Ditemukan! Gudang Puluhan Mobil Mazda Bermesin Rotary

LOUISIANA, Carvaganza - Mesin Rotary pada Mazda pernah sangat kesohor di jamannya. Tapi sekarang mobil Mazda dengan engine Rotary sudah tidak dijual lagi, salah satu penyebab terbesarnya adalah isu emisi. Pabrikan Jepang itu sekarang sudah beralih pada teknologi Skyactive yang mencakup engine dan transmisi.

Tapi bagi yang mengincar Mazda bermesin Rotary jangan takut tak kebagian. Warisan-warisannya masih banyak, versi yang klasik pun masih bertebaran banyak.

Baru-baru ini muncul kabar gembira. Telah ditemukan gudang mobil bermesin Rotary, dan lengkap juga dengan segala komponennya. Gudang itu ditemukan di daerah pinggiran Lousiana, Amerika Serikat. Jumlahnya sampai puluhan.

Sang pemilik baru memosting fotonya sedikit saja. Kondisi mobil bermesin Rotary yang ada dalam gudang beragam. Ada yang masih bagus dan ada yang sudah agak jelek. Yang pasti sih sudah pada tertutup debu. Menurut sang pemilik “terdapat pula Toyota dan Datsun bermesin Rotary” yang diperkirakan itu swap engine karena kedua pabrikan tak pernah memproduksi mesin Wankel.

gudang mobil mesin rotary

Menurut foto, di antara ‘tumpukan’ mobil tersebut terdapat juga mobil non-Mazda yang tidak menganut engine tersebut. Terlihat terselip Mini klasik, VW kodok dan juga sebuah Suzuki Samurai yang teronggok di pojok kanan.

Yang paling menarik dari onggokan mobil Rotary terdapat Mazda RX-7 generasi kedua, yang dikenal dengan sebutan FB dan FC. Salah satu RX-7 itu sudah mendapat sentuhan modif widebody sehingga posturnya terlihat lebar dan bongsor. Tak diketahui apakah selain bodi, mobil tersebut juga mendapat modifikasi lainnya, baik dari mesin maupun bagian interior.

Tak kalah menarik adalah dua mobil pick-up bermesin Rotary. Kedua mobil itu hanya dibuat antara tahun 1974 dan 1977. Kondisinya pun masih bagus. Kalau diambil, hanya butuh beberapa sentuhan perbaikan saja sehingga lebih keren.

Kira-kira berapa ya mobil klasik yang tersimpan di gudang? Kisaran 70 unit dengan ragam kondisi. Ada yang masih bagus, ada yang sedikit ‘bocel-bocel’ tapi ada juga yang kondisinya cukup parah. Namun, kalau direstorasi lagi sih bisa cakep lagi. Tinggal dipilih saja mana yang mau direstorasi. Sang pemilik sudah menyatakan akan menjual mobil-mobil koleksinya, tapi belum disebutkan berapa harganya.

Tapi ya daripada ‘merana’ di dalam gudang, mendingan dilelang atau dijual.

gudang mobil mesin rotary

Mesin Rotary

Mesin rotary merupakan tipe mesin pembakaran dalam generasi awal. Mesin rotary yang disebut juga mesin wankel merupakan pembakaran dalam yang digerakkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran kemudiah diubah menjadi Gerakan memutar pada rotor yang menggerakkan sumbu.

Mesin ini dikembangkan oleh insinyur asal Jerman, Felix Wankel. Makanya dinamakan mesin Wankel. Ia memulai penelitian pada awal 1950an di NSU Motorenwerke AG (NSU) dan prototipenya mulai dioperasikan tahun 1957. NSU selanjutnya melisensikan konsepnya kepada beberapa perusahaan lain di seantero dunia untuk memperbaiki konsepnya.

Karena mesin wankel sangat kompak, ringan, mesin ini banyak digunakan pada berbagai kendaraan dan peralatan seperti pada Mazda RX-7 dan Mazda RX-8, pesawat terbang, go-kart, speed boat. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: thedrive.com &thehargerty.com

Artikel yang direkomendasikan untuk anda