Mau Tahu Koleksi Pembalap F1 Terhebat di Dunia? Ini Dia 15 Supercar Mewahnya!

JAKARTA, CARVAGANZA – Menginjak usia 36 tahun, tak dipungkiri lagi Lewis Hamilton adalah pembalap Formula 1 terhebat di dunia. Pria kelahiran 7 Januari 1985 ini menggenggam 7 gelar juara dunia F1 dengan torehan 95 kemenangan. Bayangkan saja, Hamilton memulai kariernya di F1 pada 2007 di tim McLaren Mercedes dan langsung menempati posisi runner up di bawah sang juara dunia Kimi Raikkonen. Padahal ketika itu usianya baru menginjak 22 tahun.

Empat belas tahun berselang, Lewis yang selalu membalap untuk mobil Mercedes tak pernah absen memenangi balapan Grand Prix setiap musimnya. Tim yang dibelanya juga selalu tim besar yang tak ayal membuat pundi-pundi hartanya terus bertambah. Bukan kebetulan kalau sebagian hartanya itu ia habiskan untuk memenuhi hasratnya terhadap dunia otomotif. Pembalap tercepat di dunia ini bukan kolektor mobil biasa, semua mobilnya boleh dibilang masuk jajaran supercar.

1. 1967 Ford Mustang Shelby GT500

Ford Mustang Shelby GT500

Lewis tergila-gila dengan mobil asal Amerika Serikat ini setelah menonton film Bullitt. Ford Mustang Shelby GT500 tampil memukau dikemudikan oleh Steve McQueen di film tersebut. Sontak, ia langsung membelinya. Namun sebagai seorang pembalap profesional, tentu saja penilaiannya terhadap mobil pasti penuh pertimbangan. Termasuk ketika ia mengkritik mobilnya itu. Hamilton bilang kalau Ford Mustang Shelby GT500 tahun 1967 memanglah mobil yang cantik. Namun bukan mobil yang asyik untuk dikemudikan. Makanya Lewis Hamilton tak pernah mengendarai American Classic Muscle Car legendaris miliknya itu.

2. Ferrari LaFerrari

Ferrari LaFerrari

Siapa bilang pembalap Mercedes-Benz tak boleh memiliki Ferrari? Juara dunia F1 ini membeli satu unit Ferrari LaFerrari sebagai penegas bahwa mobil terbaik Ferrari itu memang layak untuk dimiliki. Supercar hybrid itu memiliki tenaga hampir 1.000 hp dan sanggup melesat dari posisi diam sampai 100 km/jam kurang dari 2,4 detik saja. Tetapi asal tahu saja, Ferrari LaFerrari Lewis Hamilton lebih banyak berdiam di garasi ruamahnya di Los Angeles.

3. Ferrari LaFerrari Aperta

Ferrari LaFerrari Aperta

Tak hanya satu, Lewis Hamilton beli dua LaFerrari. Beberapa tahun setelah membeli LaFerrari, Hamilton beli satu lagi. Tapi yang ini sangat eksklusif karena bukan LaFerrari sembarang tapi LaFerrari Aperta. Mobil ini dirilis untuk memperingati 70 tahun Ferrari. Saat diluncurkan mobil ini dijual dengan harga US$ 1,7 juta atau setara Rp 24 miliar. Sekarang, tak tahu sudah menjadi berapa nilai mobil yang sangat langka ini.

4. Mercedes-Benz AMG GTR

Mercedes-Benz AMG GTR

Kalau penasaran mobil apa yang dikemudikan Lewis Hamilton sehari-hari? Mercedes-Benz AMG GTR ini jawabnya. Inilah salah satu mobil dengan performa paling impresif yang bisa ditemui di jalanan. Sampai-sampai Lewis sendiri yang bilang kalau mobil ini adalah mobil kesukaannya setelah mobil balap Formula 1. Tak salah kalau Formula 1 menjadikan mobil ini sebagai Safety Car di setiap balapannya. Karena mesin 4,0 liter V8 twin turbocharged yang tertanam di balik moncong mobil ini yang panjang sanggup melesatkan Mercedes-Benz AMG GTR dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam 3,2 detik saja. Kecepatan maksimumnya 319 km/jam.

5. Cadillac Escalade

Cadillac Escalade

Sebagai seorang selebriti, wajib hukumnya memiliki Cadillac Escalade. Inilah mungkin Toyota Aphard-nya orang Amerika Serikat. Seperti Toyota Alphard di sini, hampir setiap orang kaya pasti punya Cadillac Escalade di sana. Mobil ini besar, kabinnya lega dan punya fitur mewah yang menjamin kenyamanan Lewis di setiap perjalanan. Fakta bahwa mobil ini sangat populer dan banyak sekali sering ditemukan di jalanan, membuat Lewis tak khawatir dikerubuti wartawan atau penggemarnya saat berkendara di dalamnya.

6. Ferrari 599 SA Aperta

Ferrari 599 SA Aperta

Pertama kali diperkenalkan pada Paris Auto Show 2010, supercar yang sangat langka ini langsung habis terjual di hari itu juga. Hanya ada 80 unit di seluruh dunia, Lewis tahu betul mobil ini akan menjadi mobil klasik yang sangat bernilai di masa depan. Makanya Ia sangat jarang terlihat mengendarai mobil ini karena ingin memelihara mobil ini seorisinal mungkin.

7. Mercedes-Maybach S600

Mercedes-Maybach S600

Tak selamanya pembalap Formula 1 ingin duduk di depan kemudi. Ada kalanya ia ingin duduk tenang di kursi belakang yang nyaman sambil disopiri di dalam limosin yang mewah. Ada satu mobil yang paling sempurna untuk mewujudkannya, yakni Mercedes-Maybach S600. Sedan mewah ini dibekali banyak fitur penunjang kenyamanan, seperti kursi pijat, sound system mahal hingga sistem hiburan berkelas.

8. 1966 Shelby Cobra 427

1966 Shelby Cobra

Lewis Hamilton dikabarkan mengajak langsung Carroll Shelby untuk memeriksa dengan seksama mobil ini sebelum membelinya dari penjualnya. Menurut Hamilton, kata Carroll mobil yang ia beli ini salah satu yang terbaik dan masih dalam kondisi orisinal. Rekomendasi ini cukup untuk membuat Hamilton menempatkan mobil ini di salah satu sudut terbaik di garasi rumahnya.

9. Mercedes-Benz AMG G63 6x6

Mercedes-AMG G63 6x6

Koleksi mobil Lewis Hamilton memang sangat beragam, tak hanya mobil sport Hamilton juga punya offroader pickup 6-roda ini. Monster berbobot 6 ton ini adalah SUV (Sport utility Vehicle) paling ekstrim yang pernah dibuat produsen mobil asal Jerman itu. Bukan hanya daya tariknya yang kuat saat melintas di jalan yang menjadi alasan Hamilton memilikinya, jumlahnya yang sangat terbatas juga salah satu alasannya.

10. Pagani Zonda LH

Pagani Zonda LH

Hamilton sepertinya memang sangat tergila-gila dengan mobil mewah yang diproduksi terbatas. Tak terkecuali dengan supercar satu ini, Pagani Zonda LH. Percaya atau tidak mobil ini hanya diproduksi satu unit saja di seluruh dunia khusus untuk sang pembalap Formula 1 asal Inggris itu. Ia menghabiskan uang sebesar US$ 2 juta atau sekitar Rp 30 miliar saat itu untuk memesan mobil yang satu ini. Tapi uang segitu tak seberapa untuk pembalap yang konon telah menghasilkan US$ 500 juta sepanjang kariernya membalap. Sayangnya, satu-satunya Pagani Zonda LH di dunia ini mengalami kecelakaan di Monaco beberapa waktu lalu. Hamilton mengaku sedang kelelahan saat mengalami insiden tersebut.

11. Can-Am Maverick X3

Can Am Maverick X3

Monster pelahap gurun pasir ini adalah pilihan yang tepat bagi Hamilton saat dirinya bosan melahap lintasan aspal. Buggy gurun ini dibekali mesin turbocharged 6-silinder segaris yang mampu melesat dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam 5 detik di jalanan offroad. Kecepatan maksimumnya dibatasi 135 km/jam saja. Maklum karena di litasan offroad kecepatan itu sudah cukup untuk membuat hatinya gembira.

12. Mercedes-AMG Project One

Mercedes-Benz AMG Project One

Mungkin inilah mobil paling ekstrim yang dikoleksi Lewis Hamilton kalau mobil ini jadi meluncur nanti. Hanya ada 275 unit saja yang akan diproduksi dan masing-masing dibekali mesin mobil balap Formula 1 yang betenaga 1.000 hp. Mercedes-AMG Project One juga akan memakai sejumlah teknologi mobil balap Formula 1 untuk dipakai di jalan raya. Sebagai salah seorang yang turut andil mengembangkan mobil ini, jelas nama Lewis Hamilton terdaftar di posisi teratas pemesan mobil ini.

13. McLaren P1

McLaren P1

Tak kalah penting, inilah salah satu hypercar paling populer yang dimiliki Lewis Hamilton. Mobil terbaik dan termahal McLaren ini dilaporkan bersandar di garasi rumah Hamilton di Monaco dan ia sering sekali berpose bersama mobil ini. Ia membeli mobil ini tak lama paska pindah dari tim Formula 1 McLaren ke Mercedes-Benz.

14. 1967 Shelby Cobra 427

Shelby Cobra

Tunggu dulu, bukannya tadi mobil ini sudah ada di daftar di atas? Jadi begini, Hamilton sangat suka dengan Shelby Cobra miliknya yang buatan tahun 1966 yang ia beli bersama dengan Carroll Shelby sendiri. Tetapi lantaran terlalu senang dan sering mengemudikannya, ia khawatir kondisinya tak seperawan seperti saat ia beli. Makanya ia memutuskan untuk membeli satu unit lagi Shelby Cobra untuk ia nikmati berkendara kapanpun ia ingin. Versi yang satu lagi ini buatan tahun 1967. Tentu saja, kondisinya tak kalah mulus dan tetap orisinal.

15. Mini Cooper

Mini Cooper

Kalau yang satu ini memang bukan supercar ataupun mobil produksi terbatas, tapi Mini Cooper ini adalah mobil pertama yang ia beli tahun 2002 ketika ia sudah mendapat Surat Izin Mengemudi (SIM). Saat ia beli status mobil ini adalah mobil bekas. Saat membelinya, Hamilton belumlah populer. Mobil inilah yang membawa Hamilton kemana-mana sampai akhirnya ia menjadi besar di lintasan balap. Tahukah mobil kedua yang ia beli setelah Mini Cooper ini? Ferrari 599 GTO. Lompatan rejeki yang dahsyat bukan? RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda