Kemping Mewah Ala Sultan Di Medan Ekstrim

SYDNEY, Carvaganza – Mobil-mobil camper sekarang masih banyak yang belum memenuhi hasrat para pecinta petualang. Umumnya, camper yang dibangun oleh kalangan builder sulit untuk diajak jalan ke medan yang cukup ekstrim. Misalnya medan off-road yang penuh bebatuan, sehingga para enthusiast hanya sampai di medan rumput yang lapang dengan pemandangan yang menurut mereka kurang eksotis dan menantang.

Namun, sebuah perusahaan pembuat camper baru-baru ini menempuh cara yang berbeda. Mereka membuat camper yang bisa dibawa ke medan-medan ekstrim. Mampu menempuh terjalnya tanjakan berbatu, medan berlumpur dan savana yang indah serta medan bersalju. Tapi juga tetap nyaman ketika diajak bertualang ke medan adventure light off-road.

Trailer kemping tersebut dibuat di Australia dengan nama EXP-8. Dibuat oleh sebuah perusahaan yang didirikan oleh dua bersaudara, Dan dan Toby. ‘Gerbong’ ekstrim itu sebetulnya sudah diperkenalkan tahun 2016 dengan model diberi nama EXP-6. Tapi versi produksi yang diperkenalkan sekarang adalah versi terbaru yakni EXP-8 dan menjadi model flagship all-new perusahaan itu. Pabrikan masih menyembunyikan foto dan gambar aslinya, baru menyebarkan gambar-gambar sementara saja. 

Meskipun memiliki kemampuan dibawa ke medan adventure ekstrim, bukan berarti camper ini dibuat ala kadarnya. Justru dibangun dengan material berkualitas dan elegan sertadilengkapi ragam fasilitas mewah. Layaknya berada di dalam kamar superior hotel bintang 5.

Camper ala sultan EXP-8

Pasokan energi

Ketika bepergian jauh, tak perlu mengkhawatirkan soal pasokan energi untuk menghidupkan segala fasilitas di dalamnya. Sudah dilengkapi dengan energi matahari yang diserap dari solar system berkekuatan 1.600 watt dan baterai 13 kWh. Solar system itu bisa bekerja di segala musim, termasuk di musim dingin. 

Saat menjelajah medan ekstrim tentunya dibutuhkan sektor kaki-kaki yang tangguh. EXP-8 mengadopsi velg 18 inci yang dibungkus ban all-terrain 37 inci. Air suspension dengan delapan mono-tube remote-canister shock absorbers dipercaya menjadi peredam guncangan.

Chassis dibuat kedap suara. Seluruh bodinya terbuat dari komposit yang dibalut oleh busa closed-cell agar tahan lama dan betul-betul kuat. Bagian atapnya dirancang secara khusus agar kuat menahan tumpukan salju dan tidak mudah roboh. Sehingga jika camper tertutup salju, penghuninya tetap aman dan tetap enak pada saat dijalankan. Makanya bagian atap diperkuat dengan sejumlah material tambahan.

Camper ala sultan EXP-8

Sistem infotainment mewah dan canggih

Berdasarkan katalog yang dikeluarkan perusahaan, camper dilengkapi dengan tangki air minum yang bisa menampung sampai 350 liter. Juga filter udara bertekanan, lampu LED, AC dan sistem filterisasi air. Selain itu memiliki fasilitas  sistem pemanas air dan ruangan.

Demi kebutuhan ala sultan lainnya, EXP-8 dilengkapi inverter 5.000 watt, charger listrik, sistem manajemen energi layar sentuh dan awning samping selebar 177 inci yang dioperasikan secara elektronik. Power outlet AC dan DC internal dan eksternal, USB ports dan colokan listrik 12 volt. Tak ketinggalan juga sistem infotaiment canggih dan modern.

Lantainya terbuat dari bahan khusus yang anti noda dan anti air. Terdapat 12 holder untuk botol wine, ruang makan dan sound system mewah. Tak lupa lengkap dengan tempat tidur dan kamar mandi yang istimewa.

Baca juga: Senang Berkemah Di Alam? Nih Ada Mercedes-Benz Sprinter Yang Diubah Jadi Campervan Mewah

Camper ala sultan EXP-8

Bagaimana dengan memasak? Jangan pusing-pusing. Terdapat dapur dengan kitchen set lengkap. Mulai dari kompor dual burner dan tempat mencuci piring dari bahan stainless plus lemari penyimpanan yang cukup untuk menyimpan alat memasak dan bumbu-bumbu. Pokoknya dijamin Anda mendapatkan nuansa kemping ala sultan di medan ekstrim sekalipun.

Rencananya camper ekstrim ini diluncurkan pada Oktober mendatang dan sudah dapat dipesan dari sekarang.Untuk harga camper EXP-8, dapat ditebus dengan kocek US$ 177.000. Kalau Anda ingin mengustom juga bisa, dengan mengeluarkan biaya tambahan, camper bisa dibuat lebih mewah lagi dan sesuai keinginan. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: motortrend.com

Baca juga: Punya Performa Kencang, MPV dan Minivan Ini Korban Ide Gila Pabrikan Otomotif

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya