Beranda New Cars Hyundai i30 N Facelift: Lebih Hot, Kencang, dan Canggih

Hyundai i30 N Facelift: Lebih Hot, Kencang, dan Canggih

SEOUL, Carvaganza.com – Resmi sudah Hyundai i30 N versi baru diluncurkan sebagai hot hatchback performa tinggi, untuk melawan para rival dari Jepang dan Eropa. Berbagai update dan peningkatan diterapkan pada hatchback kencang asal Korea Selatan ini. Namun tetap performa yang menjadi fokus utama i30 N versi 2020.

Desain tampilan tidak luput dari ubahan juga, bisa ditengok dari fascia depan yang menampilkan LED Daytime Running Lights (DRL) dengan betuk V. pada grille juga terjadi ubahan minor untuk diferensiasi dari versi awal. Ubahan wajah demi menegaskan karakter dan performa kencang dari i30 yang dikembangkan divisi N.

Meski eksterior meliput penyegaran tampilan depan, Hyundai terang-terangan mengaku tidak melakukan ubahan pada bagian belakang. Sampai-sampai mereka tidak merasa perlu menyediakan foto resmi yang menunjukkan detail wujud buritan. Dikatakan hanya LED pada lampu belakang dan sentuhan kecil pada diffuser yang berubah di belakang.

Peningkatan tampilan masih bisa disimak dari velg forged alloy 18 inci. Tersedia sejumlah opsi desain velg yang ditawarkan lewat N Performance Package, sebagai opsi non standar. Bahkan opsi velg 19 inci yang baru diklaim memiliki bobot 14,4, kg lebih ringan dari standar pendahulunya.

Pemangkasan bobot i30 N masih dihasilkan oleh N Light Seats, jok yang menghiasi ruang kokpit pengemudi. Dengan turunya bobot, maka akan membuat handling dari i30 versi kencang ini semakin lincah dan dinamis. Identitas Hyundai N ditandai dengan sabuk keselamatan beraksen Performance Blue. Begitu juga logo N yang menyala di bagian headrest, seperti pada BMW M-Series.

Masih dari interior, sistem infotainment diperbarui dengan dilengkapi navigasi, Apple CarPlay dan Android Auto. Sistem yang terpusat pada layar sentuh 10,25 inci itu bahkan sudah memiliki versi terbaru dari Bluelink.

Mesin empat silinder 2,0 liter turbo menjadi pusat performa dari i30 N, dengan output tenaga 246 hp dan torsi 353 Nm. Yang baru adalah opsi transmisi otomatis N DCT (dual-clutch) 8 percepatan, menyertai opsi standar manual 6 percepatan. Jika ingin lebih nakal, bisa dapatkan versi Performance Package, dengan mesin lebih galak, 276 hp dan 392 Nm.

Pada varian terkencang, akselerasi 0-100 km/jam dapat dituntaskan dalam 5,9 detik, yang mana lebih singkat 0,2 detik dari sebelumnya. Gearbos N DCT menyediakan tiga pilihan mode: N Grin Shift, N Power Shift, dan N Track Sense Shift.

Pada mode N Grin Shift, torsi akan meningkat dengan memanfaatkan overboost dari turbocharger, sekaligus maksimalkan perpindahan gigi selama 20 detik. Lalu pada N Power Shift, akan aktif saat mobil berakselerasi dengan input pedal gas lebih dari 90%. Mode ketiga, N Track Sense Shift, secara otomatis membaca setiap kondisi jalan, untuk kedinamisan pengendalian, skelaigus perpindahan gigi optimal.

Ada teknologi baru pula yang disediakan untuk i30 N versi update ini. Hyundai menyediakan teknologi SmartSense terbaru. Sebut saja Forward Collision Avoidance Assist yang sudah ditingkatkan, dengan meliputi pendeteksi pejalan kaki. Kemudian juga Blind Spot Collision Avoidance, serta Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist.

Penjualan i30 N baru akan dimulai pada awal tahun 2021 mendatang, yang akan disusul harga terbarunya. Sepertinya i30 N bisa bikin Honda Civic Type R, VW Golf R, dan Mercedes-AMG A35 semakin gelisah tersaingi.

Sumber: Autoevolution, Carscoops

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Jaman Berubah, Batu Sabak Pun Jadi Penghias Kabin Bentley

JAKARTA, carvaganza.com -  Membeli mobil super mewah itu sama saja dengan membeli selera. Pembeli tak cukup dengan hanya disodori pilihan yang disediakan oleh pabrikan....
video

VIDEO: Hyundai Elantra N Kegep Digeber Di Nurburgring

NURBURGRING, carvaganza.com -  The old Nurburgring adalah salah satu sirkuit paling ‘sadis’ dalam sejarah motorsport dunia. Panjangnya lebih dari 20 km dengan ragam perubahan...

Sebelum Hummer EV Ada, Lebih Seabad Lalu GMC Produksi Truk Listrik

DETROIT, carvaganza.com – Udah tau kan General Motors Truck Company (GMC) kemarin ini merilis Hummer bermesin listrik? Pabrikan sudah mengonfirmasi bahwa kendaraan tersebut bakal...

Sosok Hypercar Misterius Bugatti Di Tes di Sirkuit

MOLSHEIM, Carvaganza.com – Selama lebih dari satu dekade terakhir, Bugatti dikenal sebagai pabrikan yang menetapkan rekor kecepatan tertinggi untuk sebuah mobil. Tampaknya, Bugatti tidak...

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...