berapa jarak tempuh mobil ini kalau hanya mengandalkan energi baterainya aja.

Foto: McLaren
Foto: McLaren


Selain itu mobil ini akan menggunakan struktur rangka terbaru dari material serat karbon yang bernama McLaren Carbon Lightweight Architecture (MCLA). Platform baru ini dikhususkan untuk mobil bertenaga hybrid. Chassis ini akan membantu bobot kendaraan tetap rendah walaupun harus memuat baterai dan komponen penggerak elektris. Rangka barunya ini akan menggantikan plafrom lamanya, MonoCell yang telah digunakan oleh McLaren sejak 2011.

“Semua elemen di Artura baru. Mulai dari platform atau struktur rangka, sistem penggerak hybrid berperforma tinggi, hingga desain eksterior maupun sistem infotainment di dalam kabinnya. Meski baru, tapi semua pengembangannya didasarkan pada pengalaman panjang sebagai produsen mobil balap yang berteknologi tinggi dan kami menerjemahkannya ke dalam wujud supercar elektrik berperforma tinggi,” ujar CEO Mike Flewitt.

Hingga kini McLaren belum merilis kapan tepatnya di tahun depan mobil ini resmi di pasarkan. Begitu pula harganya yang masih disimpan rapat-rapat. Meski begitu, melihat segmentasiya produk ini diprediksi akan dijual diantara harga McLaren GT yang US$ 210 ribu dan McLaren 720S US$ 300 ribu. Kalau dikonversikan kira-kira harganya sekitar Rp 3 miliar sampai Rp 4,2 miliar. Apakah tahun depan mobil ini masuk ke Indonesia? Berapa harga resminya di sini? Kita tunggu saja tahun depan.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Beragam Keuntungan Dan Kelebihan Memiliki Hyundai IONIQ Electric

Sumber: McLaren

Artikel yang direkomendasikan untuk anda