Jaguar Luncurkan Mobil Anniversary Demi Hari Jadi E-Type Ke-60

LONDON, carvaganza – Kami pernah menulis artikel tentang mobil-mobil yang diproduksi khusus untuk anniversary di Carvaganza. Ada 12 mobil anniversary yang kami tulis di dalam artikel tersebut dengan ragam alasan kenapa kendaraan itu diproduksi dan diluncurkan ke pasar.

Hari Rabu kemarin (9/12), pabrikan Jaguar meluncurkan mobil edisi khusus untuk pasar global. Mereka menamainya Jaguar F-Type Heritage 60 2021 yang diproduksi untuk merayakan hari jadi E-Type yang ke-60. Model ini adalah kendaraan Jaguar yang paling populer sepanjang sejarah.

Jaguar F-Type Heritage 60 yang diluncurkan  diberi warna sangat unik, Sherwood Green. Warna ini belum pernah dipakai menjadi kelir bodi mobil sejak tahun 1960-an. Baru dipakai lagi untuk merayakan Heritage 60 Edition. Jumlah unit yang diproduksi sangat terbatas, hanya 60 unit saja. Agar mobil menjadi istimewa, pabrikan menyematkan lencana edisi khusus yang sama dengan yang disematkan pada 6 unit E-Type 60 Collection yang direstorasi oleh Jaguar Classic.

Velg yang dipasangkan pada mobil limited-edition ini juga sangat eksklusif. Dipilih warna gloss-black dengan diameter 20 inci. Diberi aksen gloss-black dan krom dengan kaliper rem warna hitam.

Baca juga: 12 Mobil Yang Diproduksi Untuk Versi Anniversary



Biar serasi dengan kelir bodi, interior mobil dilapisi kulit dengan warna  two-tone,  Caraway (semacam warna coklat sawo matang) dan Ebony Windsor (hitam). Untuk pengecatan ditangani secara khusus oleh SV Bespoke Division, begitu juga dengan sentuhan interior kulit. Karpet mobil juga dipilih warna Caraway agar terlihat harmonis dengan kabin.  Trim konsol terbuat dari alumunium yang mengambil insprasi dari E-Type. Untuk mempertegas edisi anniversary, Logo “E-Type 60th Anniversary” dijahitkan pada headrest dan menghias bagian doorsill

Dari sisi latar belakang, Jaguar E-Type ini punya lembaran sejarah yang menarik. Pada tahun 1960-an, sportcar Inggris terkenal sangat ikonik seperti MG dan Triumph. Mobil-mobil itu menjadi breeder unggul lahirnya mobil-mobil indah pada generasi penerusnya. Style mobil yang menonjolkan karakter ‘senang’senang dan easy going’ cocok dengan era Baby Boomers tahun ‘60an yang dikenal dengan sebutan ‘Flower Generation’. Generasi ini juga dikenal dengan aksi-aksi protes untuk menuntut kebebasan berekspresi dan kebebasan individu.

Salah satu dari mobil sport yang lahir di era itu dan menjadi legenda hidup adalah Jaguar E-Type. Pada waktu itu, E-Type menjadi simbol kecepatan dan passion. Dan sekarang, 60 tahun sejak debut E-Type pada 1961, Coventry meluncurkan edisi khusus F-Type dengan model coupe dan convertible.

Baca juga: Begini Desain Mobil Listrik Masa Depan BMW Bergaya Retro

Base dari mobil sport ini adalah F-Type R yang masih edar sekarang. Bermesin V8 supercharge 3.8 liter mampu memuntahkan tenaga 575 hp. Berpenggerak AWD, bukan penggerak roda belakang dan dilengkapi fitur-fitur berteknologi canggih. Keenam puluh unit mobil istimewa ini diproduksi secara manual oleh tangan, bukan robotik.

Dikerjakan di pabrik Jaguar di Castle Bromwich, Inggris, sementara finishing  dikerjakan oleh SV Bespoke. Manufaktur belum mengumumkan harga mobil per unit, namun sebagai gambaran F-Type R 2021 dibanderol US$ 104.350 untuk coupe dan US$ 107.050 untuk versi convertible.



Sumber: motor1, motortrend, caranddriver.com

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda