Beranda Updates KIA Hadirkan Transmisi Otomatis 8-Kecepatan

KIA Hadirkan Transmisi Otomatis 8-Kecepatan

SEOUL, 8 September 2016KIA Motors hadirkan transmisi otomatis terbaru dengan gear yang berjumlah 8 buah. Unit yang diberi nama FWD 8AT ini memiliki beberapa kelebihan di antaranya adalah responsif, halus dalam perpindahan gear dan konsumsi BBM menjadi lebih efisien.

Yang menariknya adalah transmisi ini memiliki bobot yang lebih ringan dari transmisi 6-kecepatan yaitu 3,5 kg. Dimensi yang dimiliki oleh transmisi 8-kecepatan ini cukup kompak, dibuktikan dengan dapat bertengger di posisi yang sama dengan transmisi 6-kecepatan.

Pabrikan Kia telah mengembangkan transmisi ini sejak tahun 2012 dengan mendaftarkan 143 paten atau hak cipta untuk transmisi baru tersebut. Transmisi otomatis 8-kecepatan untuk menggerakkan roda depan ini akan digunakan pertama kali pada KIA Cadenza di tahun 2017, yang mengusung mesin  V6 3.3 liter GDI dan Cadenza akan menjadi sedan andalan Kia di tahun depan.

Tantangan terbesar yang dialami saat mengembangkan transmisi  adalah bagaimana cara memperkecil ukuran oil pump.  Bagian tersebut disinyalir menjadi penyebab berkurangnya tenaga yang cukup banyak dan hal itu juga menjadi kendala besar pada saat Kia mengembangkan transmisi yang  sebelumnya.

Kedepannya, pabrikan mobil asal Korea Selatan ini akan memasang transmisi 8-kecepatan di model-model Kia yang terbaru, khususnya akan dipadukan dengan mesin berkapasitas besar berpenggerak roda depan.

Sebenarnya Kia sudah pernah menggunakan transmisi otomatis 8-kecepatan pada mobil flagshipnya yaitu K900. Hanya saja transmisi yang digunakan adalah produksi dari Hyundai dan untuk menggerakkan roda belakang.

TITO LISTYADI

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Last Updates

Lexus LX 570 SPORT Hadir di Indonesia Harga Rp 3,255 Miliar

JAKARTA, 22 Januari 2019 – Cukup lama tak terdengar, Lexus Indonesia mengawali tahun 2019 dengan menghadirkan High Luxury SUV, yaitu...
video

VIDEO: Merasakan Kenikmatan BMW Seri 6 GT di Indonesia

JAKARTA, 22 Januari 2019 - BMW Indonesia telah menghadirkan BMW Seri 630i GT (Gran Turismo) di Indonesia. Mobil ini merupakan SUV hasil perpaduan...

MINI Cooper S 3-Door Edisi 60 Tahun Hanya Dijual 500 Unit

COWLEY, 22 Januari 2019 – Merek MINI tahun ini akan memasuki usia ke-60 tahun, sejak pertama kali hadir sebagai BMC...

Carlos Ghosn Dipecat, Mobil Kolaborasi Renault-Nissan-Mitsubishi Tetap Dibuat

YOKOHAMA, 22 Januari 2019 – Penyelidikan terkait skandal yang dilakukan oleh Carlos Ghosn masih berlangsung, terkait kasus penggelapan laporan pendapatan....

All New Ertiga Jadi Andalan Penjualan Suzuki di 2018

JAKARTA, 21 Januari 2019 – Kehadiran Suzuki All New Ertiga di ajang IIMS pada April 2018 lalu, sanggup mendukung penjualan...