Inilah Mobil Listrik Pertama di Dunia yang Bisa Menambang Kripto

Carvaganza – Industri otomotif global tengah disibukkan mengembangkan teknologi swakendali. Tetapi anehnya ada satu perusahaan asal Kanada yang malah justru mengembangkan mobil yang bisa menambang kripto. Inilah Daymak Spiritus.

Mobil bertenaga listrik ini akan dilengkapi dengan perangkat keras berteknologi tinggi dengan teknologi blockchain yang dapat digunakan untuk menambang mata uang kripto apapun, mulai dari Bitcoin sampai Dogecoin. Hebatnya, Anda tak perlu melakukan apa-apa. Komputer di mobil akan menghasilkan uang untuk Anda meski sedang terparkir diam atau sedang mengisi energi baterainya sekalipun.

Daymak Spiritus

Buat Anda yang awam dengan dunia cryptocurrency, menambang atau mining adalah cara untuk mendapatkan mata uang kripto dengan cara menyelesaikan rumus kriptografis dan algoritma menggunakan komputer. Nah komputer di dalam mobil ini nantinya bisa digunakan untuk itu.

Daymak Spiritus dibekali prosesor grafis yang sudah dilengkapi system yang mereka kembangkan bernama Daymak Nebula. Sistem Nebula ini berisi sistem penabang yang dapat mengumpulkan koin dan menyimpannya di digital wallet secara otomatis untuk Anda. Semua informasi penambangan kripto yang dilakukan oleh mobil bisa Anda monitor lewat aplikasi di smartphone.

Daymak Spiritus

“Kami punya pandangan bahwa masa depan itu ketika membayar toll, parkir dan pesan makanan lewat drive-thru bisa dilakukan secara digital menggunakan kripto. Semua tagihan Anda bisa dibayar menggunakan perangkat lunak yang sama pakai uang kripto,” ujar presiden Daymak, Aldo Baiocchi.

“Mobil lain mengalami depresiasi atau penuruan harga. Jadi sadar atau tidak sadar, Anda kehilangan uang setiap detiknya ketika mobil diam di garasi. Sedangkan Nebula Miner di Daymak Spiritus memungkinkan Anda meraih keuntungan saat ia diam terparkir,” lanjutnya.

Daymak Spiritus

Hebatnya lagi, menurut mereka, mobil tanpa emisi ini juga dilengkapi dengan panel surya. Artinya kegiatan menambang kripto bisa dilakukan menggunakan energi terbarukan bukan dengan menghabiskan bahan bakar fosil tradisional. Ya, belakangan ini memang kritik keras dilontarkan untuk kegiatan menambang kripto lantaran menghabiskan energi listrik terlalu besar. Hadirnya solar panel menjadi solusi alternatif yang ramah lingkungan.

Mobil ini sendiri secara estetika didesain futuristis dengan pahatan yang minimalis. Meskipun hanya punya tiga roda, tetap saja wujudnya terlihat keren. Varian tertingginya dibekali baterai 80 kWh yang menghasilkan tenaga 150 hp. Daymak mengizinkan mobil dua penumpang ini melaju dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam 1,8 detik dan sanggup mencapai kecepatan maksimal 210 km/jam. Daymak Spiritus bisa diajak melau sejauh 482 km dan dapat dicas hanya dalam 2 jam saja.

Daymak Spiritus

Sebetulnya siapa sih Daymak itu? Daymak adalah perusahaan pembuat kendaraan elektrik mulai dari sepeda listrik hingga pesawat elektrik yang telah mendapat pesanan dengan omzet US$ 350 juta atau sekitar Rp 5 trilyun. Spiritus rencananya mulai diantar ke konsumen pada 2023 dan sudah menerima lebih dari 4.000 pesanan sejauh ini.

Berapa harganya? Daymak Spiritus dijual mulai US$ 20.000 (Rp 285 jutaan) hingga varian termahalnya seharga US$ 149.000 (Rp 2,1 milyar). Mahal? Jangan khawatir, kan mobil ini bisa menambang uang kripto dengan sendirinya untuk Anda.
RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda