Hypercar GR010 Hybrid Akhirnya Dites Semua Pembalap Toyota

ARAGON, Carvaganza – Mobil balap Toyota GR010 Hybrid akhirnya telah memulai rangkaian sesi tes persiapannya sebelum terjun ke balap endurance tahun ini. Dua pembalap asal Jepang, Kamui Kobayashi dan Kazuki Nakajima menjadi yang dipercaya untuk menguji penerus TS010 LMP1, di sirkuit Aragon, Spanyol. Ini adalah rangkaian tes pertama yang diajani GR010 Hybrid bersama para pembalap Toyota Gazoo Racing.

Sebelumnya, tes perdana dijadwalkan pada bulan Januari lalu di Aragon. Tes tersebut terpaksa dibatalkan, karena badai salju yang terjadi di sirkuti yang sama. Tidak sampai sebulan berselang, akhirnya Toyota bisa menjalankan rangkaian tes selama tiga hari si Aragon, sirkuit yang juga menggelar MotoGP.

Tidak hanya Kobayashi dan Nakajima, pada sesi tes ini hadir juga para pembalap endurance Toyota lainnya yaitu Sebastien Buemi, Mike Conway, Jose Maria Lopez dan Brendon Hartley. Bisa dibilang, line up juara dunia Toyota di World Endurance Championship (WEC) tahun lalu tidak absen mengikuti sesi tes ini. Sesi ini menjadi momen cukup penting untuk mengetahui dan mengenal mobil baru sebelum sesi tes resmi WEC digelar.

Toyota GR010 Hybrid

Disampaikan juru bicara Toyota, akan kembali digelar rangkaian tes tersendiri oleh tim, sebelum tes WEC yang dijadwalkan pada akhir bulan Maret 2021 mendatang. Tes pra musim resmi WEC akan digelar di Portimao, Portugal, yang diikuti oleh para tim dan pabrikan lainnya.

Toyota sebenarnya telah melakukan tes shakedown Perdana GR010 Hybrid di Paul Ricard, Perancis, pada bulan Oktober tahun lalu. Namun pada tes tersebut, mobil masih prototipe awal dan duo Kobayashi dan Nakajima absen. Tidak hadirnya Kobayashi dan Nakajima karena berbenturan dengan jadwal seri Super Formula di Sugo. Kemudian keduanya juga absen pada sesi tes berikutnya di Portimao, bulan Desember, karena kembali berbenturan dengan jadwal seri penutup Super Formula.

Kobayashi dan Nakajima yang pernah sama-sama berkarir di F1, baru bisa hadir saat sesi tes Aragon, Januari lalu. Namun salju tebal turun di sirkuit, dan Conway tidak bisa hadir karena adanya pembatasan bepergian dari Inggris terkait protokol COVID-19. Situasi ini yang kemungkinan akan mempersulit Conway dan Nakajima tahun ini, karena sama-sama ditugaskan Toyota untuk WEC dan Super Formula.

Toyota GR010 Hybrid

WEC akan menggelar seri pembukanya musim ini di Portimao di bulan April mendatang. Portimao maju menjadi pembuka menyusul revisi kalender musim 2021 yang awalnya akan dibuka oleh Sebring 1000 Miles di Amerika Serikat. Dan jadwal Portimao ini juga kembali berbenturan dengan pembuka Super Formula di Fuji, yang akan cukup membuat pusing Toyota soal susunan pembalapnya.

GR010 Hybrid menjadi mobil balap berbasis hypercar pertama dari para tim dan peserta musim ini, yang sudah dites lengkap oleh pembalapnya. ByKolles dan Scuderia Cameron Glockenhaus sejauh ini belum diketahui sudah menggelar sesi tes mobil barunya. Mulai tahun ini, kategori LMP1 ditiadakan dan digantikan oleh prototipe berbasis hypercar produksi. WAHYU HARIANTONO

Sumber: Motorsport

Artikel yang direkomendasikan untuk anda